Sukses

Ladies, 9 Makanan Ini Dapat Membantu Melancarkan Siklus Menstruasimu

Menstruasi adalah proses luruhnya lapisan dinding rahim yang dialami oleh seorang wanita dalam usia reproduksi setiap bulannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi bagi para wanita pasti pernah mengalami telat menstruasi. Dilansir klikdokter.com, menstruasi adalah proses luruhnya lapisan dinding rahim yang dialami oleh seorang wanita dalam usia reproduksi setiap bulannya.

Masing-masing wanita mempunyai siklus menstruasi yang beragam. Rata-rata siklus haid berlangsung selama 21 hingga 35 hari.

Namun, tidak setiap bulan seorang wanita mempunyai siklus menstruasi yang normal. Terkadang, siklus menstruasinya terganggu dan menyebabkan haid lebih lambat atau cepat daripada biasanya.

Sebagian dari kamu mungkin mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Kadang terlalu cepat, bahkan mungkin terlalu lama.

Selain karena hamil, beberapa alasan menyebabkan menstruasi tertunda atau tidak teratur. Gaya hidup modern, skenario kerja yang penuh tekanan, berat badan tinggi, menopause, masalah tiroid, dan polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah alasan umum untuk periode tertunda.

Periode yang tertunda sering menyebabkan suasana hati yang mudah tersinggung, menyebabkan lebih banyak stres. Jika siklus ini berlanjut, itu berubah menjadi lingkaran setan masalah.

Nah ketika jadwal haid tidak teratur dan ingin mempercepatnya, cobalah konsumsi beberapa makanan atau minuman tertentu yang dapat membantu agar haid cepat keluar.

Dihimpun dari thebetterindia.com, berikut beberapa makanan dan minuman yang diduga dapat menjadi cara agar haid cepat keluar dan lancar.

1. Kunyit

Salah satu bumbu dapur ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan, tetapi juga menjadi salah satu makanan yang dapat membantu kamu agar haid cepat keluar.

Hal ini karena di dalam kunyit terdapat kandungan untuk merangsang aliran darah di bagian panggul dan rahim wanita.

Maka dari itu, kunyit dipercaya dapat memengaruhi tingkat estrogen dan progesteron, sehingga dapat merangsang menstruasi. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vitamin D dan Nanas

2. Pangan kaya vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium pada usus yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Rupanya vitamin D juga mampu membantu melancarkan haid.

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah polycystic ovary syndrome (PCOS). Uji klinis berskala kecil pada 2014 menyebut konsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, juga metformin bisa membantu melancarkan haid pada perempuan dengan PCOS.

Kamu dapat memperoleh vitamin D sesederhana berjemur atau konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti, ikan berlemak (ikan kembung, tuna, salmon) atau makanan dengan fortifikasi vitamin D.

3. Nanas

Buah nanas mengandung bromelain, yaitu senyawa enzim yang dipercaya dapat memengaruhi hormon di dalam tubuh, termasuk estrogen.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk makan nanas saat haid karena makanan ini dapat membantu kamu agar darah menstruasi cepat keluar.

Penelitian yang terbit dalam Journal of The Pakistan Medical Association menunjukkan bahwa kandungan bromelain di dalam nanas dapat membantu melancarkan menstruasi yang tidak teratur akibat peradangan.

3 dari 4 halaman

Pepaya, Kayu manis dan Jahe

4. Pepaya

Pepaya juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk melancarkan siklus haid. Buah ini kaya akan kandungan nutrisi seperti karoten, yang bisa membantu mempercepat produksi estrogen dalam tubuh dan meningduksi haid.

Seperti jahe, papaya juga diketahui dapat menimbulkan kontraksi di dalam rahim, sehingga menstruasi sesuai dnegan siklus. Hal ini bisa didapatkan jika rutin mengonsumsi jus papaya.

5. Kayu manis

Pada kayu manis telah ditemukan memiliki efek sensitivitas insulin pada penderita dengan gangguan menstruasi, termasuk akibat PCOS.

Jadi, dapat dikatakan bahwa manfaat kayu manis dapat meningkatkan siklus menstruasi dan mungkin menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk beberapa wanita dengan PCOS.

6. Jahe

Konsumsi jahe mentah secara teratur dapat membantu mengatur menstruasi kamu. Jika menstruasi yang tertunda atau menstruasi yang terlalu sering mengganggu kamu (sebagaimana mestinya), cobalah makan jahe mentah dengan madu organik setiap pagi.

Ini dapat membantu menyeimbangkan hormon kamu dan akan segera mengatur aliran darah, membuat menstruasi kamu datang secara teratur.

Selain itu, kandungannya juga bermanfaat untuk memicu kontraksi otot, sehingga membantu mempercepat rahim melepaskan lapisannya. Tidak hanya itu, jahe juga dapat membantu mengurangi nyeri haid karena efek hangatnya.

4 dari 4 halaman

Buah Bit, Wortel dan Biji Ketumbar

7. Bit

Bit adalah gudang mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan asam folat. Ini membantu mengurangi kembung dan retensi air , yang sering dialami wanita selama menstruasi.

Selain itu, kandungan zat besi membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar rahim. Makan bit berukuran sedang atau mengonsumsi satu jus bit berukuran sedang akan membantu menginduksi menstruasi lebih awal.

8. Wortel

Wortel mengandung karoten, enzim yang membantu menginduksi menstruasi lebih awal. Hal ini membantu mengendurkan otot perut dan melebarkan kapiler darah di sekitar rahim.  

Dan hal ini juga membantu mendahului siklus menstruasi.  Kaalian dapat memasukkan wortel dalam makananmu sebagai salad, jus, sup, atau makanan.

Namun, mengkonsumsi wortel mentah akan menjadi pilihan yang lebih baik. Jika kamu menghadapi masalah asam lambung karena wortel, batasi penggunaannya dan beralihlah ke makanan lain untuk menginduksi menstruasi.

9. Biji Ketumbar

Sifat emmenagogue dari biji ketumbar membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam 2 gelas air sampai campurannya berkurang menjadi satu gelas. Pisahkan biji ketumbar dari campuran menggunakan saringan.

Minum ramuan tersebut tiga kali sehari, terutama 4-5 hari sebelum haid. Ini membantu menghasilkan panas di dekat rahim , menyebabkan kontraksi rahim atau timbulnya menstruasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.