Sukses

6 Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja dari Rumah, Wajib Dicoba

Simak tips berikut ini yang bisa membuat kamu produktif saat bekerja di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat budaya bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home) menjadi tren, dan diterapkan di hampir seluruh prospek pekerjaan.

Mungkin hal ini akan menjadi budaya yang akan diterapkan oleh beberapa perusahaan atau pekerjaan di masa datang. Bekerja di rumah dengan bekerja di kantor (tempat kerja), pasti akan sangat berbeda, dari suasana, lingkungan dan tingkat kefokusan. 

Melansir dari Timedoctor, Senin (14/11/2022), ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat WFH agar kamu bisa bekerja dengan produktif di rumah. 

Namun, sebelum membahas mengenai tips WFH di rumah, perlu kamu ketahui, ada beberapa tantangan yang mungkin akan kamu hadapi saat bekerja dari rumah, di antaranya:

  • Risiko Kerja Berlebihan

Lingkungan kantor biasanya memiliki aturan kerja tetap, hal ini biasanya gagal saat kamu terapkan di rumah. 

  • Lebih Banyak Gangguan 

Kantor dirancang untuk membantu orang, agar tetap produktif dan minim gangguan, tidak seperti di rumah. 

  • Perasaan Terisolasi 

Banyak dari kita yang berkembang dalam lingkungan sosial, dan mungkin tidak menerima jika kurangnya keterlibatan langsung saat bekerja dan berhubungan sosial, seperti saat bekerja jarak jauh. 

Setelah mengetahui ketiga risiko itu, simak enam tips manajemen waktu yang akan membantu kamu mengatasi tantangan ini. 

1. Membuat Ruang Kerja Khusus

Tips manajemen waktu yang efektif adalah dengan menunjukkan ruang kerja terpisah di rumah kamu. Ruang kerja khusus, sangat memudahkan kamu untuk fokus dan beralih ke mode kerja. Hal ini juga membuat kamu merasa seperti berada di kantor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangun Rutinitas

2. Membangun Rutinitas

Membangun rutinitas kerja yang konsisten, membantu kamu mengembangkan kebiasaan sehat dan mengendalikan waktu. Rutinitas sederhana namun bisa sangat efektif adalah bangun dan berada di meja kerja pada waktu yang tetap setiap pagi. 

Mengganti baju, menjadi baju yang formal layaknya kamu pergi ke kantor juga bisa menambah perasaan dan membangun suasana kamu berada di kantor. 

3 dari 4 halaman

Priritaskan Tugas dan Membuat Batasan

3. Prioritaskan Tugas dan Buat Jadwal

Membuat jadwal harian adalah praktik manajemen waktu yang penting. Ada beberapa teknik populer yang bisa kamu gunakan untuk membuat jadwal dan memprioritaskan tugas.

Seperti menggunakan metriks Elsenhower atau prinsip pareto. Prinsip ini adalah alat manajemen tugas, yang mengatur berdasarkan urgensi dan kepentingan. 

4. Tentukan Batasan  

Saat kamu bekerja di rumah, mungkin kamu akan tergoda untuk melakukan sesuatu berdasarkan cara yang lebih santai, seperti rapat sambil tiduran dan sebagainya. Inilah yang menjadikan kamu harus memiliki batasan. Batasi diri kamu saat sedang WFH dengan aturan dan membiasakan disiplin diri, layaknya di kantor dan layaknya sedang diawasi oleh bos. 

4 dari 4 halaman

Kelola Energi dan Selalu Terhubung dengan Tim

5. Kelola Energi 

Maksimalkan energi kamu pada saat jam kerja. Jangan sampai kamu menggunakan energi kamu untuk melakukan aktivitas di luar pekerjaan yang harus kamu lakukan. Hal ini agar kamu bisa maksimal melakukan ativitas kantor kamu sampai jam kerja kamu berakhir. 

6. Selalu Terhubung dengan Tim 

Selalu terhubung dengan tim kerja, bisa membuat kamu, lebih memanfaatkan waktu di saat jam kerja. Kamu juga kan termotivasi untuk produktif selama waktu bekerja. Kordinasi dengan tim, membuat kamu merasakan suasan kesibukan seperti berada di kantor. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.