Sukses

9 Jenis Cedera Paling Umum yang Dialami Pesepak Bola

Berikut jenis-jenis cedera yang paling umum terjadi pada pemain sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam ajang Piala Dunia 2022 yang sudah berlangsung sejak Minggu 20 November 2022, terjadi pertandingan sengit antar timnas berbagai negara hingga pemainnya. 

Tak sedikit dari mereka yang mengalami cedera pada laga tersebut. Cedera yang dialami pesepak bola umumnya bersifat akut atau kumulatif. Namun, cedera akut bisa berfsifat traumatis, hal ini disebabkan oleh jatuh, pukulan, atau tabrakan antarpemain.

Sementara, cedera kumulatif adalah cedera yang terjadi akibat tekanan berulang pada otot, sendi, atau jaringan ikat dan memicu rasa sakit, nyeri, serta gangguan fisik yang semakin memburuk.

Lantas, jenis cedera apa saja yang sering terjadi kepada pesepak bola akibat aksi lapangannya? Mengutip Very Well Fit, Jumat (25/11/2022), berikut jenis cedera yang paling sering dialami pemain sepak bola.

1. Cedera Ligamen Lutut 

Di antara cedera yang paling umum terjadi pada atlet sepak bola adalah cedera yang melibatkan lutut. Hal ini karena sepak bola adalah olahraga yang tidak hanya melibatkan tendangan, tetapi juga mengharuskan pemainnya untuk berhenti dan berpindah arah dengan cepat.

Gerakan spontan yang eksplosif memberikan tekanan rotasi yang ekstrem pada lutut serta ligamen yang mendukungnya. Ketika tekanan melebihi batasan ligamen, hal ini dapat menyebabkan keseleo atau robek pada sendi lutut.

2. Cedera Meniskus

Cedera umum lainnya yang kerap terjadi pada atlet sepak bola adalah cedera meniskus. Meniskus adalah bagian tulang rawan berbentuk C yang menjadi bantalan ruang antara tulang paha dan tibia (tulang kering).

Robekan meniskus terasa menyakitkan dan sering kali terjadi akibat gerakan memutar, berputar, melambat, atau benturan yang tiba-tiba. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

3. Keseleo Pergelangan Kaki

Keseleo pergelangan kaki terjadi ketika ada peregangan dan robekan ligamen yang mengelilingi sendi pergelangan kaki.

Keseleo pergelangan kaki lateral (di luar pergelangan kaki) dapat terjadi dalam sepak bola ketika seorang pemain menendang bola dengan bagian atas kaki mereka.

Keseleo pergelangan kaki medial (bagian dalam pergelangan kaki) dapat terjadi ketika jari-jari kaki diputar keluar sementara kaki ditekuk ke atas.

 

3 dari 8 halaman

4. Cedera Hamstring

Cedera hamstring melibatkan tiga otot belakang paha dan dapat berkisar dari ketegangan ringan hingga pecah total. Gerakan berlari, sprint, dan berhenti yang terus menerus dalam sepak bola dapat menyebabkan cedera hamstring.

Gejala cedera hamstring biasanya berupa nyeri tajam yang tiba-tiba di bagian belakang paha. Rasa nyeri ini sering kali muncul saat berlari, melakukan tendangan tinggi, atau gerakan peregangan yang cepat.

 

4 dari 8 halaman

5. Tendonitis Achilles

Tendonitis achilles adalah cedera kronis yang terjadi akibat penggunaan yang berlebihan dan dirasakan sebagai rasa sakit di bagian belakang pergelangan kaki.

Pemain sepak bola melakukan gerakan berulang-ulang dan tiba-tiba yang pada akhirnya dapat menyebabkan cedera ini dari waktu ke waktu.

Tendonitis achilles akut biasanya lebih menyakitkan dan dapat membuat seseorang tak bisa turun ke lapangan lagi.

 

 

5 dari 8 halaman

6. Ruptur Tendon Achilles

Pecahnya tendon achilles melibatkan robekan sebagian atau seluruh tendon achilles, yaitu tendon yang menghubungkan otot betis dengan kalkaneus, sering kali dengan suara letupan yang terdengar.

Hal ini dapat terjadi ketika pemain sepak bola melakukan gerakan cepat dan eksplosif, seperti mengejar bola sepak atau melesat menjauh dari anggota tim lawan.

 

6 dari 8 halaman

7. Tarikan Selangkangan

Tarikan pangkal paha adalah jenis ketegangan yang terjadi ketika otot-otot paha bagian dalam diregangkan di luar batas mereka.

Seorang pemain sepak bola dapat tertarik pangkal pahanya ketika menendang bola atau mendapat perlawanan dari lawan yang mencoba menendang bola ke arah lain.

 

 

7 dari 8 halaman

8. Plantar Fasciitis

Penyebab umum nyeri kaki ini disebabkan oleh peradangan pada pita jaringan yang membentang dari tumit ke jari kaki.

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan plantar fasciitis di antara para pemain sepak bola, seperti bermain dengan alas kaki yang tidak sesuai tanpa penyangga lengkungan yang baik atau bermain di permukaan yang keras. 

8 dari 8 halaman

9. Gegar Otak

Gegar otak adalah bentuk cedera otak traumatis ringan yang disebabkan oleh benturan tiba-tiba ke kepala.

Sementara pemain sepak bola dilatih untuk menyundul bola dengan kepala mereka, ketika mereka tidak siap dengan benturan, dapat terjadi gegar otak. Tabrakan dengan pemain lain atau tanah juga dapat menyebabkan gegar otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.