Sukses

Menteri Basuki Pamer Ponsel Jadulnya, Cuma 2 Orang di Dunia yang Pakai

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memamerkan ponsel jadul miliknya yang kerap dipakai saat ia bertugas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono yang kerap disapa Pak Bas, kembali membuat geger warganet usai dirinya berani tampil beda dari pada kebanyakan menteri lainnya di Indonesia.

Melalui wawancaranya dalam saluran YouTube resmi Sekretariat Kabinet RI, Basuki membeberkan kalau dirinya masih menggunakan ponsel jadul untuk berkomunikasi sehari-hari dengan para rekan kerjanya.

Di era gempuran inovasi smartphone, pak Bas justru tetap betah menggunakan ponsel jadul merek Nokia miliknya yang berukuran 22.8 inch itu.

Pak Bas mengaku hanya ponsel ini yang secara resmi dimiliki olehnya. Apabila ada dari kalangan menteri maupun rekan kerja yang akan menghubunginya via Whatsapp, maka ia hanya dapat dihubungi via nomor Whatsapp milik ajudan pribadinya.

“Pemilik handphone ini cuma ada dua di dunia, saya dan perdana menteri dari Belanda (Mark Rutte),” ujar pak Bas dalam wawancaranya pada Minggu 3 April 2022.

Lebih lanjut, pak Bas juga bercerita, “Dua kali saya jemput beliau (perdana menteri Belanda) di Halim, justru yang pertama kali saya tanya ke dia itu ‘mana hape mu?’"

Dalam wawancaranya, menteri PUPR ini mengaku kalau ia akan jauh lebih fokus untuk bekerja, karena hanya murni menerima telepon dan SMS soal pekerjaan, dan terhindar dari berbagai distraksi sosial media.

Banyak dari warganet yang menanggapi viralnya ponsel jadul milik menteri PUPR itu. Bahkan, tak jarang ada yang menebak kalau pulsa yang dibeli oleh pak Bas pasti seharga iPhone, karena seringnya interaksi dengan telepon dan SMS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah diprotes Menkeu

Dalam ceritanya, pak Bas juga mengaku bahwa dirinya kerap kali diprotes oleh para menteri, termasuk Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, karena masih menggunakan ponsel jadul dan sulit untuk berkomunikasi.

“Menteri keuangan itu pernah protes ke saya. Tapi, kalau bu menteri keuangan saya SMS, ya pasti balas juga dengan SMS,” ujar menteri RI paling nyentrik itu.

Selain masih pakai ponsel jadul dan kerap diprotes menteri, pak Bas juga diketahui menjadi salah satu menteri yang masih menggunakan mobil pribadi merek Toyota Yaris dan mobil dinas Kijang Inova untuk kendaraan sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, bahkan pak Bas menjadi salah satu menteri yang tidak memiliki akun media sosial di platform manapun.

Saking uniknya, pak Bas dengan segala tingkah laku dan kebiasaannya, banyak dari warganet yang menjuluki menteri PUPR itu sebagai Bapak Meme Indonesia.

3 dari 4 halaman

Tampil Nyentrik Jadi Fotografer G20

Saat perhelatan KTT G20 di Bali kemarin, menteri PUPR ini juga menarik perhatian banyak warganet karena dirinya yang mendadak cosplay menjadi fotografer kepresidenan bersama jurnalis lainnya.

Ia membaur bersama para awak media sambil menemani kepala negara saat delegasi KTT G20 berkunjung ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, Bali.

Juru bicara dari Menteri PUPR, Endra Atmawidjaja mengatakan bahwa pada saat itu tugas dari Kementerian PUPR di KTT G20 sudah tidak ada.

Maka dari itu, Basuki menghabiskan waktunya tidak hanya mendampingi Presiden Jokowi namun juga menyalurkan hobinya.

"Dari kemarin juga beliau sudah bawa kamera. Ketika acara selesai langsung angkat kamera. Ya itu memang hobinya. Ini kan juga event besar yang langka ya," kata Endra kepada wartawan, Nusa Dua, Bali, Rabu 16 November 2022.

4 dari 4 halaman

Gaya Bercanda Tapi Kerja Nyata

Masih dalam wawancaranya bersama saluran YouTube Sekretariat Kabinet RI, Basuki Hadimuljono juga membeberkan hasil kinerjanya bersama tim Kementerian PUPR selama ia menjabat menjadi seorang menteri.

“Menurut saya, hal yang paling berkesan selain penunjukan saya sebagai direktur jenderal adalah saya ditunjuk sebagai ketua tim untuk penanganan bencana-bencana,” katanya.

Ia ditunjuk sebagai ketua tim dari Sumber Daya Air saat terjadinya tsunami Aceh pada 2004 silam.

Selain itu, pak Bas juga diamanahkan untuk penanganan kasus kelaparan, amblesnya Cipularang, hingga penanganan kasus lumpur Sidoardjo.

Tak hanya itu, masih banyak proyek lainnya yang berhasil terlaksana di Kementerian PUPR semasa ia menjabat. Suksesnya sosok pak Bas menjadi menteri PUPR ini mendapat banyak pujian dari warganet.

“Pak Bas ini menandakan rakyat lebih menerima penampilan sederhana. Suka bercanda namun kerjanya nyata.” Kicau seorang warganet.

“Salah satu menteri di kabinet yang enggak boleh diganti, ini,” timpal warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.