Sukses

Ketahui 6 Fakta Menarik di Balik Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar

Dari teknologi hingga biaya, ini fakta menarik Piala Dunia 2022 Qatar yang telah dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 32 tim, termasuk tuan rumah Qatar telah lolos kualifikasi untuk Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan akan berlangsung dari 21 November hingga 18 Desember.

Turnamen edisi ke-22 ini akan menjadi ajang World Cup pertama yang berlangsung di Timur Tengah dan yang terakhir menampilkan 32 tim.

Mengutip Goal.com, Minggu (20/11/2022), negara yang ikut dalam Piala Dunia 2022 Qatar mencakup Qatar, Jerman, Denmark, Brazil, Belgiam Prancis, Kroasia, dan Spanyol.

Lalu ada Serbia, Inggris, Switzerland, Belanda, Argentina, Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Ekuador, Uruguay, Kanada, Ghana, Senegal, Portugal, Polandia, Tunisia, Kamerun, Moroko, Meksiko, Amerika Serikat, Australia, dan Kosta Rika.

Adapun Qatar menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 secara otomatis sebagai tuan rumah ketika mereka memenangkan tawaran untuk menggelar turnamen. Ini adalah penampilan pertama mereka dalam kompetisi setelah sebelumnya tidak pernah lolos ke putaran final.

Pertandingan pertama piala dunia akan mempertemukan Qatar sebagai tuan rumah dengan Ekuador di Grup A pada pukul 19.00 waktu setempat pada hari ini, Minggu (20/11/2022) di Al Bayt Stadium, atau 23.00 WIB.

Menariknya, piala dunia 2022 akan menjadi momen terakhir bagi pemain sepakbola top dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Selain itu, fakta menarik lainnya ialah Jungkook, salah satu personil BTS akan tampil pada upacara pembukaan.

Tentunya, masih banyak fakta menarik Piala Dunia 2022 ini yang dilansir dari The Daily Star:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Unik Piala Dunia

1. Robot Hakim Garis

FIFA setuju akan menerapkan teknologi off-side semi otomatis agar dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menentukan off-side dengan akurat di setiap pertandingan Piala Dunia 2022. FIFA mengatakan bahwa hal ini akan memangkas waktu rata-rata 70 detik sebelum gol dapat dirayakan menjadi "hanya 25 detik"

Rencananya, 12 kamera akan ditempatkan di bawah atap stadion yang akan melacak 29 bagian tubuh setiap pemain. Sementara sensor akan ditempatkan di bola Adidas World Cup dan merekam data 500 kali per detik.

2. Menjadi yang Termahal

Fakta menarik lainnya adalah jumlah yang dihabiskan negara tuan rumah dalam persiapan untuk acara mendatang. Sesuai perkiraan, Qatar menghabiskan $200 miliar untuk proyek-proyek infrastruktur, yang mencakup pembangunan stadion, jalan raya, hotel, dan sebagainya. Hal ini akan membuat acara yang akan datang menjadi salah satu Piala Dunia termahal dalam sejarah permainan.

3 dari 4 halaman

Fakta Unik Piala Dunia Selanjutnya

3. Menyediakan Sedikit Stadion

Dalam Piala Dunia kali ini, tercatat hanya delapan stadion yang telah didaftarkan oleh Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Faktanya, dari delapan tempat yang dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen, hanya satu yang dirubah sepenuhnya sementara tujuh lainnya baru dibangun di negara tersebut.

Pada tahun 1978, Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA hanya dengan enam stadion dan sekarang Qatar akan menjadi tuan rumah kompetisi dengan hanya delapan stadion.

4. Rekor Jumlah Pengunjung

Salah satu fakta yang paling menarik adalah jumlah pengunjung yang diperkirakan akan tiba di negara ini selama acara berlangsung. Sesuai perkiraan, Piala Dunia FIFA 2022 Qatar mungkin akan menerima rekor jumlah pengunjung pada saat turnamen berakhir.

Alasan di balik ini mudah dipahami. Menjadi salah satu negara terbaik di Timur Tengah, lokasi geografis Qatar yang nyaman membuatnya terletak dekat dengan sebagian besar negara.

4 dari 4 halaman

Fakta Unik Piala Dunia Lebih Lanjut

5. Stadion Ber-AC

Salah satu poin terpenting yang perlu diperhatikan tentang negara tuan rumah FIFA 2022 adalah fakta bahwa Qatar memiliki suhu yang sangat tinggi pada siang hari.

Untuk mengatasi masalah ini, Qatar datang dengan solusi yang berani. Untuk pertama kalinya, sebuah negara akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA di stadion yang sepenuhnya ber-AC.

Kedelapan tempat di Qatar akan sepenuhnya ber-AC, memberikan pengalaman menonton yang nyaman bagi para penggemar sekaligus membuat kondisi yang cukup baik bagi para pemain untuk tampil di lapangan.

6. Yang Kedua di Asia

Qatar tidak hanya akan menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2022, tetapi juga akan menjadi yang kedua kalinya ketika kompetisi bergengsi ini menjadi pusat perhatian di Asia.

Pertama kali terjadi pada 2002 ketika Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama acara FIFA untuk pertama kalinya di Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.