Sukses

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Tapi Masih Digunakan Sampai Sekarang, Apa Saja?

Kita cenderung mengabaikan bahan-bahan atau bahaya dari beberapa produk kecantikan favorit dan paling sering digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berbicara tentang produk kecantikan, istilah "tidak beracun" bisa jadi sulit untuk diuraikan. 

Sekarang, banyak produk juga menggunakan istilah bebas racun untuk menunjukkan bahwa produk tersebut telah dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan yang berpotensi beracun, karsinogenik, atau yang keamanannya dapat dipertanyakan.

Meskipun istilah ini juga tidak diatur secara federal, istilah ini didukung oleh ToxicFree Foundation, bahkan dengan label-label yang tidak diatur.

Kita juga cenderung mengabaikan bahan-bahan atau bahaya dari beberapa produk kecantikan favorit dan paling sering digunakan.

Banyak produk-produk yang bukannya memberikan dampak yang positif terhadap kulit namun justru memberikan pengaruh negatif dan membuat masalah baru bagi kulit kalian.

Untuk itu mulailah mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam produk kecantikan yang kalian gunakan beserta efek samping yang ditimbulkan.

Pelajari apakah produk kecantikan ini nantinya akan memberikan suatu pengaruh yang buruk bagi kulit dengan melihat perubahan yang diberikan setelah kalian menggunakanya.

Memang terdapat beberapa produk kecantikan yang akan memberikan respon negatif dahulu berupa purging, kemerahan dan sedikit rasa iritasi yang menandai bahwa mereka memang bekerja, tapi produk seperti hanya sedikit jumlahnya.

Contohnya cat kuku. Diketahui, cat kuku mengandung bahan kimia berbahaya yang berpotensi merusak, dari sekadar mengubah warna kuku hingga menyebabkan kuku tipis dan rapuh hingga sesuatu yang sedikit lebih berbahaya.

Mengutip dari laman List Verse, Selasa (8/11/2022) berikut tujuh produk kecantikan yang berbahaya, namun masih digunakan sampai sekarang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Maskara

Gagang maskara akan terkontaminasi ketika kalian menggunakannya!

Bakteri tumbuh dan berkembang di lingkungan yang gelap dan lembab pada tabung maskara milik kalian.

Meskipun banyak kosmetik mengandung bahan pengawet yang memperlambat pertumbuhan kuman, bakteri akan menumpuk seiring waktu.

Hal ini dapat mengakibatkan penyakit bakteri tertentu seperti kista pada mata yang berbahaya.

Jangan lupa untuk perhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakan produk-produk maskara dan kosmetik lainnya.

Selain itu, buang maskara setelah empat hingga enam bulan (maksimal) sejak pertama kali kalian membuka tabungnya.

Lakukan lebih cepat jika kalian melihat adanya penggumpalan atau perubahan tekstur, warna, atau bau.

3 dari 8 halaman

2. CC Cream

Bagi mereka yang lebih suka tampilan tanpa riasan atau perawatan yang rendah, CC cream-juga disebut color-correcting atau complex-care creams-adalah pilihan yang alami.

Krim CC umumnya bertindak sebagai three-in-one, dengan tabir surya, pelembab, dan alas bedak.

Krim lain juga dapat membuat formula yang mengiklankan concealer, krim anti-aging, bronzer, highlighter, atau penyerap minyak-atau beberapa kombinasi dari atribut-atribut ini.

Digunakan untuk mengatasi perubahan warna apa pun seperti kemerahan, kusam, dan lingkaran hitam, krim CC telah memikat banyak orang.

Namun krim CC telah diumumkan sebagai krim yang berbahaya karena adanya kandungan akrilamida yang dianggap dapat memicu pertumbuhan kanker.

Bahan lain yang harus diperhatikan dalam krim CC adalah oxybenzone dan retinyl palmitate (vitamin A).

Oxybenzone, ditemukan di sekitar 20 persen krim CC, adalah bahan tabir surya yang banyak digunakan yang dapat menembus kulit, menyebabkan reaksi alergi pada kulit, dan dapat mengganggu hormon.

4 dari 8 halaman

3. Cat Kuku

Cat kuku mengandung bahan kimia berbahaya yang berpotensi merusak, dari sekadar mengubah warna kuku hingga menyebabkan kuku tipis dan rapuh hingga sesuatu yang sedikit lebih berbahaya.

Dalam cat kuku juga ditemukan kadar stirena dalam jumlah tinggi yang berbahaya untuk kulit.

Pada dasarnya digunakan dalam produksi plastik dan karet, maka stirena telah dikaitkan dengan iritasi pada kulit, mata, dan saluran pernapasan bagian atas.

Paparan jangka panjang terhadap stirena pada manusia dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan sakit kepala, kelelahan, gangguan pendengaran, dan kerusakan saraf.

Hal serupa juga ditemui pada penghilang cat kuku yang umumnya mengandung bahan-bahan seperti isopropil aseton, yang dapat mengiritasi mata dan paru-paru, dan etil asetat, yang bertindak sebagai sistem pernapasan dan iritasi mata. 

5 dari 8 halaman

4. Parfum

Parfum adalah sesuatu yang telah kita gunakan selama berabad-abad, dengan hanya sedikit mempertimbangkan betapa tidak amannya parfum itu bagi kesehatan kita.

Banyak orang terkenal yang merilis lini parfum mereka sendiri atau diberi kompensasi untuk menggunakan nama mereka, termasuk Halle Berry, Beyonce, Ariana Grande, dan banyak lagi.

Bahkan dengan keterlibatan langsung para selebritis dan banyaknya pengikut mereka di media sosial, apakah parfum-parfum ini benar-benar aman?

Bahan kimia parfum adalah kombinasi kompleks dari zat sintetis dan / atau alami yang ditambahkan ke produk untuk memberi mereka aroma yang khas.

Bahan-bahan ini sarat dengan zat sintetis seperti coumarin, BHT, citral, benzyl salicylate, oxybenzone, dan lilial.

Bahan terakhir, lilial, juga dikenal sebagai butylphenyl methylpropional dan terkait dengan kanker.

Uni Eropa telah melarang penggunaannya mulai Maret 2022.

6 dari 8 halaman

5. Setting Powder

Setelah semua waktu dan usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan tampilan sempurna untuk hari itu, kita perlu melakukan sesuatu untuk menjaganya agar tetap terlihat bagus.

Itulah alasan mengapa setting powder masuk jajaran kosmetik yang sangat populer.

Namun, kalian mungkin menempatkan diri dalam bahaya ketika mencoba untuk menggunakan produk ini.

Produk kecantikan populer ini termasuk bahan-bahan seperti titanium dioksida dan polytetrafluoroethylene.

Keduanya dapat terbukti berbahaya dan menyebabkan iritasi mata dan paru-paru, nyeri dada, lesu, muntah dan juga diare.

7 dari 8 halaman

6. Blush On

Blush on seharusnya membawa kehidupan dan warna kembali ke wajah kalian, bukankah begitu? 

Mengapa begitu banyak merk blush on yang mengandung formaldehida? karena sungguh mengerikan membayangkan bahan kimia seperti itu digunakan pada wajah. 

Muncul sebagai beberapa zat yang berbeda dalam beberapa merek berbeda, kalian akan menemukannya dengan dua nama yaitu polyoxymethylene urea dan quaternium-15.

Polyoxymethylene urea adalah polimer sintetis yang digunakan oleh industri kosmetik untuk membentuk lapisan luar mikrokapsul (yang menahan warna dalam blush on).

Kedua kandungan ini dapat menyebabkan alergi pada kulit apabila digunakan dalam jumlah yang banyak.

8 dari 8 halaman

7. SPF Foundation

Dengan informasi yang kita miliki sekarang tentang penyakit kulit dan penggelapan kulit, semakin banyak merek yang menambahkan SPF ke item yang digunakan di seluruh wajah.

Dari foundation hingga krim BB hingga concealer, SPF tambahan memberi kita perasaan bahwa kita melindungi diri kita sendiri dari sinar UV yang berbahaya.

Dari foundation hingga krim BB hingga concealer, SPF tambahan memberi kita perasaan bahwa kita melindungi diri kita sendiri dari sinar UV yang berbahaya.

Untuk mendapatkan keuntungan SPF dari tabir surya dalam foundation, kita perlu menerapkan lebih banyak daripada yang sebenarnya kita lakukan, yang merupakan sesuatu yang tidak diberitahukan oleh perusahaan produk perawatan kecantikan besar kepada kita.

Untuk sebagian besar riasan yang mengandung SPF, jumlah tabir surya yang sebenarnya diterapkan pada wajah sangat minim.

Jadi, sebaiknya gunakan tabir surya biasa terlebih dahulu, lalu aplikasikan riasan apa pun yang mengandung SPF, jika kalian mau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.