Sukses

Hasil Kerja Keras 4 Tahun, RM BTS Akhirnya Segera Rilis Album Solo Indigo

BigHit Music merilis pernyataan resmi tentang tanggal rilis album solo RM bertajuk Indigo pada Kamis 10 November 2022 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah J-Hope merilis ‘Jack In The Box’ dan debut langsung di Lollapalooza dengan 105.000 penonton, menyusul Jin BTS merilis single ‘The Astronaut’ berkolaborasi dengan Coldplay. Dan kini giliran sang leader, RM.

Kamis 10 November 2022 lalu, BigHit Music merilis pernyataan resmi tentang tanggal rilis album solo RM bertajuk Indigo, melansir Koreaboo, Jumat (11/11/2022). 

Setelah RM, diperkirakan secara berurutan Jimin, Suga, Jungkook, dan V akan merilis album solonya masing-masing pada 2023 mendatang. Tepat sebelum mereka melaksanakan wajib militernya. 

Album pertama sang leader BTS akan dirilis pada Jumat, 2 Desember 2022, pukul 2 siang KST atau 4 sore WIB. 

"RM telah menunjukkan kepada para penggemar tentang dunianya melalui duaMixtape. Melalui Indigo, RM menyampaikan pemikiran dan perasaannya yang jujur dan menampilkan musik yang beragam melalui kolaborasi dengan berbagai artis. Kami berharap semua orang bersemangat dengan perilisan album terbaru RM!," tulis BigHit Music dalam pernyataan resminya. 

Kabar tersebut sontak membuat ARMY, sebutan fandom BTS senang. Selain itu, seperti biasanya, ARMY juga berspekulasi terkait makna-makna dari album yang akan dikeluarkan RM. 

Setelah sukses dengan Mixtape keduanya yang berjudul Mono dengan single hits ‘Moonchild’. ARMY kini menunggu kira-kira apalagi yang akan RM bagi untuk ARMY melalui karyanya. 

Pasalnya, baru-baru ini RM berkolaborasi dengan grup hip-hop Balming Tiger untuk lagu ‘Sexy Nukim’. Live performance pertama RM untuk Sexy Nukim juga berhasil membuat dunia maya heboh karena penampilan ‘sexy-nya’.

Tak heran jika album pertamanya yang disebut-sebut berbeda ini menjadi sorotan dan menghebohkan dunia maya juga. Tentu, dengan berbagai dugaan teori menarik di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dikerjakan Selama 4 Tahun

Setelah resmi diumumkan oleh BigHit, RM kemudian memposting beberapa hal terkait Indigo. Termasuk, durasi pengerjaannya.

"Album pertamaku akan dirilis, terima kasih semuanya. Aku bekerja keras selama 4 tahun terakhir," tulis RM melalui Weverse.

Ia mengungkapkan bahwa album ini telah dikerjakan sejak awal 2019.

RM juga mengatakan bahwa album ini akan sangat berbeda dari proyek-proyek sebelumnya. Tentu, banyak dari teman-teman baiknya juga terlibat dalam album ini. 

Jauh sebelum perilisan album ini, RM telah banyak berkolaborasi dengan musisi-musisi global. 

Wale, Younha, warren G, Gaeko, MFBTY, Fall out boy, Lil Nas X, merupakan beberapa diantaranya. 

Untuk album kali ini, kira-kira siapa yang akan berkolaborasi dengan RM?

1 November 2022 lalu, dalam pembicaraannya dengan Pharrel Williams untuk majalah The Rolling Stone, RM mengungkapkan bahwa banyak yang mengejutkan dari albumnya kali ini.

"Aku telah merilis beberapa mixtape sebagai salah satu anggota band, tapi itu hanya percobaan. Aku pikir kali ini adalah official album solo pertamaku. Aku mungkin akan melakukan beberapa kolaborasi yang mengejutkan mulai sekarang," ujar RM.

3 dari 5 halaman

Teori Warna, Sains, Kata

Dengan diumumkannya judul album tersebut sebagai Indigo, ARMY menganalisis makna di baliknya. ARMY mengindikasikan bahwa indigo adalah warna antara ungu dan biru. Kita tahu bahwa ungu mewakili BTS, dan sebelumnya RM menyatakan bahwa dia menyukai warna biru.

Dalam wawancara Proof Collector Album, pria bernama asli Kim Nam-joon itu mengungkapkan warna yang mendefinisikannya adalah Biru. 

"Biru adalah warna kromatik pertama yang aku suka. Terutama Indigo dan Utramarine Blue," ujar RM.

"Ketika berbicara tentang lukisan, aku juga menyukai biru. Biru juga digunakan sebagai kata sifat, bukan? Biru juga merupakan warna cat yang paling mahal bagi para seniman. Itulah mengapa aku rasa warna biru secara historis juga istimewa. Biru juga istimewa bagiku," tambah RM. 

ARMY kemudian mencari banyak makna tentang Indigo.

Indigo juga merepresentasikan banyak hal besar secara spiritual. Secara umum, Indigo mewakili pikiran terdalam dan kebijaksanaan spiritual kita. Menurut The Spiritual Centre, warna ini adalah "salah satu pengabdian dan ketulusan."

Namun, ARMY lain menunjukkan maknanya dalam bahasa Korea. Jadi, mungkin juga merupakan permainan kata dalam merepresentasikan ‘warna Nam’ secara harfiah, yang berarti itu adalah warna Nam-joon.

Teori lain yang lebih menyentuh adalah terkait dengan Sir Isaac Newton dan dimasukkannya nila dalam spektrum warnanya, roda warna Newton.

Newton menginginkan spektrum memiliki tujuh warna, bukan enam. Tujuh, tentu saja, sangat penting bagi BTS karena ada tujuh anggota.

Mengetahui seberapa sering BTS memasukkan sains, teori, dan ruang angkasa ke dalam konsep dan lirik mereka, hal ini mungkin saja terjadi.

Beberapa orang bahkan memperhatikan bahwa tampaknya sampul album Indigo adalah seni cyanotype.

4 dari 5 halaman

Dari Mono ke Indigo

"Jika Mono berbicara tentang ikatan namjoon dengan dunia. Maka Indigo bisa jadi tentang siapa RM dan siapa Namjoon sebenarnya. Tidak akan terlalu jauh. Terutama dengan bagaimana RM menggambarkan album sejauh ini. Kita benar-benar akan menyaksikan sesuatu yang istimewa," ujar salah satu ARMY.

Karya solonya RM sebelum Indigo yang akan datang ini telah ditampilkan secara konsisten. RM merilis mixtape solo pertamanya 'RM' pada 2015, berisi total 11 lagu, termasuk lagu utama 'Do You'.

Pada 2018, playlist 'Mono' yang berisi tujuh buah lagu dirilis.

Mixtape pertamanya menceritakan perjalanan otobiografi Kim Namjoon yang asalnya merupakan seorang rapper bernama Runch, menjadi rapper idola bernama Rap Monster. 

Dilanjut Mono, mixtape keduanya yang menceritakan kelanjutan perjalanan sebagai Rap Monster. Lagu-lagu di Mono berbicara tentang perjuangan hidup dan pemikiran yang lebih damai. 

Mono juga berfokus pada penerimaan terhadap diri sendiri dan bagaimana diri kita menyambut masa-masa suram dengan sepenuh hati. 

Salah satu lagu yang paling populer di Mono adalah Moonchild yang bercerita tentang bagaimana kekurangan kita mungkin dapat menjadi alasan seseorang mengagumi kita.

Tak heran, album Indigo kali ini ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Karena, dengan mendengarkan lagu RM, ARMY dapat mendengar semua cerita RM secara tak langsung.

5 dari 5 halaman

Respons Penggemar

Setelah banyak bercerita melalui obrolannya dengan Pharrel Williams, ARMY menunggu album RM untuk mendengarkan isi hati RM yang lain. 

Sebagai seorang leader tentu RM memikul banyak beban berat di pundaknya. Perjalannya yang tak mudah dapat ia tuangkan melalui kecintaannya terhadap musik. 

Maka, banyak ARMY yang tak sabar menunggu RM dan cerita-ceritanya melalui lagu yang ia tulis. 

“Kan bener. Namjoon tuh ga bakal sembarangan kasih konsep. Apalagi, dia nyiapin ini dari 2019,” ujar salah satu ARMY. 

“Emang, ya. Member BTS kalau buat lagu pasti ada makna dan teori-teori tersendiri. Maka dari itu, semua lagu-lagu mereka enak dan relate. Positive vibesnya nyampe ke kita yang dengerin,” ujar ARMY lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.