Sukses

Studi: Kesepian Dapat Membunuh Perlahan dan Terjadi di Sebagian Besar Pria

Bagaiman Kesepian Dapat Perlahan Membunuh Pria?

Liputan6.com, Jakarta- Memiliki lingkaran sosial yang kuat dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dan penyakit yang lebih sedikit. Teman ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan memicu zat kimia positif di otak.

Bahkan, seseorang dengan jaringan sosial yang kuat dilaporkan less-stress, lebih tangguh, dan lebih optimis. Mereka cenderung memiliki berat badan yang sehat dan memiliki kemungkinan lebih sedikit mengalami penurunan kognitif. Mereka juga dapat terlindung dari kanker, penyakit jantung, dan depresi.

Jajak pendapat YouGov pada 2019 menyimpulkan bahwa satu dari lima pria tidak memiliki teman dekat dua kali lebih banyak daripada wanita. 

Lalu pada 2021, Pusat Survei Kehidupan Amerika menemukan bahwa sejak 1995, jumlah pria Amerika yang melaporkan bahwa mereka tidak memiliki teman dekat melonjak dari 3 menjadi 15 persen. Dalam penelitian yang sama, jumlah pria yang mengatakan bahwa mereka memiliki setidaknya enam teman dekat berkurang setengahnya dari 55 persen menjadi 27 persen.

Lalu, apa yang akan terjadi pada pria yang tidak memiliki banyak teman dekat atau memiliki jejaring sosial yang tidak kuat? Jawabannya tentu berkebalikan dengan manfaat yang dirasakan oleh seseorang dengan jejaring sosial yang kuat. 

Mengutip Science Focus, Selasa (22/11/2022), pria yang tidak memiliki jejaring sosial yang kuat akan kesepian, dan kesepian berbahaya bagi kesehatan, sama berbahayanya dengan merokok atau alkoholisme, menurut beberapa penelitian. 

Sebuah studi besar oleh para ilmuwan di Universitas Brigham Young di AS menemukan bahwa isolasi sosial jangka panjang dapat meningkatkan risiko kematian dini seseorang sebanyak 32 persen. 

Karena alasan ini, beberapa orang menyebutnya sebagai 'pandemi bayangan'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Wanita dan Pria Dalam Pertemanan

Lalu, apa yang Membedakan Pertemanan Wanita dan Pria?

Jika Anda pernah menonton sitkom, Anda tahu bagaimana kelanjutannya. 

Pria memiliki hubungan yang superfisial atau transaksional satu sama lain dan terikat dengan gurauan saat mereka menonton olahraga atau nongkrong. Sebaliknya, wanita, memiliki pembicaraan yang dalam dan emosional yang ditandai dengan berbagi rahasia dan kedekatan interpersonal.

Lucunya, stereotip sitkom ini didukung oleh penelitian.

"Salah satu hal utama yang kami temukan adalah bahwa kedua jenis kelamin memiliki gaya sosial yang sangat berbeda," kata Prof Robin Dunbar, seorang antropolog di University of Oxford yang penelitiannya berpusat pada ikatan sosial. 

"Dunia sosial anak perempuan telah dibangun di atas hubungan yang personal. Yang penting adalah siapa Anda, bukan apa Anda,” tambah Dunbar.

"Bagi pria, yang membuat perbedaan adalah menginvestasikan waktu untuk melakukan sesuatu bersama. Mungkin bertemu untuk menongkrong atau mengatur jadwal untuk mendaki. Aktivitasnya tidak relevan selama itu adalah aktivitas kelompok - dan itu sering kali tidak melibatkan banyak percakapan. Ada sedikit gurauan tetapi sebenarnya, isinya mendekati nol."

Perbedaan antara pertemanan pria dan wanita sering dicirikan sebagai hubungan berdampingan versus hubungan tatap muka. Ketika pria bertemu teman-teman mereka, mereka berdiri saling 'beradu bahu' di bar, di lapangan sepak bola, memancing di sungai. Ketika wanita bertemu, mereka sering duduk di seberang meja satu sama lain dan berbicara.

Investasi emosional dan kontak yang sering yang dihargai wanita tidak sepenting pria, kata Dunbar. Pria bisa pergi berbulan-bulan tanpa bertemu teman tapi masih menganggap orang itu sebagai teman dekat.

Ini jelas merupakan salah satu faktornya, tetapi bukan satu-satunya faktor. Perubahan sosiologis dan generasi juga berperan.

3 dari 4 halaman

Mengapa Pria Lebih Banyak yang Kesepian?

Kesepian dan keterasingan juga dapat terjadi sebagai konsekuensi dari hal-hal lain, kata Dr Mike Jestico, seorang psikolog di University of Leeds.

"Isolasi lebih mungkin terjadi pada pria dengan pendapatan yang lebih rendah, karena pengalaman sosial cenderung membutuhkan biaya. Salah satu pria dalam penelitian saya bernyanyi dalam kelompok menyanyi sosial. Tetapi ketika kelompok itu pindah tempat, dia tidak mampu membayar ongkos bus untuk bepergian, sehingga meningkatkan isolasinya."

Jestico mengatakan bahwa semacam isolasi 'struktural' juga bisa menjadi faktor. Pria lajang lebih cenderung tinggal sendirian di blok menara bertingkat tinggi, misalnya, dan kecil kemungkinannya untuk bisa merawat anak-anak.

Masih banyak lagi. Bekerja dari rumah, penutupan kedai minum, menurunnya keterlibatan dalam kegiatan keagamaan atau klub sosial, belum lagi kecanduan smartphone dan media sosial, bisa menjadi faktornya. 

Faktor penting lainnya adalah, tentu saja, bahwa pria sedikit tidak berguna. Ketika harus membuat rencana atau tetap berhubungan dengan teman, pria malas secara sosial. Hal ini terlihat jelas terutama pada usia paruh baya.

"Data yang mencakup pria dan wanita sering kali menemukan hubungan berbentuk U, di mana remaja dan orang tertua di masyarakat adalah yang paling kesepian," kata John Ratcliffe, seorang peneliti di Pusat Studi Kesepian di Sheffield Hallam University. 

Pria menunjukkan hubungan yang lebih kuat di dalam status pernikahan dan kesepian daripada wanita, kata Ratcliffe. Artinya, wanita yang belum menikah lebih tidak kesepian daripada pria yang belum menikah. 

"Karena pria malas secara sosial, yang cenderung terjadi adalah istri akhirnya mendorong lingkungan sosial untuk rumah tangga," kata Dunbar. "Para pria akhirnya berteman dengan pasangan dari teman-teman istri mereka - karena mereka ada di sana."

4 dari 4 halaman

Maskulinitas

Way mengatakan bahwa untuk mengatasi kesepian itu harus dimulai dari laki-laki yang mengatasi budaya maskulinitas yang tumbuh di kalangan pria muda.

"Kurangnya pertemanan di antara pria hanyalah gejala dari masalah yang lebih besar. Saya merasa jurnalis - dan ilmuwan sosial - terlalu banyak melibatkan diri dalam masalah ini. Jadi kita hanya fokus pada gejala spesifik ini," katanya.

"Jika Anda membawa perhatian sedikit saja, Anda akan mulai melihat bahwa ini hanyalah sebuah gejala. Karena anak laki-laki memang memiliki dan menginginkan pertemanan yang dekat."

Way percaya bahwa kita harus mencoba menumbuhkan sisi kepedulian dan emosional anak laki-laki yang terpendam. Menjadi cerdas secara sosial dan emosional bukanlah sifat perempuan, katanya: itu adalah sifat manusia.

Bagi Dunbar, menemukan aktivitas bersama adalah kuncinya, dan sarannya untuk pria yang kesepian adalah memulainya dari sana, dengan menemukan klub atau sesuatu yang Anda minati.

"Menari, bernyanyi, bermain rugby atau tenis, mendaki bukit - sebut saja. Semua itu memicu endorfin. Dan ketika Anda melakukannya dengan orang lain, Anda akhirnya terikat. Ini adalah mekanisme yang sangat kuat," katanya.

Menjadi sukarelawan memiliki efek yang sama, apakah itu sesuatu yang bersifat amal, atau terlibat dalam tim olahraga anak-anak Anda, atau gerakan politik atau lingkungan setempat. Pada 2020, Dunbar dan rekan-rekannya menerbitkan sebuah studi pan-Eropa di mana mereka menemukan bahwa risiko depresi di masa depan Anda lebih rendah jika Anda mengambil bagian dalam tiga kegiatan sukarela.

Bagian dari hal ini adalah menyadari bahwa Anda tidak sendirian dalam merasa sendirian, tambah Way. "Kita harus menormalkannya sehingga orang tidak berpikir bahwa mereka aneh, tetapi sebenarnya budaya telah membuat Anda sangat sulit menemukan hubungan yang berarti."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.