Sukses

8 Makanan untuk Sarapan Tanpa Buat Perut Mulas Setelahnya

Berikut ini beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi saat sarapan agar tidak sakit perut setelahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu termasuk orang yang tidak mau sarapan karena selalu alami sakit perut ketika makan pagi? Mungkin hal itu disebabkan karena kamu tidak terbiasa untuk makan saat pagi hari.

Meski begitu, ada juga penyebab lainnya kamu mengalami sakit perut usai mengonsumsi makanan di pagi hari. Hal itu, biasanya tergantung dengan apa yang kamu makan.

Ada sejumlah makanan dan minuman yang perlu kamu hindari saat sarapan agar tak langsung memicu rasa sakit di perut dan kemudian buang air besar (BAB).

Faktor kebiasaan juga memiliki peranan penting, sehingga orang yang tidak terbiasa sarapan ada keluhan ingin BAB setelah sarapan. Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberapa jenis makanan yang bisa dihindari supaya tidak langsung BAB setelah sarapan.

Makanan dan minuman yang diyakni dapat memicu mulas usai sarapan umumnya mengandung susu atau produk susu seperti butter, keju, mentega dan yogurt, lalu kopi karena bisa langsung menstimulasi saluran pencernaan dan akan membuat kamu ingin langsung BAB, serta makanan yang pedas dan asam.

Kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai zat gizi termasuk protein dan serat agar kenyang lebih lama. Protein dan serat dalam jumlah cukup bisa membuat kenyang lebih lama karena makanan ini akan tinggal di lambung lebih lama, sehingga kita akan merasa kenyang dan terhindar dari perasaan ingin mengemil berlebihan di jam berikutnya. Dilansir hellahealth.com, berikut ini beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi saat sarapan agar tidak sakit perut setelahnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telur, Daging Ayam atau Ikan

1. Telur

Ketika hendak sarapan, cobalah mengonsumsi telur rebus matang, karena telur tersebut bagus dalam meredakan perut yang mulas dan sakit. Akan tetapi, Jika kamu tidak suka dengan telur rebus, kamu bisa mengolah telur tersebut menjadi telur orak-arik dengan catatan tidak menggunakan banyak minyak atau mentega.

2. Daging ayam dan ikan

Daging ayam mengandung protein, mengonsumsi daging ayam tanpa lemak adalah pilihan terbaik untuk membantu meredakan perut yang sakit. Jika kamu ingin mencoba protein lain, ikan bisa menjadi pilihannya, namun jangan memakan ikan-ikan berlemak seperti makerel, sarden, dan salmon.

Akan tetapi, jika kamu mual untuk mengunyah daging, kamu bisa memilih sarapan dengan sup daging ayam, karena lebih mudah dicerna di dalam tubuh. Bahkan hanya meminum kuah sup saja bisa membantu menghidrasi tubuhmu pasalnya keduanya adalah kombinasi garam dan air.

3 dari 4 halaman

Semangka, Oatmeal, Roti dan Nasi Putih

3. Semangka

Semangka termasuk dalam buah yang tidak mengandung serat cukup banyak, hal tersebut bisa mudah dicerna tubuh. Selain itu, kandungan air yang terdapat dalam buah semangka bisa membantu kamu saat perut sakit dan mulas. 

4. Oatmeal

Selanjutnya yaitu Oatmeal. Oatmeal yang dimasak komponennya terpecah dan secara tidak langsung kamu telah membantu proses pencernaan bahkan sebelum masuk ke dalam mulut. Jika ingin menambahkan sesuatu ke oatmealmu, berilah buah-buahan segar. 

5. Roti dan nasi putih

Tepung terigu dalam roti telah diolah dan tak banyak mengandung serat, yang berarti lebih mudah dicerna tubuh. Nasi putih juga termasuk dalam kategori rendah serat sehingga membantu kamu yang sakit perut.

4 dari 4 halaman

Pisang, Teh Herbal dan Ubi

6. Pisang

Buah pisang yang berwarna makin gelap semakin baik dan bagus untuk dicerna tubuh. Dalam kondisi tersebut, pati resisten dalam pisang berubah menjadi gula yang membuat ususmu tidak perlu bekerja keras.

7. Teh herbal

Walaupun bukan makanan, teh herbal bisa menjadi kunci penting jika kamu merasa tak sanggup makan namun perut melilit. Di antara semua teh herbal, teh camomile bisa menjadi pereda sakit perut yang terbaik, selain itu ada teh jahe untuk cegah muntah dan teh mint untuk meredakan sakit perut dan diare.

8. Ubi manis

Ubi manis merupakan makanan yang mudah dicerna dan tentu saja terasa enak dan bernutrisi. Kamu bisa memanggangnya atau merebusnya dan siap dinikmati serta jangan lupa mengupas kulitnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.