Sukses

Perlu Rehat Sejak, Ini 5 Tanda Wanita Terlalu Keras Bekerja

Berikut adalah 5 tanda bahwa seorang wanita berkerja terlalu lama.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan seorang wanita bagaikan roller-coaster dengan banyaknya pasang surut. Mulai dari menyiapkan anak-anak mereka untuk sekolah hingga membuat makan malam.

Ada begitu banyak hal yang perlu diselesaikan oleh seorang wanita sepanjang harinya. Hal ini membuat kita percaya bahwa para ibu memiliki kekuatan super karena mereka memiliki begitu banyak tugas yang harus mereka selesaikan dari daftar harian mereka.

Selain itu, jam kerja yang panjang di tempat kerja menyebabkan kelelahan dan keletihan. Namun, jika kita berhenti sejenak dan berpikir, kita akan menyadari bahwa banyak tugas yang dilakukan wanita meski harus mengorbankan kesejahteraan dan kesehatan mereka.

Karena banyak wanita menghabiskan waktu untuk mencoba menyeimbangkan komitmen pribadi dan profesional mereka, maka terdapat kebutuhan untuk membantu mereka menjaga diri mereka sendiri.

Itulah sebabnya, mengapa fokus pada kesejahteraan mental dan fisik adalah hal yang sangat penting, karena hal ini akan membantu mencegah kondisi kesehatan yang parah dan meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Jika, sebagai seorang ibu, Anda mengalami salah satu gejala di bawah ini, inilah saatnya Anda memperhatikan rutinitas harian Anda, karena mungkin Anda perlu fokus pada diri Anda sendiri karena kesehatan Anda mungkin telah terabaikan, hal itu akan berdampak negatif pada diri Anda. Melansir Health Shots, Sabtu (12/11/2022), berikut adalah tanda bahwa seorang wanita berkerja terlalu keras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kelelahan

Kelelahan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk melewatkan waktu makan, tidak cukup tidur, tidak minum air putih, dan banyak mengonsumsi makanan olahan.

Selain itu, jika para ibu selalu sibuk dan memiliki jam kerja yang panjang, dia mencurahkan semua energi mereka untuk komitmen profesional dan pribadi mereka sambil mengabaikan nutrisi dan tidur mereka. Kelelahan juga bisa terjadi karena diabetes, penyakit tiroid, atau kekurangan vitamin yang perlu diuji.

2. Masalah Menstruasi

Adalah hal yang umum bagi wanita untuk memiliki masalah dengan menstruasi mereka, termasuk menstruasi yang berat, sedikit, atau terlewat. Selama menstruasi, wanita juga harus menghadapi kram yang parah. Selain itu, wanita yang terkena PCOS berada pada peningkatan risiko obesitas, diabetes mellitus tipe II, penyakit jantung, infertilitas, dan jerawat dalam siklus menstruasi.

3 dari 4 halaman

3. Stres dan depresi

Wanita menghadapi seringkali mengalami stres akibat jam kerja yang panjang dan ketika otak menyadari bahwa ia tidak memiliki energi untuk menangani tuntutan kehidupan sehari-hari, hal ini dapat mengakibatkan banyak kekacauan mental.

Namun, depresi mendadak juga bisa terjadi karena masalah keuangan, masalah hubungan, dan kesehatan yang buruk. Mereka mungkin bisa mendapat manfaat dengan berkonsultasi ke psikiater atau beberapa sesi konseling.

4. Kelemahan

Wanita biasanya menghadapi kelemahan karena kekurangan nutrisi dalam makanan mereka. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah, produktivitas rendah, kurangnya motivasi, dan berkurangnya kinerja kerja, di antara masalah-masalah lainnya, semuanya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Konsultasi kepada ahli mengenai asupan makanan yang tepat akan sangat membantu.

5. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan yang tiba-tiba dapat disebabkan oleh diet, bakteri, infeksi, obat-obatan tertentu, dll. Setiap wanita harus memiliki tiga kali makan yang sehat dan seimbang setiap hari dengan dua camilan kecil, satu di pagi hari dan satu di sore hari sehingga tingkat energi mereka tetap optimal sepanjang hari.

4 dari 4 halaman

Tindakan Pencegahan Terbaik

Mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mencegah kelelahan dan masalah kesehatan akibat jam kerja yang panjang sangat penting untuk mengatasi masalah yang dihadapi wanita dalam kehidupan mereka. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Sangat penting untuk memberdayakan wanita dengan memberikan informasi tentang kesehatan dan kesejahteraan mereka untuk membuat pilihan yang tepat.
  • 'Me time' untuk waktu yang singkat setiap hari sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan stres yang terpendam.
  • Manfaat olahraga meluas ke tubuh dan pikiran kita. Selain itu, endorfin yang dilepaskan selama berolahraga akan membuat orang tersebut merasa lebih bahagia dan tidak terlalu stres.
  • Stres dapat dikelola dengan mencari dukungan dari orang yang dicintai, berolahraga secara teratur, mempraktikkan teknik relaksasi, mengambil jeda waktu, dan mempelajari keterampilan mengatasi stres yang baru.
  • Sangat penting untuk mengunjungi dokter sebulan sekali untuk pemeriksaan dan tes yang diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah ini.
  • Pertahankan jadwal meditasi dan yoga secara teratur.
  • Depresi sering kali dapat disembuhkan dengan berolahraga, mengunjungi ahli kesehatan mental, dan menghabiskan waktu bersama keluarga/teman.
  • Kelemahan dalam tubuh manusia dapat dipantau melalui tes skrining yang biasa disebut sebagai CBC dan urinalisis, jadi jika Anda memiliki gejala, pergilah ke dokter segera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.