Sukses

Apresiasi Inspira Bangga pada Jokowi Sukses Gelar KTT G20 Bali

Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (PB Inspira) acungi jempol seluruh jajaran Polri dibawah komando Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan tentunya kepada Presiden Jokowi sukses gelar KTT G20 Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (PB Inspira) Rizqi Fathul Hakim memberikan apresiasi terkait kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran dalam melakukan pengamanan selama pra dan pasca kegiatan KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022.

"Pertama kami sangat bangga pertemuan besar antar negara ini digelar di Indonesia, ini lah kehebatan Presiden Jokowi yang mampu menyatukan para pemimpin negara di dunia," ujar Rizqi melalui keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

"Kedua kami acungi jempol seluruh jajaran Polri dibawah komando Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kesuksesannya melakukan pengamanan kegiatan Presidensi G20 hingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Langkah-langkah progresif Polri patut kita apresiasi," lanjut dia.

Rizqi menjelaskan, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

"Kita turut bangga karena Indonesia terpilih sebagai penyelenggara kegiatan internasional ini," ucap dia.

Rizqi menilai, regulasi serta langkah-langkah yang dilakukan oleh Polri mulai dari persiapan pengamanan KTT G20 Bali hingga sampai suksesnya acara tersebut, tentu dilakukan dengan menggunakan konsep matang, sehingga tidak ada hambatan terjadi.

"Kami melihat pengamanan G20 ini dilaksanakan dengan sangat serius, terstruktur dan cermat," papar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengamanan Berlapis

Rizqi mengatakan, saat berjalannya KTT G20, Polri menggelar operasi kegiatan dengan bertujuan untuk menjaga keamanan berlapis namun juga tetap humanis, dengan tetap menjaga interaksi dengan masyarakat.

"Seluruh lapisan Polri yang menjalankan tugas pengamanan ini kami nilai sukses dalam menampilkan sosok pengamanan yang humanis, ramah, namun tegas ketika berhadapan dengan seluruh masyarakat sesuai dengan tagline Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan), sehingga mampu sama-sama menjaga dan mempersempit terjadinya ancaman kecil maupun besar yang kiranya dapat menghambat jalannya KTT 20," tandas Rizqi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Bali atas segala ketidaknyamanan yang terjadi selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berlangsung. Salah satunya, kemacetan di jalanan karena rangkaian event tersebut.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Bali yang saya tahu terganggu di jalanan karena adanya KTT G20 ini," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis 17 November 2022.

"Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas seluruh kejadian di jalan, baik yang kemacetan di jalan, dan lain-lainnya," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Sampaikan Apresiasi

Jokowi turut menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan KTT G20 di Bali. Jokowi menilai manajemen integrasi dan organisasi di lapangan sangat rapi sehingga acara berlangsung sukses.

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan penghargaan apresiasi yang luar biasa atas kerja keras Bapak, Ibu semuanya. TNI, Polri, BIN, pemerintah daerah, semua kementerian, semua lembaga, pendukung acara, semua kru hotel yang saya melihat manajemen integrasinya, organisasinya di lapangan sangat rapi," tutur Jokowi.

Menurut dia, seluruh kepala negara maupun pemimpin lembaga internasional yang hadir turut menyampaikan apresiasi kepada Indonesia. Jokowi menyebut semua acara berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Rapi di jalan, rapi di hotel, rapi di meeting pertemuan, di summit-nya, rapi di acara makan malamnya, rapi di acara hutan mangrove dan seluruh kepala negara menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia," tutur Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menuturkan bahwa cuaca selama KTT G20 berlangsung sangat baik. Hal tersebut merupakan hasil kerja sama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan sejumlah lembaga untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) selama KTT G20.

"Cuaca juga baik, sangat mendukung, saat acara tidak hujan, habis acara hujan. BMKG, terima kasih," ucap Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Penyelenggaraan KTT G20 Bali

Sebagai informasi, KTT G20 di Bali berlangsung 15 sampai 16 November 2022. Adapun para pemimpin negara yang hadir di KTT G20 antara lain, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Long, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Rwanda Paul Kagame, Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen, Presiden European Council Charles Michael.

Kemudian, PM Inggris Rishi Sunak, PM Kanada Justin Trudeau, PM Jepang Fumio Kishida, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, PM Australia Anthony Albanese. Ada pula Sekjen PBB Antonio Guterrez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Selanjutnya, Presiden Korea Selatan Yoon Seuk Yeol, Presiden Argentina Alberto Fernadez, Menlu Rusia Sergey Lavrov, PM India Narendra Modi, Presiden Uni Emirate Arab Muhammad bin Zayed Al Nahyan.Lalu, PM Italia Giorgia Meloni,

Selain itu, Menlu Brasil Carlos Alberto Franca, dan Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji Ratu Inoke Kubuabola, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden China Xi Jinping, hingga Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Sementara itu, pemimpin lembaga internasional yang hadir yakni, Presiden ADB Masatsugu Asakawa, Direktur Jenderal ILO Gilbert F. Houngbo, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, hingga Muhammad Sulaiman Al Jasser selaku Presiden Islamic Development Bank (ISBD).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.