Sukses

5 Idol KPop Ini Tak Ragu Bagikan Tips soal Kesehatan Mental

Banyak penggemar KPop turut menghargai kondisi dan keputusan para idolanya terkait kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak orang senang membicarakan tentang kesehatan mental. Topik ini adalah sesuatu yang tidak cukup banyak dibicarakan khususnya dalam industri KPop, terutama mengingat tuntutan yang dihadapi para idol KPop.

Melihat sekilas kehidupan seorang bintang di dunia musik Korea Selatan (Korsel) tampak memesona dan sempurna. Namun, rintangan yang dihadapi para selebriti atau idol KPop sering kali penuh akan kesulitan dan hambatan.

Rintangan-rintangan tersebut kemudian menyebabkan mereka mengalami efek samping, yaitu dalam sisi kesehatan mental yang kini banyak memengaruhi banyak selebriti. Percakapan mengenai kesehatan mental tidak jarang selalu dihindari.

Untungnya, cara pandang ini semakin lama menjadi sedikit memudar dan beberapa idol KPop tampak cukup nyaman untuk bersikap jujur terhadap perjuangan mereka dalam menghadapi masalah kesehatan mental.

Seiring waktu, hal ini berubah mengingat beberapa selebriti mulai terbuka akan gangguan kesehatan mental yang mereka alami dan tidak malu memutuskan untuk beristirahat atau hiatus akibat hal tersebut.

Melansir situs Teen Vogue, Jumat (25/11/2022), Jay B, leader dari boy group KPop GOT7 mengakui kalau dulu tidak banyak orang ingin berbicara mengenai isu kesehatan mental. Namun, seiring waktu dirinya menyadari bahwa hal ini bukanlah sebuah kelemahan atau ketidaksempurnaan.

Baginya, menjadi seorang idol KPop tidak membuatnya kebal terhadap masalah seperti ini. Seorang selebriti ataupun bukan, dirinya tetap seorang manusia yang bisa merasakan emosi.

Banyak penggemar KPop turut menghargai kondisi dan keputusan para idolanya. Ketika idola kesukaannya mengalami sesuatu yang membuat mereka tidak sanggup tampil, para penggemar pun tak segan mengirimkan pesan-pesan penyemangat untuk mereka.

Berkaitan dengan sikap keterbukaan para idol KPop terhadap topik kesehatan mental, berikut sederet nama idol KPop yang memberikan tips mengenai perawatan kesehatan mental untuk para penggemarnya yang mungkin mengalami hal serupa, berdasarkan situs Kpopmap:

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. TaeYeon Girls' Generation

Penggemar KPop yang mengikuti perjalanan karier dari leader grup Girls' Generation ini, pasti mengetahui bagaimana TaeYeon sering berbicara tentang perjuangannya melawan depresi.

TaeYeon biasa membagikan ceritanya melalui siaran langsung dan wawancara.

Melalui salah satu video wawancara dalam kanal YouTube ELLE Korea, TaeYeon berbicara mengenai pentingnya menetapkan tujuan kecil dan mencapainya satu demi satu.

Ia menyatakan bahwa begitu mencapai tujuan-tujuan kecil ini, kita akan menyadari bahwa kita telah mencapai semua yang inginkan.

3 dari 6 halaman

2. BM KARD

BM dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati orang di sekitarnya dengan sifatnya yang menyenangkan dan senyum yang menular.

Ia memiliki energi yang cerah dan terkenal sebagai advokat dalam banyak hal, termasuk kesehatan mental.

Ia pernah menyampaikan nasihat mengenai cara mengatasi stres dan anxiety dengan cara mencurahkannya kepada orang lain.

BM mengungkapkan akan pentingnya membiarkan seseorang tahu akan apa yang kita rasakan dan menerima dukungan yang tepat.

4 dari 6 halaman

3. HyungWon MONSTA X

HyungWon MONSTA X menerima pertanyaan tentang resep agar bahagia dalam sebuah acara radio dari stasiun Korea, MBC.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengalami situasi yang menantang kondisi mentalnya dan menyarankan orang lain sebagai cara untuk mengatasi kondisi mental mereka.

Di antara berbagai bentuk olahraga, HyungWon menjelaskan akan pentingnya memilih salah satu jenis olahraga yang cocok dan dapat membantu meningkatkan kemampuan fokus dan menghilangkan semua pikiran buruk yang tidak diinginkan.

5 dari 6 halaman

4. Jay B GOT7

Seperti yang pernah dibicarakan Jay B melalui situs Teen Vogue, leader grup GOT7 ini sangat terbuka terkait dengan perjuangannya dalam menghadapi masalah kondisi mental.

Dalam wawancaranya bersama ARENA Magazine, ia turut berbagai mengenai obat yang ia konsumsi untuk depresi dan panic disorder.

Jay B bersikap transparan akan gangguan mental yang dimilikinya dan mendorong orang lain untuk tidak malu dengan kondisi mereka.

Ia juga menyarankan orang lain untuk mencari bantuan profesional ketika situasi yang disebabkan gejala-gejala gangguan tersebut semakin sulit dikendalikan.

6 dari 6 halaman

5. Bang Chan Stray Kids

Usaha dari leader grup Stray Kids ini tampak dalam setiap siaran langsung yang rutin dilakukannya setiap minggu untuk mengobrol dengan klub penggemarnya, STAY.

Di antara para member lain, Bang Chan termasuk sebagai anggota yang sangat terbuka dan transparan saat berbicara mengenai berbagai topik.

Dirinya selalu menawarkan kata-kata penyemangat bagi para penggemarnya yang sedang menghadapi masalah kesehatan mental.

Ia mengungkapkan kepada penggemar untuk datang kepadanya atau anggota Stray Kids lainnya melalui platform yang disediakan. Sebab terlepas dari situasinya, para anggota akan memberikan dukungan untuk mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.