Sukses

5 Cara Cegah Penyakit Wasir atau Ambeien, Jangan Lupa Lakukan Ya!

Biasanya, seseorang yang mengalami wasir atau ambeien merasakan gejala-gejala seperti rasa nyeri, gatal serta dapat menyebabkan pendarahan.

Liputan6.com, Jakarta - Ambeien atau wasir adalah penyakit di bagian saluran cerna, di mana hal ini terjadi karena area vena (pembuluh darah) yang bengkak dan meradang di saluran anus.

Pembuluh darah anus yang melebar saat wasir sering kali teregang hebat, menipis, dan teriritasi. Wasir merupakan penyakit yang dapat menyerang segala usia, namun penyakit ini tidak menular. Keluhan biasanya terjadi pada usia 50 tahun atau lebih.

Biasanya, seseorang yang mengalami wasir atau ambeien merasakan gejala-gejala seperti rasa nyeri, gatal serta dapat menyebabkan pendarahan.

Meski begitu, masih banyak dari orang-orang menyepelekan hal itu. Padahal kalau kamu tahu, ambaien atau wasir ini jika dibiarkan bisa berdampak buruk, yakni dapat menyebabkan komplikasi seperti anemia, infeksi, terjadi gumpalan darah, hingga rasa sakit berlebih akibat kematian jaringan.

Melansir laman Clevelandiclinic.org, Minggu (20/11/2022) mendapatkan tips untuk menghindari gejala menyakitkan ini dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Berikut ada lima cara sederhana untuk mencegah wasir atau ambeien:

 

1. Segera ke Kamar Mandi saat Merasa Ingin BAB

Banyak orang membiasakan untuk mengabaikan rasa ingin buang air besar (BAB). Sedangkan, menunda untuk segera ke kamar mandi, akan membuat feses (kotoran) menjadi keras dan kering di usus kamu hingga membuatnya lebih sulit untuk dikeluarkan.

Sehingga jika kamu berusaha keras untuk buang air besar, risiko terkena wasir meningkat. Adapun mengejan, dianjurkan untuk tidak memaksakan buang air besar saat kamu tidak merasa ingin. Sebab, mengejan meningkatkan tekanan pada area vena kamu lah dapat menyebabkan wasir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kamar Mandi Bukanlah Tempat Membaca

2. Jangan Jadikan Kamar Mandi Jadi Tempat Membaca

Dianjurkan untuk tidak berlama-lama di kamar mandi dan hindari kebiasaan membawa handphone (HP) ke dalam toilet. Hal itu dapat membuat kamu berlama-lama di dalam kamar mandi untuk membuka sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau pun bermain game.

Jika di dalam kamar mandi kamu terdapat tumpukan majalah atau buku, usahakanlah untuk dipindahkan ke ruangan lain.

Sebab, semakin banyak waktu yang kamu habiskan di toilet, maka makin besar kemungkinan akan mengejan untuk buang air besar.

Selain itu, posisi duduk memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah anus kamu. Kedua faktor ini meningkatkan risiko wasir.

 

3 dari 5 halaman

Pola Makan

3. Cek Lagi Pola Makan

Untuk mencegah wasir, kamu memerlukan makanan yang nantinya bisa dengan mudah kamu keluarkan saat BAB.

Dengan pilihan yang tepat, kamu bisa memilih makanan diet yang pas dan pastikan minum cukup banyak air agar tidak dehidrasi.

Kemudian, kekurangan serat juga menjadi penyebab umum terjadinya wasir. Misalnya jika kamu sembelit, coba konsumsi lebih banyak serat dari sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian 100 persen.

Serat dapat membantu menghindari sembelit dan sembelit yang menyebabkan mengejan merupakan faktor risiko wasir.Yang terpenting adalah kamu harus memahami kebutuhan tubuhmu dan hindari makanan yang bisa merusak ususmu.

 

4 dari 5 halaman

Olahraga

4. Tubuh Tetap Bergerak dengan Olahraga

Olahraga ringan juga dapat membantu memperbaiki atau mencegah banyak masalah usus dan pencernaan, termasuk wasir.

Saat kamu tidak banyak bergerak, semuanya melambat, termasuk usus.

Olahraga membantu menjaga semua yang masuk ke dalam tubuhmu tetap mengalir melalui saluran usus.

Ini juga bisa membantu kamu menghindari sembelit. Dengan melakukan aktivitas seperti jalan kaki, lari, bersepeda, dan yoga tubuhmu juga menjadi sehat.

Tetapi jika kamu menderita wasir, hindari squat angkat beban berat dan gerakan serupa yang meningkatkan tekanan perut.

 

5 dari 5 halaman

Temui Dokter

5. Temui Dokter

Jika gejala wasir kamu berubah menjadi lebih parah seperti perdarahan, dianjurkan segera temui dokter dan periksa semua gejala kamu.

Tidak semua pilihan pengobatan wasir adalah operasi. Dengan konsultasi ke dokter, kamu bisa mengetahui seberapa parah wasirmu.

Jadi, hal teraman untuk masalah kesehatan dan penyakit adalah dengan menemui dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.