Sukses

Pentingnya Kandungan Ceramide untuk Perawatan Kulit Wajah

Produk perawatan wajah zaman sekarang banyak menggunakan ceramide sebagai kandungan utama.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sudah banyak orang yang peduli terhadap kesehatan kulit wajahnya dengan melakukan berbagai macam perawatan.

Salah satu perawatan wajah yang bisa digunakan di rumah adalah skincare. Tersedia berbagai macam produk skincare yang dapat kamu gunakan.

Beberapa tahun ke belakang, sejumlah orang belum terlalu peduli terhadap kandungan yang hadir di dalam produk kecantikannya. Bahkan, mereka hanya menggunakan sabun cuci muka saja untuk merawat kulit wajah. Namun, seiring berjalannya waktu, edukasi mengenai kecantikan dan kesehatan wajah semakin ramai diperbincangkan.

Semakin beragam, produk skincare telah tersebar luas, mulai dari sabun cuci muka, toner, essence, serum, pelembab dan tabir surya.

Belakangan ini permasalahan kulit terkait skin barrier menjadi fokus utama. Para produsen mulai gencar memproduksi barang dengan kandungan yang mampu memperkuat skin barrier.

Salah satu kandungan yang sanggup memperkuat skin barrier adalah ceramide. Lalu, muncul pertanyaan mengapa banyak skincare yang mengandung ceramide?

Dilansir dari Medicalnewstoday, Rabu (9/11/2022), ceramide merupakan kandungan yang berperan penting dalam struktur jaringan dan berfungsi untuk menjaga lapisan kulit teratas. Selain itu juga mampu menjaga kelembapan dan melindungi dari kerusakan kulit wajah.

Meskipun tubuh telah memproduksi ceramide, kadar ini akan terus menurun seiring bertambahnya usia.

Sejalan dengan berkurangnya kandungan ceramide pada tubuh, seseorang akan mengalami kulit yang lebih sensitif dan timbul masalah lainnya.

Oleh karena itu, seseorang membutuhkan kandungan ceramide dari luar. Kamu bisa mendapatkannya melalui skincare yang kaya akan kandungan ceramide.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Ceramide Pada Skincare

Menjaga Skin Barrier

Proses penuaan alami yang akan dirasakan setiap manusia dapat menyebabkan berkurangnya ceramide pada kulit wajah.

Saat kadar ceramide menurun, skin barrier pun berpotensi terganggu yang menghasilkan kerutan pada wajah.

Selain itu, kerusakan yang dialami skin barrier bisa mempermudah timbulnya infeksi dan peradangan pada kulit. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan skincare dengan kandungan ceramide.  

Meningkatkan Hidrasi Kulit Wajah

Ceramide dikenal dapat mengunci kelembapan dan meningkatkan hidrasi kulit. Kondisi kulit yang dehidrasi bisa menimbulkan kesan kasar dan kerutan di wajah.

Penelitian menunjukan, krim dengan kandungan ceramide mampu meningkatkan hidrasi kulit dan memperkuat skin barrier.

Melindungi dari Paparan Sinar UV

Paparan sinar matahari dan sinar UV dapat mempengaruhi perubahan kulit wajah, seperti kerutan, garis halus dan pigmentasi.

Sebuah riset di tahun 2021, menemukan adanya kegunaan dari pelembab dan tabir surya yang mengandung ceramide ampuh melindungi kulit dari paparan sinar UV.

3 dari 4 halaman

Kondisi Kulit yang Membutuhkan Kandungan Ceramide

Dilansir melalui Greatist, adapun kondisi kulit yang sangat membutuhkan ceramide sebagai kandungan utama pada skincare-nya.

Kulit Kering

Kondisi kulit kering atau terkelupas memerlukan kandungan ceramide pada rangkaian skincare-nya. Hal ini dikarenakan ceramide mampu mengembalikan tingkat kelembapan pada kulit wajah.

Inflamasi Pada Kulit

Inflamasi atau peradangan yang terjadi menyebabkan seseorang dengan kondisi ini akan membutuhkan hidrasi lebih.

Selain itu, individu yang memiliki masalah inflamasi membutuhkan perlindungan dari bakteri yang berpotensi memperburuk peradangan. Inilah yang menyebabkan mereka sangat membutuhkan skincare dengan kandungan kaya akan ceramide.

Mencegah Penuaan

Mengingat kadar ceramide yang menurun seiring bertambahnya usia, kulit membutuhkan kandungan ceramide dari luar.

Salah satu cara terbaik adalah menggunakan produk skincare dengan kandungan ceramide guna menjaga kulit agar tetap lembut dan kenyal.

4 dari 4 halaman

Ceramide vs Hyaluronic Acid Mana yang Lebih Baik?

Ceramide dan hyaluronic acid adalah kandungan yang optimal untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit.

Dilansir dari Cerave, ceramide dapat membantu meningkatkan kelembapan dan memperkuat skin barrier, serta menjaga kondisi kulit dari perubahan cuaca dan polusi.

Hyaluronic acid adalah cairan berbentuk gel yang diproduksi secara alami oleh kulit dan bagian tubuh lainnya. Fungsi utama dari hyaluronic acid adalah mengunci air di kulit yang membuat kulit terlihat lebih kencang.

Lantas, manakah kandungan yang paling baik untuk skincare? Kedua kandungan ini sama-sama baik bagi kulit wajah, namun memiliki kelebihannya masing-masing.

Hyaluronic acid mampu memberikan efek kenyal pada wajah, sedangkan ceramide sanggup menjaga hidrasi kulit. Maka dari itu, kenali kondisi kulit wajahmu terlebih dahulu sebelum memilih skincare.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.