Sukses

Bisa Bantu Pola Hidup Jadi Lebih Sehat, Yuk Simak 5 Manfaat Self Healing

Berikut adalah manfaat dari self healing yang perlu kalian tahu.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin kalian sudah tak asing atau pernah mendengar kata self healing. Hal ini diketahui sebagai proses penyembuhan luka mental dan batin agar orang berdamai dengan diri sendiri atau masa lalunya yang tak mengenakan.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi tubuh Anda memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Faktanya, ini adalah salah satu fungsi tubuh yang paling penting.

Mengutip Talented Ladies Club, Rabu (16/11/2022), tubuh kita mengandung sekitar 30-40 triliun sel, yang semuanya bekerja tanpa lelah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan memperbaiki kerusakan apapun.

Tubuh juga mampu menjaga kondisi mental yang sempat terpuruk di samping gangguan fisik yang kerap kali membuat orang tidak berdaya. Tubuh secara alami akan mencoba mempertahankan diri Anda dari bakteri, virus, dan racun yang mungkin berbahaya.

Bahkan memiliki kemampuan untuk pulih dari jatuh, cedera, patah tulang, dan lainnya. Ketika kita sakit, stres atau menyalahgunakan tubuh kita, sejumlah sel-sel ini dapat rusak atau hancur, sehingga memengaruhi kemampuan kita untuk melindungi dan menyembuhkan.

Namun, dengan perubahan yang tepat dalam hidup Anda, tubuh Anda memiliki kemampuan untuk menyembuhkan atau mengganti sel-sel yang mati untuk memastikan bahwa semua fungsi tubuh lainnya berjalan pada tingkat optimal.

Self healing dapat dilakukan dengan proses yang sederhana, ketika Anda menyelaraskan diri dengan energi tubuh, Anda benar-benar dapat mengubah hidup Anda secara fisik, mental, emosional, dan spiritual. Apabila self healing dilakukan, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan sebagai berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bantu Kendalikan Pikiran dan Emosi

Self healing berfungsi untuk memberi kita lebih banyak kendali atas pikiran dan emosi kita. Mengontrol pikiran dan emosi adalah bagian penting dari proses penyembuhan apapun pasalnya tindakan, pikiran, dan perasaan kita semuanya terhubung.

Tindakan kita ditentukan oleh pikiran kita. Emosi kita, jika dibiarkan terpendam, dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Semua hal ini pada akhirnya akan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh kita, yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.

Memendam emosi negatif hanya dapat menyebabkan efek negatif dan pada akhirnya menyebabkan lebih banyak stres dan kecemasan. Jadi, bagian penting dan mendasar dari proses penyembuhan diri adalah belajar bagaimana mengendalikan pikiran dan emosi Anda.

Jika Anda ingin menikmati kesehatan yang optimal, maka Anda perlu belajar bagaimana melepaskan semua pikiran dan emosi negatif, apakah itu disebabkan oleh penyakit, trauma, pekerjaan, tekanan, atau gaya hidup yang penuh tekanan.

Gantikan pikiran dan perasaan negatif dengan perasaan pemberdayaan yang positif, latihlah rasa syukur dan fokuslah pada hal-hal dalam hidup Anda yang Anda inginkan lebih banyak, dan Anda akan mulai merasa lebih baik secara emosional dan fisik.

 

3 dari 6 halaman

2. Bantu Pola Hidup Sehat

Mempelajari cara melakukan self healing secara alami atau cara memulai self healing tidaklah sulit. Faktanya, penyembuhan diri bukanlah semacam proses mistis yang sulit untuk dipahami.

Proses penyembuhan diri sendiri memerlukan penyesuaian sederhana pada gaya hidup Anda. Ini termasuk mengadopsi pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, berlatih yoga atau meditasi, mempraktikkan teknik pernapasan, mempertajam pikiran dan indra Anda, tidur lebih teratur, dan mengurangi stres dan kecemasan.

Banyak dari teknik ini telah dikembangkan atau diadaptasi untuk membantu mengatasi masalah yang memengaruhi kehidupan Anda, dan akibatnya menyebabkan masalah pada pikiran dan tubuh Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Bantu Bersihkan Tubuh

Makan makanan sehat, minum air putih yang cukup, banyak beristirahat, dan mengurangi stres merupakan bagian dari self healing. Cara-cara tersebut mendorong pembersihan diri dan tubuh dapat dibersihkan dengan segera setelah proses self healing dimulai. Saat kotoran dihilangkan, tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri yang memungkinkan orang untuk beraktivitas secara lebih sehat dan kuat.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Bantu Hemat Biaya Medis

Penting untuk dicatat bahwa, self healing menggunakan metode penyembuhan diri yang tidak memerlukan biaya mahal dan tidak memerlukan usaha yang cukup sulit. Self healing sebenarnya mampu mengurangi ketergantungan orang pada obat-obatan saat merawat tubuh Anda.

Cukup dengan mengadopsi kebiasaan hidup yang lebih baik dan pola pikir yang tangguh dan sehat dapat menghemat uang Anda untuk biaya medis dan waktu yang dihabiskan untuk mengunjungi dokter.

Hal ini bukan berarti metode untuk pergi ke dokter dan obat-obatan farmasi tidak perlu dilakukan, atau Anda tidak boleh berkonsultasi atau meminumnya. Tetapi menambahkan self healing memungkinkan proses penyembuhan yang lebih cepat dan lebih sukses.

 

6 dari 6 halaman

5. Terhubung dengan Orang Lain

Manusia memiliki kebutuhan untuk terhubung dengan orang-orang yang mereka sayangi, itulah sebabnya mengapa self healing menjadi sangat populer, karena bagian dari proses penyembuhan diri adalah untuk lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda.

Depresi dan kecemasan yang disebabkan oleh perasaan kesepian memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk sembuh. Dengan menghabiskan waktu bersama orang lain, Anda dapat merasa lebih berguna, diperhatikan, dicintai dan dibutuhkan, yang membuat Anda merasa bahwa hidup Anda memiliki tujuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.