Sukses

10 Bintang Sepak Bola Piala Dunia 2022 Paling Berpengaruh di Instagram

10 bintang Sepak Bola Piala Dunia 2022 dinobatkan sebagai influencer paling berpengaruh di media sosial

Liputan6.com, Doha - Analis media olahraga, Nielsen belum lama ini merilis bintang-bintang sepak bola Piala Dunia 2022 paling berpengaruh di Instagram.

Untuk di posisi pertama diduduki oleh bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Memiliki pengikut (followers) hingga 505 juta, eks pemain Manchester United dinobatkan sebagai pemain sepak bola paling berpengaruh di media sosial.

Menurut Nielsen, pemain dengan sebutan CR7 tersebut berhasil mengalahkan saingan terberatnya, Lionel Messi.

Peringkat dibuat menggunakan metrik yang dibuat khusus oleh Nielsen untuk mempertimbangkan berbagai indikator kinerja utama (KPI), seperti total pengikut akun Instagram, tingkat pertumbuhan followers, tingkat keterlibatan di tiap konten, dan nilai merek rata-rata per posting.

Dengan semua data yang relevan, Cristiano Ronaldo menempati urutan pertama pesepakbola di Piala Dunia Qatar 2022 yang layak disebut sebagai influencer paling berpengaruh.

Memiliki selisih yang juga cukup jauh dengan pemain sepak bola lainnya, hal ini membuktikan bahwa pengaruh media sosial pemain berumur 37 tahun itu sangat kuat.

Lantas, siapa saja bintang sepak bola Piala Dunia yang paling berpengaruh di Instagram? Melansir ESPN pada Senin, 28 November 2022, berikut nama-nama pesepakbola Piala Dunia Qatar 2022 paling berpengaruh sebagai influencer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cristiano Ronaldo (@cristiano) - Portugal

Sebagai salah satu pesepakbola paling terkenal sepanjang masa, mungkin tidak mengherankan jika Ronaldo memiliki sekitar 505 juta pengikut di Instagram.

Jumlah yang sangat besar yang telah membengkak sekitar 47 persen dalam satu tahun terakhir sejak kembalinya ke Manchester United. Dikabarkan bahwa setiap unggahan diperkirakan bernilai sekitar 3,5 juta USD atau sekitar Rp55 miliar.

3 dari 5 halaman

2. Lionel Messi (@leomessi) - Argentina dan Paris Saint-Germain

Sementara tertinggal di belakang saingan abadinya dalam pertempuran untuk supremasi Instagram, Messi membanggakan jumlah pengikut yang sangat besar sekitar 380 juta pengikut. Hasil dari tingkat pertumbuhan yang sama mengesankannya sebesar 38 persen selama 12 bulan terakhir.

Selama waktu itu dia meninggalkan Barcelona untuk PSG. Juga dihitung bahwa setiap unggahan pemain berusia 35 tahun itu membawa nilai merek yang lumayan sebesar 2,6 juta USD atau setara dengan Rp40 miliar.

 

  

4 dari 5 halaman

3. Neymar (@neymarjr) - Brasil dan Paris Saint-Germain

Pemain berusia 30 tahun itu memiliki jumlah pengikut di Intagram sekitar 186 juta, yang telah meningkat hingga saat ini. Dikabarkan bahwa setiap unggahannya memiliki nilai 1,2 juta USD atau setara dengan Rp18 miliar.

 

5 dari 5 halaman

10 Pesepakbola Paling Berpengaruh di Instagram

Di bawah Ronaldo, Messi, dan Neymar, ada striker internasional Prancis PSG, Kylian Mbappe, yang secara berurutan berada di posisi empat.

Disusul superstar baru dari Brasil, Vinicius Junior, yang berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022.

Berada di urutan kelima dengan pengikut Instagram-nya meningkat 90 persen pada musim lalu hingga menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

Jadi, berikut adalah daftar 10 pesepakbola paling berpengaruh di Instagram.

1. Cristiano Ronaldo - Portugal/ Man Utd - @cristiano - 505 juta - USD 3.5 juta 

2. Lionel Messi - Argentina/ PSG - @leomessi - 380 juta - USD 2.6 juta

3. Neymar - Brasil/ PSG - @neymarjr - 186 juta - USD 1.1 juta

4. Kylian Mbappe - Prancis/ PSG - @k.mbappe - 74.2 juta - USD 1.1 juta 

5. Vinicius Junior - Brasil/ Real Madrid - @vinijr - 25.2 juta - USD 685 ribu

6. Karim Benzema - Prancis/ Real Madrid - @karimbenzema - 61.1 juta - USD 489 ribu

7. Paulo Dybala - Argentina/ Roma - @paulodybala - 49.8 juta - USD 491 ribu

8. N'Golo Kante - Prancis/ Chelsea - @nglkante - 14.3 juta - USD 525 ribu

9. Paul Pogba - Prancis/ Juventus - @paulpogba - 55.8 juta - USD 407 ribu

10. Sergio Ramos - Spanyol/ PSG - @sergioramos - 54.1 juta - USD 368 ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.