Sukses

Waspada, 10 Hal Ini Jadi Tanda Tubuh Anda Kecanduan Gula

Untuk mengetahui apakah Anda kecanduan atau terlalu banyak makan gula, Anda dapat memperhatikan tanda-tandanya sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta Gula dalam segala bentuknya tidak hanya bisa menambah berat badan Anda, tetapi penelitian menunjukkan bahwa gula dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, bahkan gula dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Kecanduan gula bukanlah lelucon, otak dapat mengikat diri sendiri untuk mendambakan gula. Anda akan mengalami gejala ini ketika Anda tidak mendapatkan cukup banyak makanan manis.

"Kecanduan gula adalah fenomena fisiologis yang terukur dan diderita banyak orang," kata Ken Berry, MD, penulis Lies My Doctor Told Me.

"Sangat disayangkan bahwa terlalu banyak dokter dan ahli diet yang menyangkal keberadaannya. Kecanduan gula membuat banyak orang sangat sulit untuk melakukan perbaikan pola makan yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan mereka," tambah Dr. Berry.

Untuk mengetahui apakah Anda kecanduan atau terlalu banyak makan gula, Anda dapat memperhatikan tanda-tandanya sebagai berikut seperti melansir Reader's Digest Sabtu (12/11/2022).

Anda bersembunyi saat memakanya

Beberapa orang dengan kecanduan gula mungkin menyadari bahwa mereka makan terlalu banyak gula, tetapi alih-alih menemukan cara untuk menguranginya, mereka malah menyembunyikannya.

"Membuat alasan atau membuat kesepakatan dengan diri Anda sendiri tentang makanan manis atau makanan penutup adalah tanda pasti dari kecanduan gula," kata Dr. Berry

"Tidak ada orang yang menyembunyikan brokoli di lemari mereka, jika Anda menyembunyikan makanan manis, atau menyelinap untuk memakannya, Anda memiliki kecanduan gula," jelas Dr. Berry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anda Membutuhkan Lebih Banyak Gula untuk Memuaskan Keinginan Anda

Seperti banyak perilaku atau zat adiktif lainnya, toleransi Anda terhadap makanan manis dapat terbentuk seiring waktu.

"Tanda kecanduan gula adalah kebutuhan akan lebih banyak lagi untuk memuaskan keinginan," kata Erin Akey FNC, KNS, seorang ahli gizi dan koki.

"Pada awalnya, satu sendok es krim memang cukup untuk memuaskan keinginan Anda, tetapi ketika Anda semakin kecanduan, Anda membutuhkan lebih banyak dan lebih banyak lagi untuk mendapatkannya," tambahnya.

Anda makan gula bahkan ketika Anda tidak lapar

Kenyang setelah makan besar, tetapi Anda masih punya ruang untuk sepotong besar kue? Bisa jadi ini tanda Anda kecanduan gula.

"Tanda nomor satu Anda mengalami kecanduan adalah Anda beralih ke gula ketika Anda tidak lapar secara fisik," kata Lisa Rachel Snyder, pelatih makan intuitif dan pendiri Beautiful Badass Method.

Anda selalu menginginkan makanan manis

"Setelah pesta gula, gula darah Anda akan turun karena insulin mendorong semua gula itu ke dalam sel untuk mencegah kerusakan gula," jelas Carolyn Dean, MD, ND, seorang ahli kesehatan, diet, dan nutrisi serta penulis Hormone Balance, The Magnesium Miracle.

"Penurunan itu menyebabkan gula darah rendah dan lebih banyak mengidam atau selalu menginginkan makanan manis," tambahnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Anda Mengidam Makanan Asin

"Mengidam makanan asin adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Hal ini sangat umum terjadi di antara mereka yang kecanduan makanan manis, karena orang-orang ini sering kekurangan nutrisi utama," kata Lisa Richards, ahli gizi dan pencipta Diet Candida.

"Jika Anda mendapati diri Anda secara teratur makan camilan manis, Anda mungkin tidak cukup makan protein dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda," kata Richards.

Mengidam makanan asin dan gurih adalah salah satu cara tubuh Anda mungkin memberi tahu Anda untuk beristirahat dari gula dan makan sesuatu yang lebih bergizi.

"Kebalikannya juga benar, jika Anda makan terlalu banyak makanan asin, Anda mungkin akan menginginkan makanan manis atau karbohidrat sederhana,” tambahnya. 

Kuncinya adalah keseimbangan. Makanan yang kaya akan mikronutrien dan makronutrien yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi dan berkembang.

Anda mencoba untuk berhenti dan memiliki gejala yang tidak biasa

Kecanduan gula bisa menjadi kecanduan perilaku dan juga bisa menjadi kecanduan kimiawi. Anda terbiasa makan gula setelah makan atau pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Ketika Anda berhenti atau jadwal tersebut terganggu, tubuh Anda mungkin menunjukkan tanda-tanda kesusahan atau penarikan diri.

"Berhenti mengonsumsi gula tiba-tiba dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami gejala putus zat," kata Adam Kadela, pendiri Dexafit.

"Beberapa gejala kecanduan gula yang paling umum mungkin termasuk sakit kepala, lesu atau merasa lelah, mengidam, nyeri otot, mual, gas dan kembung, dan bahkan insomnia,“ kata Kadela.

Dalam kebanyakan kasus, gejala-gejala ini meningkat setelah 24 jam. Cara terbaik untuk berhenti mengonsumsi gula adalah perlahan-lahan, dengan mengurangi sedikit demi sedikit.

 

4 dari 4 halaman

Anda Menggunakan Gula untuk Menenangkan Diri

Jika Anda mendambakan sesuatu yang manis setelah putus cinta, film sedih, atau hari yang buruk, berhati-hatilah. "Gejala psikologis dari kecanduan gula adalah ketika individu terus menerus beralih ke gula sebagai sarana untuk mengatasi tekanan hidup, kebosanan, atau masalah psikologis lainnya seperti depresi atau kecemasan," kata Lin Anderson, LMHC, M.A., Ed.M dan Aaron Sternlicht, LMHC, CASAC, terapis berlisensi yang berspesialisasi dalam kecanduan pada praktik pribadi mereka Family Addiction Specialist.

"Memanjakan diri dengan gula untuk mendapatkan kelegaan emosional seperti itu sangat tidak sehat, karena tidak memungkinkan individu untuk merasakan emosi mereka atau menghadapinya dengan benar," katanya. Dan satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula bahkan tidak meningkatkan suasana hati Anda.

Anda tahu potensi konsekuensinya namun tetap makan gula

Ini pertanda buruk jika Anda makan gula dan junk food secara kompulsif, meskipun Anda menyadari konsekuensi negatifnya, kata Dan DeFigio, penulis Beating Sugar Addiction For Dummies.

Anda berusaha keras untuk mendapatkan gula

Jika Anda melakukan perjalanan khusus saat malam ke supermarket untuk membeli es krim, Anda harus melihat dengan cermat prioritas Anda. Ini adalah tanda yang jelas bahwa kebutuhan Anda akan gula berputar di luar kendali.

Anda memiliki perasaan bersalah karena makan gula

Perasaan bersalah tentang makan makanan apapun mungkin merupakan tanda gangguan makan. Jika Anda merasa malu dengan kebiasaan Anda, Anda mungkin ingin mendiskusikan hal ini dengan dokter atau terapis Anda. Perhatikan tanda-tanda ini bahwa Anda mungkin memiliki gangguan makan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.