Sukses

Menurut Gen Z, Lebih Penting Pakai Alis atau Lipstick?

Merias wajah merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian wanita. Bagi Gen Z, lipstik dan alis adalah make up yang perlu dipakai, namun mereka lebih pilih mana, hanya pakai alis atau lipstik?

Liputan6.com, Jakarta - Merias wajah merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertegas bentuk muka. Tak hanya itu, tampilan seseorang akan berubah ketika menggunakan riasan wajah.

Adapun macam-macam riasan wajah, mulai dari natural look, Korean look, Arabian look, bold hingga no make up look.

Dikutip Make Up by Samantha Linnnatural make up merupakan riasan wajah yang hanya menggunakan sedikit produk saja. Tampilan make up seperti ini dikenal dengan istilah second skin.

Gen Z biasanya lebih senang memilih natural look untuk riasan wajahnya sehari-hari. Tampilan itu adalah riasan yang mereka gunakan ketika pergi jalan-jalan atau ke kampus dan bertemu dengan teman-teman.

“Kalau keluar rumah suka pake make up dong pastinya, buat daily sih paling pake pensil alis, liptint, mascara sama bedak,” kata Alifia (20) kepada tim Citizen6-Liputan6.com Sabtu (5/11/2022).

Merias wajah cukup menyita banyak waktu, apalagi saat produk yang digunakan bervariasi. Inilah yang menyebabkan wanita sering kali menghabiskan waktu saat berdandan.

Mereka yang tertarik dalam dunia kecantikan, rela merogoh kocek untuk mendapatkan produk make up guna mempercantik penampilannya.

“Gue suka dong pake make up, biasanya pake concelear, bedak, blush, alis, mascara, lipcream atau liptint,” ujar seorang beauty enthusiast, Niken Ayu Zahra (21).

Lalu, bagaimana jadinya saat mereka sudah dikejar waktu dan tak sempat menggunakan beberapa produk. Pasti mereka terburu-buru dan hanya menggunakan produk yang paling berarti baginya.

Jika disuruh memilih hanya satu produk make up, mana yang mereka pilih? Hanya pakai alis atau hanya pakai lipstik?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mana Yang Lebih Penting, Alis atau Lipstick?

Dari hasil wawancara dengan beberapa Gen Z, ternyata kebanyakan dari mereka akan memilih untuk menggunakan lipstick saja. Hal ini dikarenakan lipstik dapat membantu wajah terlihat lebih segar.

“Lipstik lah pastinya, biar gak keliatan pucat,” kata Alifia.

Lain hal dengan Alifia, Niken memilih lipstik karena ingin menutupi bibir gelapnya. Dirinya pun sudah mempunyai alis tebal, sehingga ia lebih memilih untuk hanya menggunakan lipstik.

“Tolong lah, lipstik aja, kalo alis gak perlu banget karena alisku udah tebal,” katanya.

“Ya kalau lipcream wajib sih soalnya bibir gue hitam,” sambung Niken.

Sangat jauh berbeda dengan Alifia dan Niken, Hasnabilla (21) menganggap alis lebih penting daripada lipstik.

“Lebih penting alis deh, soalnya kalo gak pakai lipstick bisa ketutup masker, tapi kalau alis enggak ada yang bisa nutupin,” jelas Hasnabilla.

3 dari 4 halaman

Make Up Luntur, Bagaimana?

Riasan wajah memiliki ketahanannya masing-masing. Ada yang sanggup tahan seharian, ada pula yang baru beberapa jam saja sudah luntur.

Segelintir perempuan rela membeli produk penahan riasan wajah, seperti setting spray untuk menjaga tampilannya.

Musyaffa Cut Dwi Aryani (21) menggunakan setting spray untuk menjaga ketahanan pada riasan wajahnya.

“Iya, pake setting spray buat nahan make up,“ ungkap Musyaffa yang lebih akrab disapa Sasa.

Meski begitu, Sasa tetap akan membiarkan riasan wajahnya luntur walaupun sudah menggunakan setting spray. Ternyata, beberapa perempuan juga tidak mempermasalahkan jika make up mereka luntur.

“Jujur, enggak masalah kalau make up luntur, karena kuncinya itu di bagian complexion,” Kata Niken.

“Tapi, beda cerita kalau lipstick yang luntur, aku bakalan retouch lippies aja sih,” sambungnya.

Tak masalah dengan make up luntur, Alifia dan Hasnabilla memilih untuk mendiamkan saja. Namun, terkadang tetap touch up tipis-tipis.

Make up gue gak gampang luntur banget sih, lebih sering gua diemin aja,” jelas Alifia.

“Kalau gue pribadi sih gak gampang luntur dan jarang touch up, tapi kalau udah jelek banget baru deh touch up,” ungkap Hasnabilla.

4 dari 4 halaman

Keluar Rumah Tetap Membawa Pouch Make Up

Kotak atau tempat penyimpanan produk riasan wajah sangat berarti untuk perempuan. Bagaimana tidak, segala peralatan dan produk make up mereka ada disana.

Pouch make up menjadi tas yang tidak boleh terlupakan oleh mereka. Apalagi saat pergi jauh, mereka tentu membutuhkan alat untuk merias wajah.

“Gue punya pouch make up yang kalau pergi jauh kayak keluar kota pasti bakalan gue bawa,” kata Sasa.

Sejalan dengan Sasa, Hasnabilla pun memiliki tas untuk menyimpan produk kecantikan yang dibawa setiap harinya.

Dirinya menjelaskan kegunaan dari tas itu untuk menjaga produk make up agar lebih rapih dan tidak tercecer.

“Gue punya dan bakalan dibawa terus, soalnya kalo gak dibawa dia jadinya berceceran,” ungkap Hasnabilla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.