Sukses

Top 3: Sejarah Hari Pahlawan 10 November

Artikel tentang diperingati 10 November, berikut sejarah Hari Pahlawan yang wajib Gen Z tahu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan nasional. Hal ini berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959, 16 Desember 1945 yang ditandatangani oleh presiden RI pertama yaitu Soekarno.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Semarang, pada Kamis (10/11/2022), keputusan tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan serta tragedi pada 10 november 1945 di Surabaya.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan Nasional

Dilansir dari pedoman hari pahlawan nasional, pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertumpahan darah di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara nasional Indonesia (TNI) dan pasukan Inggris. 

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Artikel tentang diperingati 10 November, berikut sejarah Hari Pahlawan yang wajib Gen Z tahu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang usai raih Golden Boot, Lewandowski: kini saya tahu mengapa Barcelona lebih dari sekedar klub.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang 10 potret karya hasil Jungkook BTS, layak masuk galeri seni.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Diperingati 10 November, Berikut Sejarah Hari Pahlawan yang Wajib Gen Z Tahu

 

Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya. Lalu pada 30 Oktober 1945, Jendral Mallaby selaku pimpinan pasukan Inggris meninggal dunia, hal ini membuat marah tentara Inggris terhadap pihak Indonesia.

Ultimatum 10 November

Seketika Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945, yang meminta pihak Indonesia untuk menyerahkan segala persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA serta ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut dan udara apabila masyarakat Indonesia tidak menaati perintah Inggris.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Usai Raih Golden Boot, Lewandowski: Kini Saya Tahu Mengapa Barcelona Lebih dari Sekadar Klub

Robert Lewandowski tersenyum dan bersikap positif saat menerima penghargaan Sepatu Emas. Ini merupakan Golden Boot kedua kalinya secara beruntun yang didapat oleh penyerang asal Polandia tersebut. Di musim terakhirnya bersama Bayern Munich, Lewandowski mencetak 35 gol di Bundesliga.

Bahkan, secara keseluruhan, pria berakrab Lewy itu mampu mencetak 70 gol musim 2021/2022 bersama FC Hollywood. Lalu, ia memperoleh poin 70 sekaligus mengalahkan pesaing terdekatnya Kylian Mbappe 28 gol dengan 56 poin dan disusul Ciro Immobile sampai Karim Benzema (54 poin) telah bikin 27 gol.

Selanjutnya, mantan striker Bayern Munich itu buka suara tentang peluang Barcelona dan memperkirakan performa timnya akan meningkat di musim depan.

Lewandowski sendiri juga cukup optimis bahwa timnya bisa bersaing lebih jauh di seluruh kompetisi yang akan dilakoni Blaugrana pada musim 2023/2024.

Seperti diketahui, menjelang jeda Piala Dunia 2022, Barcelona berhasil menggeser Real Madrid di puncak klasemen usai mengalahkan Osasuna 2-1 dan Los Blancos kalah 2-3 dari Rayo Vallecano.

Namun, pasukan Xavi Hernandez harus tersingkir dari Liga Champions hingga terjun ke kasta kedua kompetisi Eropa.

"Saya yakin tahun depan akan sangat bagus. Sekarang saya tahu mengapa Barcelona lebih dari sebuah klub dan sangat penting," kata Robert Lewandowski setelah menerima Golden Boot 2021/2022, dikutip dari Marca, Kamis (10/11).

"Kami berada di jalur yang benar, apa yang terjadi kemarin [kemenangan comeback di Osasuna] bagus, pertandingan ini menunjukkan keinginan kami untuk menang," tuturnya lagi.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 10 Potret Karya Hasil Jungkook BTS, Layak Masuk Galeri Seni

Jeon Jeongguk atau yang biasa dikenal-- Jungkook BTS adalah member termuda atau maknae dari BTS yang dikenal karena memiliki bakat dan kemampuan yang serba bisa.

Bagaimana tidak, ia dikenal sebagai center yang berkharisma, dancer yang hebat dan memiliki kemampuan vokal yang tidak dapat diragunkan lagi.

Jungkook pandai mempelajari apa pun dengan cepat. Ini membuatnya mudah memahami berbagai hal dengan mudah. Faktor ini telah membuatnya mendapatkan banyak keterampilan dan bakat untuk melakukan berbagai macam kegiatan baru.

Jungkook juga menjadi salah satu idola Kpop paling berbakat, karena dia telah menguasai seni belajar keterampilan dan menjadi terampil secara profesional.

Seperti mempelajari koreografi tarian dalam waktu singkat, hingga menyempurnakan sesuatu yang tidak terduga seperti memanah, tinju dan aktifitas fisik lainnya.

Jungkook adalah penyanyi yang fenomenal, penari yang sangat mahir, dan visual menarik dari grup. Keahliannya bukan hanya karena bakat dan kemampuan alaminya, tetapi juga karena kerja keras yang luar biasa yang ia lakukan dalam segala hal yang ingin ia capai.

Menunjukkan bakat luar biasa dalam segi seni dan artistik, Jungkook benar-benar serba bisa. Dia bahkan telah membuat karya seni yang telah dipamerkan dalam video musik resmi mereka.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini