Sukses

Cinta atau Nafsu, Kenali Bedanya Sebelum Jalin Hubungan Asmara

Terkadang kita susah membedakan apakah seseorang yang mendekati kita itu hanya sebatas mencari kepuasan nafsu atau betul-betul cinta? Itulah sebabnya, kamu perlu kenali perbedaannya sebelum menjalin dalam hubungan asmara.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tahu bagaimana rasanya saat jantung berdetak saat bersama dengan seseorang yang dikagumi, atau merasa disayang oleh lawan jenis. Itulah yang menjadi titik fokus kalian dalam sebuah hubungan.

Namun, apakah perasaan itu sekadar nafsu atau cinta yang menggairahkan kalian? Bagaimana kalian bisa membedakannya? Sebagai permulaan, ada banyak cara di mana cinta dan nafsu bisa tumpang tindih.

Nafsu bisa terasa sangat mirip dengan cinta, terutama di awal hubungan ketika energi hubungan asmara baru selalu menggebu-gebu. Namun, perasaan nafsu dan cinta juga memiliki banyak kualitas yang membedakan keduanya.

Menurut beberapa ahli, sebagaimana dilansir Cosmopolitan, pada Kamis (17/11/2022), nafsu didorong oleh keinginan untuk kepuasan seksual, dan biasanya muncul sebagai dorongan yang kuat untuk mencapainya.

Karena intensitas itulah yang membuat orang bingung untuk membedakan nafsu dari cinta. Nafsu mendorong tubuh kita untuk menghasilkan lebih banyak hormon testosteron, jadi ketika kita berada di sekitar orang ini, kita merasa berenergi dan sangat terangsang secara fisik.

Berbeda dengan nafsu, sederhananya, cinta mencerminkan keterikatan emosional dalam hubungan romantis, meskipun mencakup ketertarikan seksual, namun tidak didefinisikan seperti nafsu.

Biasanya orang yang benar-benar jatuh cinta akan menghabiskan waktu untuk mengenal satu sama lain dengan melakukan hal-hal bersama.

Sementara itu, ketika setiap pertemuan berubah menjadi aktivitas seksual, kemungkinan besar itu adalah nafsu dan bukan cinta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Nafsu Lebih Kuat dari Cinta?

Keduanya tidak sebanding. Nafsu ditentukan oleh intensitas, tetapi cinta dapat muncul dengan kekuatan yang luar biasa dengan cara yang sama sekali berbeda.

Biasanya cinta yang tergila-gila lebih kuat dari sekedar nafsu. Dan kegilaan itu adalah salah satu emosi terkuat yang bisa dirasakan manusia. Itu adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

Seiring berjalannya waktu secara bersamaan, cinta menunjukkan kekuatannya. Kemudian, nafsu akan memudar seiring waktu dan seiring bertambahnya usia, sedangkan cinta idealnya semakin kuat seiring berjalannya waktu.

Lantas, apakah nafsu bisa berubah jadi cinta? Menurut para ahli, nafsu bisa bertahan antara tiga bulan hingga dua tahun sebelum otak kita tidak bisa lagi menangani intensitasnya. 

Selama periode inilah cinta berbasis keterikatan memiliki ruang untuk berkembang, dan jika sudah meningkat, itu akan mengambil alih sebagai bentuk cinta yang sesungguhnya terhadap pasangan.

Cepat atau lambatnya, itu tergantung dari seberapa sering kalian menghabiskan waktu bersama.

3 dari 4 halaman

Cara Tahu Apa Pasangan Cinta atau Hanya Nafsu?

Mengetahui apakah kita sekadar mengalami nafsu yang bergairah atau merasakan cinta terhadap seseorang penting bagi kedua belah pihak. Salah satu cara mengetahuinya dengan berkomunikasi secara terbuka. 

Hal tersebut mungkin akan membantu kalian untuk memulai percakapan dan membahas apa yang kalian inginkan dan bagaimana kalian ingin melihat kemajuan hubungan terlebih dahulu.

Kemudian bebaskan pasangan kalian merespon dengan opininya, sehingga mereka tidak merasa bingung atau disergap ke dalam pertanyaan "kita ini apa?"

Terlepas dari jawabannya, memiliki percakapan terbuka, tidak akan meninggalkan interpretasi apa pun. Bahkan, jika jawaban mereka mengecewakan, entah karena ternyata mereka hanya ingin melampiaskan nafsu atau menginginkan komitmen yang lebih sedikit atau lebih banyak daripada kalian. 

Jawaban itu memberi kita kesempatan untuk mengatur ulang atau mengakhiri hubungan, jika kedua belah pihak tidak memiliki jalan tengah untuk hubungan yang lebih baik. 

4 dari 4 halaman

3 Zodiak yang Punya Nafsu Lebih Besar daripada Cinta

1. Aries

Kebanyakan orang dengan zodiak Aries ini disebut-sebut mudah untuk terangsang. Mereka sangat menginginkan melakukan kontak fisik dengan pasangannya.

Dari 12 zodiak yang ada, Aries adalah zodiak nomor satu untuk urusan jatuh dalam nafsu yang paling dalam. Kalian harus dalam kondisi yang baik untuk bisa terus bersamanya. 

2. Libra

Nafsu adalah apa yang membuat Libra berapi-api. Bagi mereka, keintiman adalah sesuatu yang selalu mereka pikirkan.

Kaum Libra benar-benar merasa baik-baik saja dengan nafsu yang mereka miliki, sehingga Libra tak pernah merasa kesepian.

Mereka jatuh dalam nafsu, dan jika mereka tak punya pasangan, itu bukan masalah masalah besar. Justru mereka akan mengatur strategi kencan dan menemukan satu yang tepat untuk menjadi pasangannya.

3. Scorpio

Secara otomatis, banyak orang menganggap Scorpio adalah zodiak paling nafsuan, tetapi kenyataannya mereka terinspirasi untuk mendapatkan nafsu dari orang lain.

Ketika mereka jatuh dalam nafsu, mereka tidak akan membuat seseorang terintimidasi. Faktanya, pasangannya akan 'kalah' ketika mereka sedang on fire.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.