Sukses

6 Sosok dari Industri Teknologi yang Jadi Pembicara B20 Summit di KTT G20

B20 Summit, salah satu rangkaian acara dalam KTT G20, turut digelar di Bali. B20 merupakan forum dialog resmi untuk menuangkan pandangan dari komunitas bisnis internasional tentang permasalahan saat ini. Berikut 6 sosok dari industri teknologi yang menghadiri B20 Summit di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - B20 Summit menjadi salah satu agenda yang digelar dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi/ KTT G20 di Bali.

B20 merupakan forum dialog resmi untuk menuangkan pandangan dari komunitas bisnis internasional tentang permasalahan saat ini dan komitmen dari komunitas bisnis terkait permasalahan tersebut. B20 lebih umum menjadi forum dialog antara komunitas bisnis global.

B20 Summit dijadwalkan menghadirkan beberapa pengusaha-pengusaha terkenal yang membahas tentang perekonomian global di suatu forum. Agenda B20 Summit yang diorganisir oleh Kadin Indonesia diselenggarakan pada 13-14 November 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center(BNDCC), Bali.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin (14/11/2022), B20 Summit kali ini akan membahas topik tentang ekonomi pemulihan dan pertumbuhan kolaboratif, meningkatkan ekonomi global dengan kemajuan teknologi, serta menempa masa depan yang inklusif dan berkelanjutan melalui pemberdayaan perempuan dan UMKM.

Chair of B20 Indonesia, Shinta Kamdani, mengatakan B20 Summit 2022 di Bali akan dihadiri CEO perusahaan global terkemuka, pemimpin bisnis serta organisasi di negara-negara G20.

Shinta mencatat, akan ada 96 speakers dari 30 negara yang akan dilibatkan dalam B20 Summit. Termasuk CEO Tesla dan pemilik baru Twitter, Elon Musk.

“Dari sektor bisnis global diantaranya Elon Musk CEO Tesla Inc, Daniel Zhang-Chairman of Alibaba Group, Alan Jope CEO Unilever. Selain itu Tony Blair eks Perdana Menteri Inggris, Mari Elka Pangestu Managing Director World Bank, hingga Klaus Schwab-Founder and Executive Chairman of World Economic Forum juga dijadwalkan akan hadir,” ucap Shinta, Jumat (4/11/2022).

Berikut 6 CEO dunia yang bergerak di dunia teknologi yang turut hadir di B20 Summit,  seperti dikatakan Shinta Kamdani dan dikutip dari berbagai sumber. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jeff Bezos (Amazon)

Dikutip dari laman resmi Twitter B20, Jeff Bezos turut hadir dalam konferensi B20 yang membahas perekonomian dunia bersama CEO terkemuka lainnya. 

"Kami sangat senang memiliki salah satu pemimpin bisnis yang paling berpengaruh untuk bergabung dengan kami sebagai pembicara kami di hari kedua B20 Summit Indonesia 2022, 14 November 2022," tulis akun Twitter @b20.

Dilansir Forbes, Senin (14/11/2022) Jeff Bezos merupakan Ketua Eksekutif, Bezos Earth Fund dan Ketua Eksekutif dari Amazon. 

Bezos telah menyumbangkan saham senilai lebih dari USD 400 juta kepada organisasi nirlaba pada tahun 2022, meskipun tidak jelas organisasi mana yang menerima donasi tersebut

Selain itu, Bezos juga merupakan pemilik The Washington Post dan Blue Origin, sebuah perusahaan kedirgantaraan yang mengembangkan roket. Pengusaha berkepala plontos ini juga sempat terbang ke luar angkasa dengan roket pada Juli 2021.

2. Zeng Yuqun/Robin Zeng (CATL)

B20 Summit juga akan menghadirkan Zeng Yuqun, yaitu Ketua dan Pendiri CATL (Contemporary Amperex Technology). Perusahaan ini bergerak dibidang teknologi manufaktur baterai. 

Dilansir Forbes, perusahaannya merupakan pemasok baterai terbesar di dunia untuk kendaraan listrik, seperti produsen mobil BMW, Volkswagen dan Geely.

"Sesi 'Pengelolaan sumber daya berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi'. Zeng Yuqun, Ketua dan Pendiri CATL" dikutip dari laman Twitter akun @b20.

3 dari 4 halaman

3. Changpeng Zhao (Binance Crypto)

Dikutip dari Forbes, Changpeng Zhao yang merupakan CEO Binance juga bakal hadir di B20 Summit yang digelar di Bali. Sekadar informasi, Binance adalah bursa mata uang kripto yang merupakan bursa terbesar di dunia dalam hal volume perdagangan harian mata uang kripto.

Changpeng Zhao akan mengisi sebagai pembicara tentang investasi masa depan, teknologi, dan sumber daya finansial.

"Beberapa hari lagi dari KTT B20, kami dengan senang hati mengumumkan para pemimpin bisnis yang menginspirasi sebagai pembicara B20 Summit Indonesia 2022 dalam sesi berikut ini. Sesi 'Berinvestasi Pada Talenta Masa Depan, Teknologi dan Sumber Daya Finansial' Changpeng Zhao, CEO Binance," dikutip dari akun Twitter akun @b20.

4. Andre Soelistyo (GoTo)

Dikutip dari laman resmi B20, CEO GoTo yakni Andre Soelistyo menjadi salah satu pembicara di agenda forum dialog internasional sesama pebisnis ini. 

Menurut World Economic Forum, Andre Soelistyo adalah CEO dan salah satu pendiri GoTo, GoTo Financial, dan Gojek. Dia telah mengawasi penggalangan dana lebih dari USD 5 miliar untuk grup GoTo, yang menarik investor utama seperti Google, Tencent, Astra, KKR, dan Warburg Pincus.

"Selamat datang, Andre Soelistyo sebagai pembicara untuk B20 Inception Meeting," dikutip dari akun Twitter akun @b20.

 

4 dari 4 halaman

5. Elon Musk (Tesla)

Siapa yang tidak kenal dengan pengusaha yang kontroversial Elon Musk. Menurut Forbes, pria terkaya di dunia ini  ditaksir memiliki kekayaan hingga USD 199 miliar.

Sosok kontroversial ini telah mendirikan enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup terowongan Boring Company.

Selain itu Elon Musk sekarang merupakan pemilik baru jejaring sosial microblogging Twitter. Elon Musk membeli Twitter dengan harga USD 44 miliar belum lama ini. 

Dalam kesempatan B20 Summit, Elon Musk akan menjadi pembicara yang membahas mengenai teknologi masa depan, sesuatu yang selama ini kerap dibahasnya. 

"Dan, dengan senang hati kami mengumumkan para pembicara B20 Summit Indonesia 2022 dalam sesi berikut ini. Sesi "Menavigasi Disrupsi Masa Depan dari Inovasi Teknologi Global" Elon Musk CEO, Tesla Inc," dikutip dari laman Twitter akun @b20.

6. Anthony Tan (Grab)

Anthony Tan selaku CEO, Co-Founder dan Chairman Grab, perusahaan teknologi mobile terkemuka di Asia Tenggara juga menjadi salah satu pembicara di B20 Summit. 

Anthony Tan akan berbicara di B20 Summit tentang memanfaatkan inovasi untuk ekonomi masa depan. "Memanfaatkan kekuatan inovasi untuk pertumbuhan ekonomi masa depan, Anthony Tan," dikutip dari laman Twitter akun @b20.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.