Sukses

Item Populer Buat Make Up, Ini Loh Keunggulan Cushion

Cushion mulai banyak digemari oleh sejumlah orang sebagai alas riasan wajah, berikut ini deretan keunggulannya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kecantikan mulai dipenuhi dengan berbagai macam produk-produk riasan wajah berdasarkan jenis dan kondisi kulit penggunanya.

Awalnya, riasan wajah hanya mencakup bagian mata seperti alis, alas bedak dan perona bibir. Namun, seiring dengan perkembangan dan gaya hidup yang semakin modern, produk riasan wajah mulai dipasarkan secara luas.

Alas bedak yang sering kali kita ketahui adalah bedak saja pada awalnya. Saat ini sudah mulai muncul beragam jenis, seperti foundation, bb cream, cc cream, cushion dan lain sebagainya.

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang berhasil memproduksi banyak sekali barang kecantikan. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, Korea Selatan memantapkan dirinya sebagai pusat kecantikan.

Tak heran, banyak dari mereka yang tertarik dengan make up mulai mengacu pada standar kecantikan di Korea Selatan.

Di Indonesia, produk kecantikan asal Korea Selatan sudah banyak ditemui di area pusat perbelanjaan, maupun toko online. Produk yang dipasarkan mulai dari toner, essence, serum, dan cushion compact.

Beredarnya produk kecantikan Korea Selatan membuat masyarakat berbondong-bondong mencoba produk yang sedang hype. Salah satunya adalah cushion, padahal sebelumnya kebanyakan orang memilih untuk menggunakan foundation sebagai alas bedak guna menutupi noda-noda di wajah.

Dilansir Glamour, Senin (21/11/2022), cushion compact bisa disebut sebagai bb cream, perbedaannya cushion dibungkus ke dalam bentuk yang lebih ringkas.

Pendiri perusahaan kecantikan Korea Sokoglam.com, Charlotte Cho, menjelaskan kemunculan cushion sudah melekat dengan masyarakat Korea. Cushion digunakan untuk meningkatkan penampilan muka.

“Di Korea, cushion compact dianggap sebagai perpaduan perawatan kulit dan riasan, karena tidak hanya menutupi kulit Anda, tetapi juga meningkatkan penampilan, rasa, dan kesehatan kulit wajah,” kata Charlotte Cho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Cushion Sebagai Alas Bedak

Cushion merupakan produk kecantikan yang menyediakan aplikator berupa spons di dalam kemasan. Spons tersebut telah dibasahi dengan formali yang bisa memberikan manfaat, seperti perlindungan dan perawatan untuk kulit wajah.

Berbeda dengan foundation yang bertektstur cair, cushion dinilai lebih simple untuk dibawa berpergian. Sejumlah orang lebih tertarik menggunakan cushion karena bisa digunakan untuk touch up sepanjang hari.

Perempuan di Korea biasanya membawa cushion di dalam tas mereka tiap kali berpergian agar bisa melakukan touch up ketika riasan wajah mulai luntur.

Keunggulan lain dari cushion ialah memiliki kandungan tabir surya di dalamnya. Dengan begitu, ketika dilakukan pengaplikasian ulang, wajah akan mendapat perlindungan dari sinar matahari.

Cushion biasanya diformulasikan dengan tabir surya, jadi Anda bisa mengaplikasikannya kembali di atas riasan wajah, dan mendapatkan perlindungan dari matahari sepanjang hari,” jelas Cho.

3 dari 4 halaman

Cushion Memiliki Tekstur dan Formula Ringan

Cushion terkenal dengan spons atau bantalan sebagai wadah yang menentukan performa dari formula yang akan dihasilkan nantinya.

Alas bedak yang dikenal sebagai foundation memiliki formula cair saat sebelum diaplikasikan ke wajah. Hadirnya cushion memanfaatkan inovasi terbaru, formula cair diubah ke formula yang lebih enteng dan ringan ketika digunakan.

Direktur pemasaran merek perawatan kulit di Korea Amorepacific, Nathalie Paiva, menjelaskan bagaimana cara kerja dari cushion yang memiliki formula ringan di wajah.

“Ini mengubah formula cair menjadi emulsi yang lebih ringan,” kata Nathalie Paiva.

Cushion dibuat dengan bahan dasar yang terinspirasi dari bahan yang digunakan dalam praktik stempel dan segel di Asia pada masa kuno, guna menjaga dan mempertahankan emulsi cair dalam keadaan optimal,” kata Nathalie Paiva, menjelaskan.  

Inovasi yang digunakan ini membuat formula dari alas bedak menjadi lebih ringan dan menghasilkan produk yang lebih sedikit saat diaplikasikan ke wajah. Oleh karena itu, pemakaian cushion sangat cocok dengan kalian yang ingin tampil natural.

 

4 dari 4 halaman

Cara Penggunaan Cushion Dengan Benar

Dilansir Tatler Asia, cushion yang sangat digemari oleh masyarakat di Korea merupakan bantalan atau spons basah yang direndam dengan formula bb cream di dalam wadah compact.

Penggunaan cushion perlu dilakukan dengan benar demi mendapatkan hasil yang optimal dan terlihat natural. Berikut merupakan cara penggunaan cushion yang benar:

1. Pilih Shade yang Paling Cocok

Perhatikan warna alas bedak yang akan digunakan guna menghindari ketimpangan warna dengan kulit wajah aslinya.

Sebagai produsen cushion terlaris, Korea telah menyesuaikan shade dengan kulit orang Asia yang artinya lebih banyak shade dengan warna krem yellow undertone.

Kenali rona kulit kalian sebelum memilih shade pada cushion demi mendapatkan hasil yang sempurna dan cocok pada wajah.

2. Gunakan Bedak Tabur setelah Mengaplikasikan Cushion

Cushion dikenal dengan formulasi yang bisa membuat kulit terlihat lebih bercahaya alami, meskipun begitu kalian tetap disarankan untuk menggunakan bedak tabur.

Penggunaan bedak tabur setelah cushion dipercaya dapat menahan riasan wajah agar tidak geser dan mengontrol minyak.

3. Bersihkan Spons Secara Berkala

Mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana cara menjaga kebersihan dari spons yang digunakan dalam cushion?

Jagalah kebersihan spons dengan cara mencucinya dengan pembersih khusus. Namun, jika kamu tidak memilikinya bisa menggunakan air dengan sabun setiap kali selesai menggunakannya.

Dengan cara inilah, kamu bisa mencegah hadirnya bakteri di permukaan kulit yang menyebabkan iritasi kulit, seperti jerawat dan beruntusan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.