Sukses

5 Hewan Paling Peduli Kebersihan, Ada Kucing hingga Babi

Umumnya, manusia dalah makhluk tuhan yang paling sempurna dan peduli dengan dirinya termasuk dalam hal kebersihan, tapi siapa mengira beberapa hewan juga peduli dengan kebersihan dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia, tanpa diragukan lagi, adalah makhluk yang menjunjung tinggi kebersihan. Ya, mungkin sebagian tidak. Akan tetapi, mayoritas dari kita tidak tahan rasanya jika tidak menyentuh air satu hari saja, bukan?

Bersih manusia dan bersih hewan dapat memiliki arti yang berbeda. Ingatlah bahwa hewan menghabiskan hidup mereka di alam liar, penuh dengan kotoran, puing-puing, dan hama. 

Rumah dan tempat kerja dalam ruangan kita memungkinkan kita untuk menjaga kehidupan yang tampak “lebih bersih.” Itu tidak berarti bahwa hewan tidak memiliki praktik sendiri untuk menjaga kebersihan tempat tinggal dan mempraktikkan kebersihan pribadi.

Pernah tidak terpikir oleh kalian kira-kira hewan apa saja ya yang hidupnya paling bersih di dunia?  Umumnya, manusia dalah makhluk tuhan yang paling sempurna dan peduli dengan dirinya termasuk dalam hal kebersihan, tapi siapa mengira beberapa hewan ini juga peduli dengan kebersihan dirinya.

Oleh karena itu, berikut beberapa hewan paling bersih di dunia seperti melansir dari Animalkooky, Senin (28/11/2022).

1. Kucing

Kucing benar-benar merupakan hewan yang paling bersih. Baik kucing rumahan maupun kucing liar menghabiskan sebagian besar hari-harinya untuk merawat diri mereka sendiri.

Duri pada lidah mereka memungkinkan mereka untuk menyisir bulunya. Mereka dapat dengan cepat menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, puing-puing, dan bahkan hama.

Beberapa spesies kucing besar, termasuk harimau dan jaguar, juga sesekali berenang. Masuk ke dalam air adalah cara yang bagus bagi kucing besar untuk mendinginkan diri dan mereka mendapatkan manfaat dari perendaman yang menyeluruh.

Setelah mengibaskan air, kamu akan melihat makhluk-makhluk ini menggunakan lidah mereka untuk menyelesaikan perawatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beruang Kutub dan Semut

2. Beruang kutub

Ada beberapa foto dari beruang kutub yang berlumuran darah setelah berburu dan makan. Darah ini, dan puing-puing lainnya yang mengenai beruang kutub, harus dibersihkan. Hidup di beberapa lingkungan terdingin, beruang kutub mengandalkan bulunya yang tebal sebagai insulasi.

Agar bulunya dapat berfungsi sebagai isolasi, bulunya harus benar-benar bersih dan tidak terhalang. Bulu yang kusut dan penuh dengan darah kering atau kotoran dapat membuat kulit beruang rentan terhadap suhu dingin. Beruang kutub suka melompat ke air atau berguling-guling di salju untuk membersihkan diri.

3. Semut

Semut menjaga kebersihan diri mereka sendiri dan mereka menjaga kebersihan rumah mereka. Semut membersihkan diri secara teratur dengan menggunakan kaki depan dan air liurnya yang berminyak.

Bagian tubuh yang paling penting untuk dibersihkan adalah antena mereka. Bagian tubuh yang sensitif ini membantu semut untuk merasakan lingkungan di sekitarnya. Mereka membersihkan antena mereka dengan menjilati tempat berbulu di tungkai depan mereka dan kemudian menjalankan tungkai di atas antena mereka.

Semut juga diketahui membuang bangkai mereka dari area kumpul. Hal ini membuat ruang mereka bebas dari puing-puing. Ini juga meminimalkan potensi penyebaran penyakit dari semut yang mati ke semut yang masih hidup. Serangga yang terorganisir ini tidak mau mengambil risiko dalam menjaga koloni mereka tetap aman.

3 dari 4 halaman

3. Babi

Babi awalnya memiliki reputasi sebagai hewan yang kotor. Orang tua kamu bahkan mungkin menyebut kamar kamu sebagai "kandang babi" ketika kamu tidak membersihkannya.

Sayangnya, stereotip kotor ini hanya terjadi karena manusia memelihara babi di ruang kecil di peternakan. Sebenarnya itu adalah kesalahan manusia sehingga babi-babi itu akhirnya menjadi kotor. Babi liar tidak pernah dipandang sebagai hewan yang tidak bersih.

Ketika diberi lingkungan dan jumlah ruang yang sesuai, babi cukup bersih. Perbedaan ini terjadi karena mereka memilih untuk tidak buang air besar di area tempat mereka tidur atau makan. Ini adalah kebiasaan yang sangat bersih, tetapi ini adalah kebiasaan yang dimiliki oleh banyak hewan dari spesies yang berbeda.

Beberapa babi yang beruntung bahkan dibesarkan di dalam ruangan sebagai hewan peliharaan rumah. Babi-babi ini sebenarnya tidak datang dalam bentuk kecil, anak babi hanya kecil ketika mereka lahir. Bedasarkan ukurannya, bukan kebersihannya yang akhirnya membuat mereka dikirim ke habitat luar ruangan.

4 dari 4 halaman

4. Tikus Tanah

Kamu mungkin beranggapan bahwa hewan yang menghabiskan hidupnya di bawah tanah tidak mungkin bersih. Tikus tanah sebenarnya mengambil beberapa langkah untuk menjaga kebersihan diri dan terowongan mereka.

Tikus tanah meluangkan waktu untuk merawat diri mereka sendiri dan teman-temannya. Mereka tidak memiliki banyak rambut di tubuh mereka, yang berarti mereka cenderung tidak akan terkena kotoran dari terowongan mereka.

Hewan-hewan ini juga memiliki adaptasi yang memungkinkan bibir mereka menutup di belakang gigi seri mereka. Ini berarti bahwa mulut mereka pun tetap bersih ketika mereka menggunakan rahang yang kuat untuk menggali.

Di dalam terowongan mereka yang rumit, tikus tanah menjaga rumah yang rapi. Mereka menunjuk sebuah "ruangan" sebagai jamban. Semua hewan akan menggunakan area ini untuk buang air besar. Setelah terisi penuh, mereka akan menutup area tersebut dan menggali kamar kecil baru.

Tikus tanah juga telah diamati memakan kotoran mereka sendiri. Perilaku ini yang dikenal sebagai corporphagy, biasanya terjadi sebagai cara bagi hewan untuk menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan mereka.

Manfaat tambahannya adalah berkurangnya limbah di dalam terowongan mereka. Mungkin terdengar kotor, tetapi dengan memakan kotoran mereka sendiri, mereka menjaga rumah yang lebih bersih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.