Sukses

Minyak Zaitun hingga Jus Bawang, 8 Bahan Alami Ini Ampuh Menebalkan Rambut

Berikut cara alami untuk membuat rambut terlihat dan terasa lebih tebal yang dapat kamu coba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang tebal, meskipun tidak ada cara untuk mengubah tekstur folikel rambut, namun ada banyak cara untuk membuat rambut tampak lebih tebal dan mengurangi kerusakan serta kerontokan rambut.

Rambut tipis atau menipis adalah hal yang umum dialami siapa saja. Penuaan, alergi bahan kimia, penyakit, dan nutrisi yang buruk hanyalah beberapa faktor yang mungkin berkontribusi. 

Namun ada beberapa cara alami untuk membuat rambut lebih tebal yang dapat dicoba sendiri di rumah. Mengutip Medical News Today, Senin (7/11/2022), British Association of Dermatologists melaporkan bahwa, pola kerontokan rambut pada wanita biasanya menyerang orang berusia 30 tahun atau lebih dan menyebabkan penipisan rambut.

Dikatakan juga bahwa rambut mungkin tampak lebih pendek di area lain. Sebuah penelitian pada 2021 menjelaskan pentingnya konseling bagi orang yang mengalami kerontokan rambut. Berikut sejumlah bahan alami yang dipercaya bisa membantu melebatkan rambut kalian.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam omega-3 dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan rambut. Ketika dioleskan secara langsung, minyak zaitun membantu meningkatkan rambut lebih tebal. Minyak zaitun juga dapat melembutkan rambut dan melembabkan area kulit kepala yang kering.

2. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk kulit, kulit kepala, dan rambut. Mengoleskan lidah buaya secara langsung ke rambut dan kulit kepala dapat membantu memperkuat rambut dan menebalkannya dari waktu ke waktu. Beberapa perawatan komersial, termasuk gel dan krim, mengandung lidah buaya sebagai bahan aktif.

Untuk perawatan buatan sendiri, cobalah menggosokkan gel lidah buaya murni ke rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Beberapa orang mencampur lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Kalian bisa menggunakan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E dan banyak orang percaya bahwa alpukat adalah pelembap e yang baik. Seseorang mungkin mnegoleskan alpukat selama dua kali seminggu. Untuk membuat olesan alpukat cukup campurkan 1 buah alpukat dengan 1 sdm minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama sekitar 30 menit, kemudian cuci bersih dengan sampo.

4. Minyak Jarak (Castor Oil)

Minyak jarak atau biasa dikenal castor oil juga kaya akan vitamin E dan asam lemak yang dapat membantu kesehatan rambut. Kalian dapat menggosokkan minyak ke kulit kepala dan rambut mereka sampai rambut terlapisi. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum membilasnya.

5. Minyak Kelapa

Sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa, helai rambut dapat menyerap minyak kelapa dan minyak tersebut mencegah kerusakan pada ujung rambut yang bercabang. Sebuah studi berbeda mengamati bahwa, minyak kelapa dapat menebalkan rambut dan merangsang pertumbuhannya.

 

3 dari 4 halaman

6. Minyak Rosemary

Kalian dapat mengoleskan minyak rosemari langsung ke kulit kepala mereka atau mencampurnya dengan shampo biasa. Sebuah studi pada 2015 melihat efek minyak rosemari dan minoxidil (Rogaine) pada orang dengan alopecia androgenetik. Ditemukan bahwa minyak rosemary sama efektifnya dengan obat dalam mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

7. Telur

Telur memberikan keajaiban bagi rambut karena mengandung protein, mineral, dan vitamin B-kompleks seperti biotin, yang merupakan nutrisi penting. Telur membantu mencegah rambut rontok dengan menstimulasi pertumbuhan rambut dan meningkatkan volume dan tekstur rambut. Ini membantu memperkuat dan mengkondisikan rambut.

Dengan mengoleskan kocokan telur ke rambut yang sudah dibasahi dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan air hangat dan shampo. Lakukan perawatan rambut ini 1-2 kali seminggu.

 

 

 

4 dari 4 halaman

8. Jus Bawang

Bahan alami untuk rambut tebal berikutnya adalah jus bawang yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi radang pada folikel rambut sehingga merangsang pertumbuhan sekaligus mengurangi risiko rambut patah.

Jus bawang juga mengandung antioksidan yang dapat merawat rambut dari kerontokan. Caranya cukup dengan menghaluskan bawang lalu tambahkan sedikit air agar jus bawang tak terlalu pekat.

Sebelum mengoleskannya ke seluruh kulit kepala, lakukan tes ke area tubuh lain lebih dulu untuk mengetahui apakah ada alergi atau tidak. Jika tidak ada reaksi, kalian dapat menggunakannya pada kepala.

Oleskan jus bawang ke kepala sambil dipijat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisinya. Setelah itu diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas sampai bersih. Kalian dapat melakukan perawatan ini saat malam hari sebelum mandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.