Sukses

13 Tips Perawatan Sehari-hari untuk Kaki yang Sehat

Sebelum tidur, kita mengoleskan krim malam pada wajah, krim tangan, diikuti dengan parfum dan hal lainya, tetapi bagaimana dengan kaki?

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang kaki yang kita miliki melalui banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Kaki membantu kita untuk bergerak dan berpindah tempat.

Sebelum tidur, kita mengoleskan krim malam pada wajah, krim tangan, diikuti dengan parfum dan hal lainya, tetapi bagaimana dengan kaki?

Pada hari-hari yang sangat sibuk, kita pulang ke rumah dan tidur begitu saja, bahkan mungkin lupa untuk mencuci kaki.

Hingga pada akhirnya hal itu dapat membuat kaki mulai berbau tidak sedap diikuti oleh kalus, jagung, nyeri, bercak dan begitu banyak masalah lainnya.

Dan pada saat itu, ketika sudah memiliki masalah kaki terjadi, barulah kita mencari tau bagaimana cara merawat kaki. Untuk mendapatkan kaki yang sehat, penting untuk mengikuti tips perawatan kaki setiap hari sehingga mereka juga dimanjakan.

Deretan hal yang harus dilakukan untuk kaki yang sehat mungkin terlihat panjang. Namun, untuk merawat kaki, salah satu hal dasar yang harus dilakukan adalah memotong, membentuk, dan mengikir kuku kaki kamu secara berkala.

Selain itu, untuk membuat kaki kamu terlihat dan terasa mengagumkan, belilah sepasang sepatu atau sandal yang tepat yang cocok serta terbuat dari bahan berkualitas.

Kemudian setiap mandi, siapkanlah waktu kamu paling tidak 5 menit untuk menggosok kaki dengan menggunakan batu apung atau scrubber kaki.

Jadi, daripada menggaruk-garuk kepala kamu untuk berpikir bagaimana cara merawat kaki, melansir Boldsky, Jumat (25/11/2022), berikut adalah 13 hal yang dapat kamu lakukan sehari-hari untuk mendapatkan kaki yang sehat:

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Biarkan Kaki Istirahat hingga Jaga Tetap Kering

1. Alokasikan Waktu Istirahat untuk Kaki

Kaki kamu sama-sama menjadi lelah seperti halnya dengan tubuh. Jadi ketika ingin memanjakannya, pastikan kaki kamu juga beristirahat dengan menempatkannya di permukaan yang lembut hingga membuat rileks.

Terlalu banyak berjalan atau terlalu banyak berolahraga dapat memicu masalah kaki. Oleh karena itu, ketika merencanakan perawatan kaki, pastikan kamu mengistirahatkannya untuk waktu yang cukup lama (selain jam tidur).

 

2. Bentuk dan Potong Kuku Kaki Anda

Untuk merawat kaki, salah satu hal dasar yang harus dilakukan adalah memotong, membentuk, dan mengikir kuku kamu secara berkala.

Simpanlah pemotong kuku yang bagus di rumah dan lakukanlah setiap kali Anda merasa kuku Anda semakin besar dari yang seharusnya. Mengikir secara teratur akan mengurangi penggunaan pemotong kuku dan kaki Anda akan terlihat rapi.

 

3. Jangan Ragu untuk Menghubungi Dokter Kulit

Meskipun sudah cukup merawat kaki, masalah parah mungkin terjadi seperti jagung, infeksi jamur, perubahan warna dan banyak lagi. Jangan mencoba menyembuhkan masalah kaki yang parah seperti itu dengan tips perawatan kaki dasar.

Dalam kasus seperti itu, cobalah pergi ke dokter kulit yang secara medis dapat mengobati masalah kaki Anda sebelum menjadi lebih buruk.

 

4. Jaga Kaki Tetap Kering

Seperti bagian tubuh lainnya, kaki kita juga berkeringat, terutama ketika terkunci di dalam sepatu yang tertutup dalam waktu lama.

Jadi, keringkan kaki secara berkala. Lepaskan saja sepatu kamu dan gunakan handuk tangan kecil atau tisu untuk menyeka keringat. Ini adalah salah satu kunci yang dilakukan untuk kaki yang sehat. 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Jangan Bertelanjang Kaki hingga Bersihkan Setiap Hari

5. Katakan Tidak untuk Bertelanjang Kaki

Seringkali selama jam-jam sibuk, orang-orang memilih untuk bertelanjang kaki. Jika kamu memiliki lantai yang bersih, kamu mungkin tetap bertelanjang kaki di rumah. Tetapi di luar, jangan pernah berpikir melakukan hal itu.

Jika alas kaki yang biasa membuat bosan, kamu dapat mengenakan sandal jepit sederhana. Hal itu akan menambah rasa nyaman pada kaki kamu dan juga melindunginya dari kotoran dan polusi.

 

6. Kenakan Alas Kaki yang Tepat

Salah satu alasan utama mengapa masalah kaki terjadi adalah ketika kamu tidak memakai alas kaki yang tepat. Demi mode atau untuk menghemat biaya, kamu akhirnya membeli alas kaki yang murah dan mungkin dapat mempengaruhi kesehatan kaki.

Untuk membuat kaki kamu terlihat bagus, belilah sepasang sepatu yang tepat yang cocok dan terbuat dari bahan berkualitas. Kemudian, alas kaki juga harus melindungi kaki daripada sekadar bergaya.

 

7. Gosok dan Bersihkan Setiap Hari

Menyiram kaki saat mandi saja tidak cukup untuk memiliki kaki yang sehat. Alokasikan 5 menit khusus dari waktu mandi untuk kaki kamu. Kamu dapat mulai menggosoknya dengan batu apung atau scrubber kaki.

Kemudian gunakan pembersihan dengan sabun yang lembut. Melakukan hal ini setiap hari dalam rezim perawatan kaki kamu akan memastikan kaki yang lembut dan sehat.

4 dari 5 halaman

Lakukan Pedikur hingga Lembabkan Kaki

8. Cadangan Waktu untuk Pedikur

Seberapa banyak kamu memanjakan kaki di rumah, itu tidak akan pernah bisa dibandingkan dengan pedikur profesional. Jadi, bagaimana kalau kamu pergi ke salon sebulan sekali untuk pedikur atau pijat kaki?

Memanjakan langsung ke sel-sel kaki akan mengaktifkannya dan kamu akan merasa nyaman. Ketika memilih perawatan pedikur di salon, ada banyak variasi dan kamu bisa memilih masalah apa yang terjadi pada kaki kamu.

 

9. Bersikaplah Pilih-Pilih untuk Cat Kuku

Kelihatannya sangat bagus untuk mengecat kuku dan mengganti warnanya setiap hari. Namun, untuk melakukan ini, membeli cat kuku murah untuk jari-jari kaki kamu adalah sebuah kesalahan.

Selain itu, beberapa mengaplikasikan lapisan cat kuku membiarkannya sampai hilang secara alami.

Cat kuku berkualitas rendah mempengaruhi kesehatan kaki dan karenanya, kamu jangan melakukannya. Belilah cat kuku bermerek baik, aplikasikan dan hapus dengan waktu untuk kaki yang sehat.

 

10. Melembabkan Kaki

Untuk merawat kaki, kamu harus melembabkannya. Waktu yang ideal adalah setelah mandi. Keringkan kaki dan kemudian melembabkannya.

Namun jika jadwal sibuk kamu tidak memungkinkan, bagaimana dengan melembabkannya saat kamu senggang dengan terlebih dahulu mencuci kaki.

Kemudian bisa kamu lanjutkan dengan mengoleskan krim pelembab. Kaki juga dapat dilembabkan dengan produk dapur alami seperti campuran kopi dan madu.

5 dari 5 halaman

Pakai Kaus Kaki hingga Beli Produk Perawatan

11. Mengenakan Kaus Kaki

Kebiasaan yang sangat buruk adalah tidak mengenakan kaus kaki saat mengenakan sepatu. Untuk kaki yang sehat, kamu harus membeli sepasang kaus kaki yang bagus serta nyaman.

Kenakan kaus kaki terutama saat kamu keluar rumah. Juga, jangan memakai kaus kaki yang sama setiap hari. Cucilah kaus kaki kamu dan gantilah dengan kaus kaki yang baru setiap hari.

 

12. Menghilangkan Kalus atau Kapalan

Seberapa banyak kamu mencoba untuk menghindari, kalus atau kapalan adalah masalah umum yang mungkin terjadi terutama bagi orang yang memiliki kaki datar.

Jangan panik ketika kamu menemukan hal itu pada kaki kamu. Setiap kali kamu melihatnya, mulailah dengan perawatan air hangat. Beberapa pengobatan rumahan alami juga tersedia, namun jika ini tidak berguna, kunjungi dokter kulit.

 

13. Beli Produk Perawatan Kaki Baru

Seringkali di rumah, kamu mencoba melakukan perawatan kaki dengan apa pun yang tersedia. Meskipun kamu mungkin terus melakukannya, itu tidak akan memberikan hasil yang baik.

Sangat disarankan agar membeli produk perawatan kaki baru, terutama ketika kamu berencana untuk mengubah perawatan kaki. Produk perawatan kaki termasuk batu apung, krim kaki, set pedikur, gliserin, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.