Sukses

Lakukan 5 Cara Ini saat Harga Barang Serba Naik, Dijamin Hemat

Tips menghemat saat sema harga barang mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin efek inflasi mulai dapat dirasakan saat ini. Harga bahan makanan naik, bahkan di kategori tertentu mengalami kenaikkan yang gila-gilaan.

Sebut saja telur, daging sapi, dan ayam, harganya di pasaran saat ini cukup bikin geleng-geleng kepala.

Kenaikkan harga barang dan bahan makanan menandakan jika anggaran belanja yang biasanya sekian persen ikut meningkat.

Namun, tenang saja ada cara yang dapat membantu mengurangi pengeluaran untuk bahan makanan tanpa perlu khawatir tidak dapat menyediakan santapan bergizi di atas meja.

Melansir laman healthline pada Minggu (5/11) cobalah beberapa tips keuangan ini.

1. Buat rencana

Perencanaan membantu menghemat uang Anda karena berbagai alasan. Membuat daftar belanjaan membantu menghindari pembelian impulsif yang bertambah.

Anda lebih cenderung menggunakan apa yang Anda beli dan apa yang sudah Anda miliki yang membantu mengurangi biaya lebih banyak.

Peneliti memperkirakan bahwa rata-rata rumah tangga membuang sekitar 30 persen dari makanan yang mereka beli.

Memiliki rencana makan malam ditambah beberapa makan siang dan sarapan selama seminggu juga membantu Anda memasak lebih banyak di rumah dan melewatkan takeout atau pilihan lain yang lebih mahal pada hari-hari sibuk.

Tidak harus rumit, tetapi menuliskan beberapa resep dan kemudian berbelanja bahan-bahan tersebut adalah strategi yang bagus untuk membantu Anda menghemat uang di toko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pilih-pilih produk

Setiap orang dianjurkan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran. Makanan tersebut mungkin tampak mahal. Namun, bila tahu caranya, Anda tetap bisa membelinya tanpa merogeh kocek dalam-dalam.

Memilih buah dan sayuran beku kalenganatau kering adalah cara hemat untuk mendapatkan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan bagi tubuh Anda.

Yang paling penting, pastikan Anda benar-benar makan apa yang Anda beli. 

3 dari 5 halaman

3. Cek harga satuan

Memahami harga satuan adalah hal yang penting. Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membandingkan setiap produk yang berada di sebelah barang yang hendak Anda beli. 

Misal Anda adalah penikmat sereal. Sebelum mengambil kotak berukuran sedang, coba cek yang berukuran besar. Siapa tahu perbandingan harganya tidak banyak tapi bisa untuk waktu yang lama.

 

4 dari 5 halaman

4, Ketahui apa Tanggal Kedaluwarsa

 

Periksa tanggal kedaluwarsa guna memastikan apa yang Anda beli masih segar dan Anda menggunakan produk lama terlebih dahulu.

5 dari 5 halaman

5. Belanja Dapur

Terkadang kita merasa bahwa sepertinya tidak ada bahan makanan dirumah. Padahal sebetulnya ada.

Cobalah gunakan apa yang Anda miliki sebelum membuat daftar dan berbelanja. Sebab, hal itu dapat membantu Anda menghemat uang, karena Anda dapat menggunakan apa yang Anda miliki.

Sebelum membeli makanan di luar, coba cek dulu isi kulkas Anda. Siapa tahu ada bahan-bahan makanan yang dapat diolah

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.