Sukses

5 Cara Ini Bisa Dilakukan Anak Muda Untuk Segera Mencapai Financial Freedom

Simak cara agar kamu punya tabungan melimpah di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Financial freedom adalah istilah yang sering digunakan oleh anak-anak zaman sekarang yang memiliki keinginan untuk tidak memiliki beban keuangan di usia semuda mungkin. 

Mengingat sulitnya mencapai kestabilan ekonomi telebih lagi, untuk memiliki tabungan masa depan yang bisa membuat seseorang merasa terjamin untuk hidupnya, banyak anak muda yang sudah memikirkan hal ini. 

Generasi yang masih produktif saat ini, selain memikirkan untuk mencapai kebebasan dan kestabilan ekonomi di masa tuanya nanti, beberapa dari mereka juga sudah melakukan berbagai cara untuk mempersiapkan tabungan masa depan dan mencapai financial freedom di usia muda.

Salah satu contoh artis yang sukses menerapkan ini adalah Raditya Dika, dalam kanal Youtubenya beberapa waktu lalu, ia membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan anak muda untuk bisa terbebas dari beban ekonomi di masa tua, dan kiat-kiat menghadapi situasi keuangan yang tidak stabil dalam hidup di masa kini. Salah satu cara yang ia bagikan adalah dengan melakukan investasi reksadana, saham dan pasar uang. 

Melansir laman Nerdwallet.com, Senin (21/11/2022) ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mencapai kestabilan ekonomi bahkan financial freedom di usia muda, dan mempersiapkan tabungan hari tua dengan baik. 

1. Lakukan Penyesuaian Pada Anggaran Kamu Saat Ini

Jangan terpengaruh dengan apa yang orang lain lakukan. Bijaksanalah saat mengambil keputusan berdasarkan kemampuan kamu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hitung Pengeluaran Untuk Pensiun

Terkadang seseorang mudah goyah dengan penawaran yang diberikan orang lain. Namun, kamu harus tahu apa yang kamu mampu beli. Utamakan untuk memiliki tabungan dan membeli barang yang sangat bermanfaat untuk kamu. Kamu harus menyesuaikan pengeluaran kamu dengan pendapatan kamu, jangan sampai pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatan kamu. 

2. Hitung Pengeluaran Untuk Pensiun 

Kamu harus merencanakan apa yang kamu butuhkan saat pensiun, yang sudah pasti kebutuhan primer (dasar) sekunder dan tersier.

Bagi yang belum tahu, kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar berupa makanan dan minuman. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan fasilitas penting yang mungkin kamu harus beli di masa depan seperti peralatan dapur, kulkas dan lainnya.

Selanjutnya, kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang mungkin ingin kamu beli di masa depan walaupun itu bukan hal darurat. 

3 dari 4 halaman

Perkirakan Total Tabungan

3. Perkirakan Total Tabungan 

Saat kamu merencanakan untuk pensiun, kamu harus memiliki target tabungan. Ketika sudah mencapai target tabungan itu, kamu bisa lebih tenang saat pensiun.

Tidak lupa kamu juga harus perhitungkan pajak yang mungkin akan dikenakan pada seluruh aset yang kamu miliki. Jika memiliki usaha di bidang lain perhitungkan juga apakah omsetnya akan menutupi semua kebutuhan kamu (pajak) atau tidak.

Jika tidak, jangan ragu untuk menjualnya atau dialih tangankan kepada orang lain, agar bisa tetap menghasilkan uang walaupun bukan kamu yang mengelola.

Ketelitian saat memperkirakan total tabungan yang harus kamu miliki, sangat penting untuk financial freedom di masa depan. 

4 dari 4 halaman

Berinvestasi dan Pertahankan Pengeluaran Saat Ini

4. Berinvestasi

Kamu bisa memulai investasi yang tidak terlalu berisiko, tetapi nilai uang yang kamu miliki stabil. Investasi ini bisa berupa barang harta benda seperti emas atau investasi di pasar uang, saham, obligasi, surat berharga dan lainnya. Buatlah rencana investasi 4 persen dari pendapatan kamu setiap bulannya. Lebih cepat kamu sadari lebih baik. 

5. Pertahankan Pengeluaran Saat Ini 

Jangan terlalu boros, sesekali untuk membahagiakan diri boleh, pikirkan kamu hidup bukan untuk hari ini, tatapi kamu harus bisa hidup tenang saat kamu tidak bisa seproduktif sekarang (masa tua). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.