Sukses

Ingin Mata Tetap Sehat, Yuk Coba Konsumsi 10 Makanan Ini

Kamu ingin mata tetap terjaga kesehatannya? Coba konsumsi 10 makanan berikut ini yaa

Liputan6.com, Jakarta - Mata merupakan organ sensorik yang paling penting untuk melihat dunia. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan mata.

Penglihatan sering dipengaruhi oleh faktor keturunan, usia, dan penggunaan gadget, tetapi makanan yang Anda konsumsi dapat mengurangi photodamage. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Mengonsumsi sejumlah makanan berikut disebut dapat meningkatkan penglihatan secara alami. Makanan-makanan berikut juga dipercaya mampu menjaga retina dan kornea Anda tetap sehat. Mengutip Stylecraze, Jumat (11/11/22), ini daftar makanan untuk menjaga penglihatan Anda.

1. Wortel

Wortel adalah sayuran yang cantik dan menyehatkan. Wortel kaya akan beta-karoten, antioksidan dan prekursor vitamin A. Mengkonsumsi wortel meningkatkan penglihatan malam pada orang dan dapat mencegah kerusakan penglihatan.

Wortel juga membantu mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan penyebab utama masalah penglihatan.

2. Ikan Salmon, Tuna, dan Makarel

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Dalam hal ini, omega-3 membantu mengurangi peradangan dengan menyeimbangkan rasio asam lemak omega-3 dan omega-6.

Ketika tingkat peradangan rendah, fungsi tubuh dan otak Anda meningkat. Hal ini pun memperkuat kekebalan tubuh Anda.

Area dekat retina sarat dengan DHA, sejenis asam lemak omega-3. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan seperti salmon, tuna, dan makarel bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

Jika Anda bukan penyuka ikan, Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan setelah berkonsultasi dengan dokter. Cara terbaik untuk mengonsumsi ikan berlemak adalah dengan memanggangnya. Sementara, menggoreng atau merebus dapat mengurangi nilai makanannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Bayam

Bayam kaya akan vitamin E, A, B, dan C, mineral seperti zat besi dan seng, dan fitonutrien seperti lutein dan zeaxanthin. Karotenoid, lutein dan zeaxanthin, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Oleh karena itu, mengonsumsi bayam dalam jumlah yang cukup setiap hari dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Karena mengandung zinc, bayam juga dapat menjaga kesehatan kornea mata.

Salah satu cara mengonsumsi bayam adalah dengan menambahkan seikat bayam hijau subur ke smoothie Anda. Anda dapat menambahkan buah ke smoothie bayam Anda untuk menghilangkan rasa berumput atau pahit.

Kamu juga bisa membuat sup bayam atau menambahkan bayam ke hidangan pasta untuk membuatnya jadi lebih nikmat. 

4. Telur

Telur sarat dengan asam amino esensial dan vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Meskipun sedikit tinggi kolesterol, kuning telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik.

Konsumsilah satu atau dua butir telur utuh untuk menjaga kesehatan mata Anda. Telur rebus adalah yang terbaik dan dapat ditambahkan ke makanan lain untuk meningkatkan rasanya.

3 dari 5 halaman

5. Susu dan yogurt

Susu dan yogurt sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan mata. Selain kalsium dan fosfor, mereka mengandung seng dan vitamin A. Vitamin A membantu melindungi kornea, dan seng membantu mengangkut vitamin A ke mata dari hati. Seng juga membantu penglihatan pada malam hari dan mencegah katarak.

Anda bisa minum susu yang diberi makan rumput di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur. Makan yogurt setelah makan siang atau sebagai camilan.

 6. Kacang

Kacang adalah sumber lemak sehat dan vitamin E, yang membantu mengurangi peradangan. Penelitian juga mengkonfirmasi bahwa mengonsumsi kacang yang kaya vitamin E dapat membantu mencegah pembentukan katarak terkait usia.

Anda bisa mengonsumsi segenggam kacang campuran setiap hari untuk membantu meningkatkan dan melindungi penglihatan Anda. Namun, berhati-hatilah dengan kumpulan kecil kegembiraan ini karena kalau berlebihan juga tidak baik. 

4 dari 5 halaman

7. Sayur Kale

Seperti bayam, kale juga sarat dengan vitamin, mineral, serat makanan, dan lutein. Lutein membantu mencegah kerusakan ringan dan oksidatif serta melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Sekitar 100 gram kale dapat memberi Anda 11 mg lutein. Anda dapat menambahkan kale dalam salad, sup, smoothie, atau sandwich.

8. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat makanan, fitonutrien, vitamin, dan mineral. Seng dan vitamin E adalah dua nutrisi utama yang meningkatkan kesehatan mata yang ada di dalamnya. Ini membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan peradangan.

Konsumsi quinoa, kacang lentil, gandum, dan beras merah untuk meningkatkan kesehatan mata.

 

5 dari 5 halaman

9. Paprika Merah

Paprika merah adalah sumber vitamin A, E, dan C yang baik serta zeaxanthin dan lutein. Vitamin dan fitonutrien ini diketahui melindungi mata dari degenerasi makula dan membantu menjaga kesehatan retina dengan mencegah kerusakan oksidatif. Konsumsi paprika merah bisa dilakukan baik itu mentah, direbus, atau ditumis.

10. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Vitamin A, E, C, dan lutein yang ada dalam brokoli menjadikannya makanan yang sangat baik untuk mata Anda. 

Vitamin-vitamin di atas bisa membantu melindungi kesehatan visual Anda dengan mencegah photodamage dan kerusakan oksidatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.