Sukses

FIFA Disebut Izinkan Penonton Piala Dunia Bawa Atribut LGBT, Warganet Meradang

FIFA dikabarkan memperbolehkan penonton Piala Dunia Qatar 2022 menggunakan atribut LGBT di dalam stadion.

Liputan6.com, Jakarta - Seminggu belakangan pemberitaan tentang Piala Dunia 2022 di Qatar ramai dengan kontroversi seputar larangan penggunaan atribut di dalam stadion tempat berlangsungnya pertandingan. 

Namun hari ini, Federasi Sepak Bola Wales mengatakan FIFA telah mengizinkan penggemar atau penonton Piala Dunia mengenakan simbol pelangi yang identik dengan atribut LGBT masuk ke stadion.

Hal tersebut tertulis dalam laporan The Guardian, dikutip Sabtu (26/11/2022), bahwa Asosiasi Sepak Bola Wales telah diyakinkan oleh FIFA, para pendukung dengan pakaian dan bendera berwarna pelangi diizinkan memasuki stadion tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar antara Wales dan Iran, Jumat 25 November 2022. 

Selain itu, Asosiasi Sepak Bola Wales menyebut, kebijakan dari FIFA itu akan diterapkan di semua tempat Piala Dunia atau di delapan stadion yang dipakai saat Piala Dunia 2022 Qatar.

Federasi atau Asosiasi Sepak Bola Wales sebelumnya meminta kejelasan FIFA atas laporan tentang beberapa penggemar Wales yang mengenakan bucket hat dan bendera bercorak pelangi dilarang masuk stadion. Para penggemar Wales ini bermaksud menyaksikan pertandingan Piala Dunia, antara Wales vs Amerika Serikat pada hari Senin lalu. 

“FIFA telah mengonfirmasi bahwa fans dengan bucket hat dan bendera pelangi akan diizinkan untuk memasuki stadion," tulis Asosiasi Sepak Bola Wales pada Kamis lalu ke media sosial.

Sekadar informasi, para supporter dan fans Wales adalah kelompok pendukung LGBTQ. Berikut komentar warganet terkait informasi bahwa FIFA mengizinkan pengguaan atribut LGBTQ di Piala Dunia Qatar:

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Meradang

Berita mengenai FIFA memperbolehkan menggunakan atribut pelangi saat menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi sorotan warganet.

Kebanyakan warganet meradang mengetahui bahwa FIFA bakal izinkan penggunaan atribut LGBTQ.

 

"Tuan tamu lebih galak dari tuan rumah," kicau @galihrahadian_46.

"Susah ya jadi negara timur, disuruh ngalah terus," tulis pemilik akun @andkprks.

"Tamunya pada gatau diri, one love one love bikin satu dunia ketar ketir," cuit akun @normaindahs.

"Ga ngehargai tuan rumah banget," tulis pemilik akun @indra.adiyan.

"Udah dikasih ulti Al-Hujurat ayat 13 pas opening ceremony ternyata masih ga mempan, terlalu kuat agenda penyimpangannya," tulis @strootsy.

3 dari 4 halaman

Kabar Lain dari Piala Dunia 2022

Masih seputar Piala Dunia 2022, pemain Brasil Neymar Jr dikabarkan menangis usai tertatih-tatih menuju bangku cadangan Brasil. Pemain 30 tahun itu terlihat menyentuh pergelangan kaki kanannya pada menit ke-79 dalam pertandingan Tim Samba mereka melawan Serbia.

Berhasil mengalahkan Serbia 2-0, namun pemain klub Paris Saint-Germain itu menerima tekel kasar dari sejumlah pemain lawan, Nemanja Gudelj dan Nikola Milenkovic dengan 11 menit tersisa.

Dalam pernyataannya kepada media, tim dokter Brasil, Rodrigo Lasmar, menyatakan masih terlalu cepat untuk menilai seberapa serius cedera Neymar.

“Neymar mengalami cedera di pergelangan kaki kanannya karena benturan lutut pemain Serbia,” katanya, dikutip dari ESPN.

Lasmar juga mengungkapkan penyerang Brasil ini akan melanjutkan fisioterapi. Namun, perlu menunggu 1 sampai 2 hari untuk penilaian yang lebih baik.

Walaupun tengah mengalami kesakitan, Neymar tetap menyaksikan 11 menit terakhir kemenangan Brasil dari pinggir lapangan. Namun, Neymar menonton dengan menyembunyikan wajahnya di balik kausnya saat tim medis merawat pergelangan kaki yang cukup bengkak.

“Dia merasakan sakit ini sepanjang pertandingan, tetapi memilih untuk tetap berada di pinggir lapangan demi membantu timnya selama 11 menit setelah cederanya. Sungguh luar biasa,” ujar Lasmar.

4 dari 4 halaman

Pelatih Inggris Belum Respons Pesan WA dari Pelatih AS

Kabar lain seputar Piala Dunia 2022 datang dari Amerika Serikat (AS) yang siap menantang Inggris di laga kedua Grup B Piala Dunia 2022, Qatar. Pertandingan ini digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Sabtu (26/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Laga ini juga menjadi ujian khusus bagi pelatih kedua tim: Gregg Berhalter di kubu AS dan Gareth Southgate (Inggris). Jika ingin mengamankan posisi tim asuhan masing-masing, mereka harus mampu menghadirkan kemenangan bagi pasukannya.

Berhalter menyebut sangat menunggu duel lawan Southgate. Apalagi, dia mengaku cukup mengenal sang kolega secara pribadi.

Namun, ada yang menarik menjelang duel Inggris vs AS ini. Berhalter menuturkan, pesan singkatnya melalui WhatsApp  (WA) belum direspons oleh Southgate. Padahal, sebelumnya, kedua cukup aktif terlibat percakapan lewat aplikasi percakapan ini.

"Ya, saya belum melihat tanda centang biru pada pesan yang saya kirim ke Southgate. Saya tidak tahu apa yang terjadi," ujar Berhalter, di jumpa pers sebelum laga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.