Sukses

Hindari 10 Tanaman Hias Ini Bila Kamu Merawat Kucing di Rumah

Tanaman hias umum ditemukan di hampir setiap rumah. Tetapi beberapa tanaman, seperti bunga lili, meskipun indah, termasuk yang paling beracun bagi kucing.

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman hias umum ditemukan di hampir setiap rumah. Tetapi beberapa tanaman, seperti bunga lili, meskipun indah, termasuk yang paling beracun bagi kucing.

Bunga-bunga berwarna-warni atau dedaunan yang semarak ini dapat mencerahkan ruang hidup Anda, membantu memurnikan udara dalam ruangan, dan telah terbukti membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Sayangnya, jika Anda memiliki kucing, ada tanaman hias yang tidak boleh Anda bawa ke rumah karena sifat beracunnya -terutama karena kucing terkenal nakal dan cenderung mengunyah sesuatu.

Beberapa tanaman yang beracun bagi kucing juga berbahaya bagi manusia jika tertelan, seperti pakis haji, bunga lili, dan beberapa lainnya.

Tanaman-tanaman ini juga tidak aman di sekitar bayi, terutama bayi dan balita yang suka memasukkan segala sesuatu yang berada dalam jangkauan tangan ke dalam mulut mereka.

Banyak tanaman yang sama yang beracun bagi kucing juga tidak aman di sekitar anjing. Mengutip The Spurce, Jumat (17/11/2022), berikut beberapa tanaman hias populer yang harus dihindari jika Anda memiliki kucing:

 

1. Bunga Lili 

Bunga lili atau biasa disebut juga bunga bakung, yang termasuk dalam keluarga true lily atau Lilium, dan daylili, yang termasuk dalam keluarga Hemerocallis, berbahaya bagi kucing.

Seluruh tanaman-batang, daun, bunga, serbuk sari, dan air di dalam vas- beracun bagi kucing dan diketahui dapat menyebabkan gagal ginjal dalam waktu tiga hari.

Sebaiknya hindari tanaman yang memiliki kata "lili" dalam namanya; sebagian besar tanaman ini berbahaya hingga mematikan bagi kucing di rumah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

2. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang banyak di tanam di rumah berkat kemudahan perawatannya.

Lidah buaya memiliki ciri khas daun tebal seperti sukulen dengan ujung bergerigi yang tumbuh ke atas dari pangkal seperti mawar.

Namun, lidah buaya dapat beracun bagi kucing jika tertelan.

 

3 dari 10 halaman

3. Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa adalah salah satu tanaman hias tropis paling trendi yang ditampilkan secara luas di media sosial dan dekorasi rumah berkat dedaunan tropisnya yang menakjubkan.

Disebut juga sebagai Swiss cheese plants atau split-leaf philodendron, monstera relatif rendah perawatannya, menjadikannya tambahan yang menarik untuk rumah mana pun.

Sayangnya, Monstera deliciosa mengandung kalsium oksalat yang tidak dapat larut sehingga sangat beracun bagi kucing.

4 dari 10 halaman

4. Sirih Gading

Karena sifatnya yang rendah perawatan, sirih gading adalah tanaman hias yang menarik bagi pemilik tanaman amatir dan berpengalaman.

Tirai yang indah dan kemudahan perawatan menjadikannya tambahan yang indah untuk rumah Anda, terutama ketika mencoba untuk merapikan dekorasi rumah Anda dengan anggaran terbatas.

Meskipun sirih gading sepenuhnya aman untuk disentuh, namun tanaman ini dapat beracun bagi kucing.

5 dari 10 halaman

5. Lidah Mertua

Lidah mertua terkenal sebagai salah satu tanaman terbaik untuk kondisi cahaya rendah dan meningkatkan kualitas udara-menjadikannya tanaman hias yang sangat umum.

Meskipun lidah mertua tidak beracun bagi manusia, American Society for the Prevention of Cruelty to Animals melaporkan bahwa, tanaman lidah mertua ini beracun bagi kucing dan anjing jika tertelan.

6 dari 10 halaman

6. Pakis Haji

Pakis haji menambahkan sentuhan tropis di rumah Anda dan dapat melakukan keajaiban untuk kualitas udara dalam ruangan.

Strukturnya yang unik membuat mereka menjadi titik pembicaraan yang bagus dan aksen yang indah.

Namun, tanaman ini memiliki mekanisme pertahanan kuno, mereka sangat beracun bagi anabul kita. Jika Anda memiliki kucing di rumah, Anda harus menghindarinya dengan segala cara.

 

7 dari 10 halaman

7. English Ivy

English ivy atau biasa disebut daun ivy ini memiliki daun kecil dan runcing dan membuat tampilan yang halus. Berkat uraiannya yang cantik, tanaman ini populer sebagai tanaman hias yang ditanam di pekebun gantung.

Uraiannya ini bisa menarik perhatian kucing dan tampak seperti camilan yang menarik bagi kucing yang penasaran, yang bisa sangat berbahaya saat tertelan.

8 dari 10 halaman

8. Dieffenbachia

Dieffenbachia biasa dikenal daun bahagia atau bunga bahagia, adalah tanaman hias yang populer berkat dedaunan tropisnya yang menakjubkan dan kebutuhan perawatan yang rendah.

Ketika tumbuh dalam kondisi yang tepat, tanaman ini bervariasi dari tinggi tiga kaki hingga lebih dari sepuluh kaki. Sayangnya, tanaman ini sangat beracun bagi manusia dan juga kucing ketika tertelan.

 

9 dari 10 halaman

9. Oleander

Biasa disebut jericho rose atau rose laurel, bungs oleander berasal dari Asia selatan dan Mediterania. Semua bagian tanaman yang indah ini beracun bagi kucing.

Bunga oleander memiliki glikosida jantung yang dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan, fungsi jantung yang abnormal, hipotermia, atau kematian.

 

10 dari 10 halaman

10. Tulip

Tulip termasuk dalam keluarga bunga bakung dan beracun bagi kucing. Seluruh tanaman beracun dengan senyawa alkaloid dan glikosida.

Reaksi yang ditimbulkan meliputi muntah-muntah, depresi, diare, dan air liur berlebih. Toksisitas yang parah dapat menyebabkan kejang-kejang hingga kelainan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.