Sukses

20 Potret Topi Anti Menyontek Saat Ujian, Desainnya Kocak Bikin Ngakak

Topi-topi ini dibuat oleh sang guru agar anak didiknya di sekolah tidak menyontek saat sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Menyontek rasa-rasanya adalah hal yang paling ditakutkan seorang pengajar kala ujian tiba. Agar ini tidak terjadi di dalam kelasnya, seorang dosen bernama Profesor Mary Joy Mandane-Ortiz menyuruh semua mahasiswanya membuat topi anti menyontek.

Ide topi anti menyontek ini tercetus tanpa sengaja saat Joy berselancar di Facebook, dua hari sebelum ujian teknik dan komputasi dilaksanakan.

Joy mewajibkan para mahasiswa membuat topi dari bahan-bahan yang ada di rumah seperti karton atau apapun yang tidak mengharuskan mereka keluar banyak duit. 

Topi itu nantinya untuk melindungi pandangan mereka dari kertas ujian mahasiswa lain. Dengan demikian mereka tidak bisa menyontek.

 

Tampaknya eksperimen kecil ini sangat efektif. Selain mencegah dari tindakan menyontek, topi yang mereka buat telah memicu kreativitas para mahasiswa itu sendiri.

Joy sebenarnya membayangkan mahasiswanya membuat topi anti menyontek dengan desain kertas sederhana.

Mereka justru datang dengan segala macam hiasan kepala yang modis. Beberapa bahkan terinspirasi oleh budaya pop dan film. 

Para mahasiswa disebut menerima tantangan tanpa mengeluh, dan Joy sangat terkesan dengan inovasi yang ditampilkan dalam topi anti menyontek tersebut.

Berikut potret topi-topi anti menyontek dikutip dari situs Boredpanda pada Kamis, 10 November 2022

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Wah, ada yang cosplay menjadi Ksatria di dalam game, hingga pakai tempat telur. Sangat unik yah!

3 dari 12 halaman

2. Ada juga yang menjadi karakter Jepang dan menggunakan tas kertas belanja, sangat kreatif sekali

4 dari 12 halaman

3. Menjadi karakter Minion, walaupun bentuknya kotak tapi sangat unik. Ada juga yang menggunakan topi kelinci menggemaskan

5 dari 12 halaman

4. Ada juga yang membuat penutup kepala bentuk kotak kemudian dihias, wah sampai tidak terlihat kepalanya

6 dari 12 halaman

5. Tidak hanya itu ternyata ada juga seorang siswa yang Cosplay menjadi hantu lho, ada juga yang menjadi penyihir.

7 dari 12 halaman

6. Selanjutnya ada seorang siswa yang cosplay menjadi Marshmallow hingga jadi semut. Selain itu ada juga yang menggunakan penutup mata dengan corong panjang

8 dari 12 halaman

7. Selain itu ada juga seorang siswa yang tidak mau terlalu ribet, jadi dia hanya menggunakan payung. Namun ada juga yang menggunakan topi bambu di tutup dengan kertas dan ada juga yang membuat dengan kertas karton kemudian di gambar

9 dari 12 halaman

8. Penampilan unik selanjutnya, yaitu ada yang sampai memakai kardus dan topi hewan hingga ada yang menggunakan tas raket di kepalanya.

10 dari 12 halaman

9. Tidak kalah kreatif, ada juga siswa yang menjadi Ninja dengan menutup seluruh wajah dengan kain, hingga cosplay menjadi Obito.

11 dari 12 halaman

10. Ada juga yang menggunakan selimut tidur dan ada juga yang menggunakan topi jerami.

12 dari 12 halaman

11. Terakhir, ada yang menempelkan sisi kanan kiri kepalanya dengan gambar hantu, hingga ada yang menjadi makhluk aneh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.