Sukses

Jumlah Populasi Dunia Ada 8 Miliar Orang, Dunia Akan Berubah Drastis dalam Waktu 20 Tahun Lagi

Hari ini, Selasa (15/11/2022), diperkirakan orang ke-8 miliar akan lahir.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Selasa (15/11/2022), diperkirakan orang ke-8 miliar akan lahir.

Populasi dunia mencapai 7 miliar orang pada 2011. Sebelumnya, ada 6 miliar orang pada 1999, 5 miliar orang pada 1987, 4 miliar orang pada 1974, 3 miliar orang pada 1960 dan 2 miliar orang pada 1927 dan kita mencapai 1 miliar orang pada 1804.

Mungkin ada 230 juta dari kita manusia di Bumi sekitar waktu kematian Cleopatra, ketika peradaban Mesir kuno berakhir. 

Populasi telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada masa Renaissance di tahun 1500 dan meningkat dua kali lipat lagi pada 1805 ketika peradaban Mesir kuno ditemukan kembali dengan bantuan Batu Rosetta. 

Ini semua adalah perkiraan yang cukup kasar - kita tidak memiliki sensus yang komprehensif pada Abad Pertengahan. 

Angka 2 miliar tercapai tepat sebelum Depresi Besar pada 1925, dan hanya butuh waktu 35 tahun dari sana untuk mencapai miliar ketiga. 

Mengutip The Guardian, Selasa (15/11/2022), sejak itu, populasi telah meningkat satu miliar lagi setiap 10 hingga 15 tahun. 

Populasi global hari ini mencapai tonggak sejarah dan beberapa analis mengungkapkan kekhawatirannya karena bertambahnya populasi seraya dengan bumi yang menua. Ketidaksetaraan makin tinggi, krisis iklim makin parah, konflik makin luas yang menyebabkan migrasi tinggi. 

"Ini adalah transformasi mendasar tentang seperti apa masyarakat itu," kata Elin Charles-Edwards dari University of Queensland. 

"Kita telah melalui periode yang cukup luar biasa pada abad ke-20 hingga abad ke-21, di mana kita telah beralih dari rezim demografis dengan banyak anak-anak dan orang-orang yang meninggal pada usia muda ke periode pertumbuhan yang sangat cepat."

Lalu, apa yang sebenarnya akan kita hadapi saat jumlah populasi dunia mencapai 8 miliar ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penambahan Populasi Masa Depan

Dunia kemungkinan akan memiliki beberapa miliar mulut lagi untuk diberi makan hanya dalam beberapa dekade kedepan.

Proyeksi terbaru PBB, yang dirilis awal tahun ini, menunjukkan bahwa dunia akan menampung sekitar 9,7 miliar manusia pada  2050.

"Proyeksi demografis sangat akurat, dan ini berkaitan dengan fakta bahwa sebagian besar orang yang akan hidup untuk 30 tahun mendatang telah lahir," kata direktur divisi populasi PBB, John Willmoth.

Di bawah skenario yang paling mungkin, PBB memproyeksikan populasi dunia akan mencapai sekitar 10,4 miliar pada tahun 2080-an.  

Dari sana, populasi dunia akan berada di dataran tinggi selama beberapa dekade, sebelum jatuh sekitar pergantian abad ke-22. 

Menurut PBB, ada delapan negara yang diproyeksikan bertanggung jawab atas lebih dari setengah pertambahan populasi dunia di 2050. 

Salah satunya adalah India, yang akan menyalip China sebagai negara terpadat di dunia tahun depan. 

Pakistan dan Filipina juga masuk dalam daftar, dan lima sisanya semuanya berada di Afrika, yaitu Nigeria, Tanzania, Etiopia, Republik Demokratik Kongo, dan Mesir. 

Afrika Sub-Sahara, khususnya, tumbuh dengan cepat.

3 dari 6 halaman

Kelahiran Menurun

Ada model pertumbuhan populasi internasional lainnya yang diterbitkan oleh kelompok penelitian data kesehatan IHME, yang memperkirakan puncak populasi lebih awal dan penurunan yang lebih cepat.

"Alasan utama kami memperkirakan populasi global yang berbeda pada sepertiga terakhir abad ini berasal dari bagaimana kami memodelkan kesuburan," kata manajer penelitian senior Amanda Smith.

"Model kami menunjukkan bahwa kami memperkirakan kelahiran akan terus menurun hingga akhir abad ini di banyak negara, dan itu berkontribusi pada penurunan populasi global yang lebih besar dan lebih cepat daripada proyeksi PBB."

"Kita sekarang telah mencapai puncak anak," kata Dr Charles-Edwards. "Tidak akan pernah ada lebih banyak anak yang hidup di Bumi daripada yang ada saat ini."

Fertilitas mencapai puncaknya pada 1950-an ketika wanita, rata-rata, memiliki setidaknya lima anak.

Jumlah itu bervariasi secara dramatis antar wilayah di dunia.

Tetapi sejak itu, tingkat kelahiran telah turun secara signifikan. Bahkan, di beberapa bagian dunia, termasuk Australia, Eropa, Amerika Utara, dan beberapa bagian Asia, tingkat kelahiran sudah berada di bawah angka tersebut

Tingkat kelahiranyang berbeda di seluruh wilayah berarti bahwa penurunan populasi akan terlihat di beberapa wilayah sebelum wilayah lainnya.

4 dari 6 halaman

Dunia Dipenuhi Lansia

Director of the UN’s Population Division, John Willmoth mengatakan bahwa tantangan demografis masa depan dapat mengubah banyak hal. 

"Jika Anda ingin memikirkan tantangan demografis di masa depan, saya pikir menuanya populasi mungkin nomor satu dalam hal orang perlu mengubah cara mereka beraktivitas, harapan mereka, pemerintah perlu mengubah sistem publik yang mendukung populasi yang lebih tua," kata Willmoth.

Beberapa konsekuensinya relatif jelas, seperti permintaan yang lebih besar untuk layanan kesehatan dan perawatan lansia.

Amanda Smith dari IHME mengatakan sebagai bagian dari itu kita harus mengantisipasi perubahan ke arah peningkatan beban penyakit yang berasal dari penyakit tidak menular, dan bahwa di banyak negara pandemi COVID-19 telah memperlihatkan kekurangan yang perlu diatasi.

Beberapa analis juga mengatakan bahwa basis pajak kita harus mendukung lebih banyak orang.

Negara-negara dengan skema pensiun lanjut usia yang didanai pemerintah akan menyaksikan biaya kesejahteraan naik, dan kemudian ada masalah ketersediaan pekerja.

Kita akan memiliki semakin banyak negara di mana ada lebih banyak orang tua daripada anak-anak muda. Hal tersebut akan membentuk pemerintahan, cara mengelola keuangan, dan beberapa hal dalam budaya.

Keluarga semakin kecil, dan pengurangan ukuran rumah untuk lansia sudah menjadi agenda di banyak negara yang semakin menua, termasuk Australia.

5 dari 6 halaman

Perubahan Budaya

Bukan hanya susunan masyarakat kita yang akan dibentuk ulang, tetapi tata kota kita dan cara kita bergerak di sekitarnya. 

Ini juga akan mengubah tempat kerja. Dengan lebih sedikit pekerja yang tersedia dan lebih banyak perawat yang diperlukan untuk merawat kelompok yang menua, perusahaan mungkin harus melihat otomatisasi, kecerdasan buatan, dan robotika untuk membantu mengisi kekosongan.

Pengusaha dan pakar kecerdasan buatan, Vaibhav Namburi mengatakan, tempat kerja mungkin terlihat sangat berbeda dengan meningkatnya penggunaan otomatisasi.

"Saya pikir dalam 10, 20, atau 30 tahun ke depan kita akan melihat banyak pekerjaan 'biasa' atau pekerjaan yang berulang-ulang dihapuskan, dan orang-orang itu [akan] dilatih ulang untuk difokuskan pada keterampilan tingkat atas," katanya.

Jadi mungkin kita semua akan bekerja lebih cerdas, tetapi apakah kita juga akan bekerja lebih keras? Bagaimanapun, selama pandemi, pekerjaan jarak jauh telah menyebabkan banyak dari kita bekerja lebih lama.

"Hal itu sebenarnya berlawanan dengan apa yang seharusnya dihasilkan oleh gaya hidup kerja jarak jauh yang fleksibel," kata Namburi.

"Saya berharap bahwa seratus tahun ke depan lebih fokus pada aspek kesehatan mental dari keseimbangan kehidupan kerja kita," jelas dia.

6 dari 6 halaman

Alarisme Populasi

Satu hal mengkhawatirkan lainnya adalah terkait dengan alarisme populasi. 

Dunia tidak boleh terlibat dalam "alarmisme populasi" karena jumlah orang yang hidup di Bumi mendekati 8 miliar, kata seorang pejabat senior PBB.

Dr Natalia Kanem, direktur eksekutif Dana Kependudukan PBB (UNFPA), meminta negara-negara untuk tidak panik, tetapi sebaliknya fokus untuk membantu wanita, anak-anak, dan orang-orang yang terpinggirkan yang paling rentan terhadap perubahan demografis.

Kanem mengatakan bahwa jika pemerintah berfokus pada angka saja, mereka berisiko memberlakukan kontrol populasi yang terbukti oleh sejarah "tidak efektif dan bahkan berbahaya".

"Dari kampanye sterilisasi paksa hingga pembatasan keluarga berencana dan kontrasepsi, kita masih memperhitungkan dampak jangka panjang dari kebijakan yang dimaksudkan untuk membalikkan, atau dalam beberapa kasus untuk meningkatkan laju pertumbuhan penduduk," katanya.

Sebagai akibat dari penurunan angka kelahiran, laju pertumbuhan penduduk di seluruh dunia tercatat lebih dari 2 persen per tahun pada akhir 1960-an, dan kini telah turun di bawah 1 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.