Sukses

Bantu Hilangkan Lemak Perut, 4 Minuman Ini Bisa Diminum di Pagi Hari

Berikut empat minuman yang cocok diminum pada pagi hari untuk hilangkan lemak perut.

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan bisa menjadi perjalanan yang sulit, tetapi menurunkan berat badan di sekitar area perut bisa jadi lebih menantang.

Karena sebagian besar lemak yang kalian lihat di area perut adalah lemak visceral, yaitu lemak berbahaya yang berada di sekitar organ tubuh kalian, maka tidak ada cara untuk menargetkan area ini hanya dengan satu jenis latihan atau satu jenis makanan.

Ini berarti bahwa hanya dengan meningkatkan jumlah sit-up yang kalian lakukan setiap hari tidak akan cukup dengan sendirinya.

Sebaliknya, menargetkan lemak perut berarti membuat perubahan pola makan dan olahraga yang tahan lama yang secara berkelanjutan dapat membantu kalian mengecilkan lemak di sekitar perut kalian.

Beberapa perubahan ini termasuk meningkatkan asupan protein, menurunkan konsumsi gula dan alkohol, dan menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan sehari-hari.

Satu tempat untuk memulai perubahan ini adalah dalam rutinitas pagi yang kalian lakukan.

Mengonsumsi minuman sehat bisa menjadi salah satu alternatif yang kalian lakukan untuk menghilangkan lipatan-lipatan lemak pada area perut yang dapat mengganggu penampilan.

Selain memiliki manfaat, beberapa minuman ini juga mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tidak sulit untuk dicari.

Mengutip dari laman Eat This Not That, Senin (14/11/2022) Berikut empat minuman yang cocok diminum pada pagi hari untuk hilangkan lemak perut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Air Lemon

Selalu merupakan ide yang baik untuk memulai hari Anda dengan segelas air sehingga kalianapat terhidrasi kembali setelah tidur malam.

Menambahkan lemon ke dalam secangkir air pagi kalian adalah cara yang bagus untuk mendukung upaya penurunan berat badan dan penurunan lemak perut.

Meskipun penelitian terbatas pada manfaat air lemon dibandingkan air biasa, minum air lemon bisa menjadi cara yang enak untuk mengonsumsi lebih banyak air secara umum, yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan yang sehat.

Pertama, minum air sebelum makan dapat membantu kalian merasa lebih kenyang dan mungkin mengonsumsi lebih sedikit kalori saat sarapan.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi sekitar dua cangkir air sebelum sarapan membantu partisipan mengonsumsi sekitar 13% lebih sedikit kalori selama makan mereka.

Minum banyak air juga diketahui dapat membantu kalian mempertahankan metabolisme yang sehat, yang pada akhirnya dapat membantu penurunan dan pengelolaan berat badan.

Satu studi menunjukkan bahwa air dapat membantu meningkatkan thermogenesis, yaitu proses yang membakar kalori.

Jadi, jika kalian membutuhkan sedikit motivasi untuk tetap terhidrasi di pagi hari, menambahkan lemon ke dalam air dapat membantu.

3 dari 5 halaman

2. Kopi dengan Sedikit Gula

Memesan kopi adalah cara yang menyenangkan untuk memanjakan diri, tetapi kalian mungkin ingin membatasi berapa banyak minuman kopi bergula yang kalian konsumsi jika tujuannya adalah untuk menghilangkan lemak perut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan dapat menyebabkan lebih banyak jaringan lemak di sekitar perut.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa meminum gula tambahan secara khusus dapat menyebabkan risiko lemak perut yang lebih besar.

Salah satu alasan utama untuk hal ini adalah bahwa minuman berpemanis sering kali mengandung lebih banyak gula tambahan dalam satu porsi daripada yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sepanjang hari.

Misalnya, Pedoman Diet untuk Amerika merekomendasikan tidak lebih dari 10% kalori harian kalian dari gula tambahan yang akan menjadi sekitar 200 kalori untuk diet 2.000 kalori,

Dan Kopi Latte memiliki 50 gram gula, yaitu sekitar 200 kalori dari gula hanya dalam satu minuman.

4 dari 5 halaman

3. Smoothie Oats

Tips bermanfaat lainnya untuk kebiasaan minum pagi hari kalian adalah menambahkan beberapa gandum atau oats ke smoothie favorit Anda.

Oats menambahkan serat ekstra dan curah ke smoothie kalian yang meningkatkan faktor mengenyangkan smoothie dan dapat membantu mencegah makan berlebihan di antara waktu makan.

Oats mengandung serat larut yang tinggi, yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi risiko lemak perut dengan menurunkan nafsu makan dan meningkatkan keanekaragaman bakteri baik di usus kalian.

Oats terbaik untuk digunakan adalah oat instan, karena akan lebih mudah diblender untuk mencegah tekstur menggumpal atau pasir.

5 dari 5 halaman

4. Protein Shake

Makan makanan berprotein tinggi dapat membantu penurunan berat badan dengan membantu menjaga metabolisme dan mengurangi nafsu makan, dan juga telah dikaitkan dengan pengurangan lemak visceral secara khusus.

Satu studi terhadap sekitar 200 peserta yang dianggap "kelebihan berat badan" menemukan bahwa diet tinggi protein (sekitar 27% kalori harian berasal dari protein) menyebabkan hilangnya lemak perut lebih banyak daripada diet protein standar (16% kalori harian).

Sayangnya, memenuhi jumlah protein harian yang direkomendasikan (0,8 gram per kilogram berat badan) bisa jadi sulit, apalagi mendapatkan cukup protein untuk diet "tinggi protein".

Menentukan berapa banyak protein yang kalian perlukan untuk diet tinggi protein tergantung pada kebutuhan spesifik dan tujuan kesehatan.

Tetapi jika kalian tahu bahwa kalian dapat menggunakan lebih banyak protein secara umum, melengkapi protein dengan protein shake di pagi hari, baik yang dibeli di toko atau buatan sendiri mungkin bermanfaat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.