Sukses

Keterikatan Menggosok Gigi, Demensia, dan Sosioekonomi, Seperti Apa Hubungannya?

Gigi terhubung dengan sema organ, termasuk otak. Simak hubungan gosok gigi dan kesehatan otak di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta- Sebuah penelitian baru yang diterbitkan awal September 2022 lalu dari University of Eastern Finland di Journal of American Geriatrics Society membuktikan hubungan kuat antara kesehatan gigi dan kesehatan otak.

Tinjauan tersebut meneliti data dari 47 studi tentang penyakit gusi dan degenerasi kognitif. Peneliti utama Sam Asher, seorang peneliti kesehatan masyarakat di University of Eastern Finland melaporkan kepada Inverse, bahwa penelitian ini baru permulaan, seperti dikutip dari Inverse, Jumat (4/11/2022).

“Penyelidikan hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan otak masih dalam tahap awal. Hal ini dapat menurunkan risiko demensia hingga batas tertentu, meskipun saat ini kami tidak dapat mengatakan dengan pasti seberapa banyak,” ujar Asher.

Menurut penelitian, demensia diderita oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia. Dengan populasi yang semakin menua, prevalensi penyakit ini diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat pada 2050. Demensia secara bertahap memperburuk pikiran sehingga seseorang tidak hanya kehilangan ingatan mereka tetapi juga kesadaran mereka.

Asher mencatat bahwa kemungkinan salah satu aspek yang paling penting dari penelitian ini adalah bahwa kesehatan periodontal adalah "modifiable risk factor," yang berarti kita memiliki kendali atas hal itu.

Bukan berarti otak kita diam-diam didukung oleh gigi kita. Sebaliknya, peradangan pada gusi yang mempengaruhi seluruh tubuh.

Periodontitis juga terkait dengan kondisi sistemik lainnya seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung - yang semuanya menjadi lebih berisiko seiring bertambahnya usia.

Menjaga kesehatan mulut mungkin bahkan lebih penting bagi orang-orang dengan penurunan kognitif atau demensia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebersihan Mulut

Maria del Cielo Barragan-King, DDS, Ph.D., seorang dokter gigi di The University of Kansas Health System, mengatakan bahwa temuan ini merupakan pengingat penting tentang peran kebersihan mulut dalam kesehatan secara keseluruhan.

"Mulut kita penuh dengan bakteri (baik dan buruk). Kita membutuhkan bakteri ini untuk hidup dalam keseimbangan dan ketika kebersihan gigi kita hilang, bakteri jahat dapat mengatasi dan menetap di gusi kita. Ada bukti bahwa bakteri dapat melakukan perjalanan ke otak dan berpartisipasi pada neurodegenerasi yang dapat menurunkan kesehatan kognitif kita," kata Maria. 

"Kesehatan mulut penting untuk kualitas hidup kita secara keseluruhan. Merawat mulut kita sama pentingnya dengan merawat tubuh kita. Mulut kita lebih banyak terpapar lingkungan, dan itu adalah pintu masuk ke seluruh tubuh kita," Maria menambahkan.

Kesehatan periodontal mengacu pada kesehatan gusi, tulang, dan jaringan yang mengelilingi dan menopang gigi. Penelitian sebelumnya telah menghubungkan kesehatan periodontal dengan kondisi sistemik seperti diabetes dan penyakit jantung.

Tahap awal penyakit periodontal bisa terjadi ketika gusi berdarah, bengkak, atau merah. Jika penyakit periodontal berkembang ke bentuk yang paling serius, yang dikenal sebagai periodontitis, gusi dapat terlepas dari gigi dan gigi dapat  lepas sepenuhnya.

Gejala-gejala yang mungkin menunjukkan seseorang memiliki penyakit periodontal termasuk bau mulut, gigi sensitif atau goyang, dan kesulitan mengunyah.

3 dari 4 halaman

Koneksi Mulut dan Demensia

"Hipotesis mekanismenya mengapa kemudian koneksi ini muncul adalah ketika Anda mengalami peradangan pada gusi. Hal itu memungkinkan masuknya, katakanlah, bakteri yang menyebabkan penyakit ke dalam sirkulasi sistemik. Kemudian komponen-komponen ini menemukan jalan mereka melalui sirkulasi dan organ benih di seluruh tubuh, termasuk otak," Yvonne Hernandez-Kapila, DDS, Ph.D., dekan asosiasi penelitian di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas California Los Angeles, mengatakan kepada Healthline.

Peradangan dapat mempengaruhi bagian lain tubuh dari jarak jauh. Maka, peradangan pada gusi dapat menyebabkan peradangan di otak, yang merupakan faktor risiko demensia. Menurut penelitian tersebut, periodontitis mempengaruhi 10 sampai 15 persen dari populasi orang dewasa di seluruh dunia.

"Jadi, bakteri seperti mereka menyebabkan peradangan pada gusi, jika mereka menemukan jalan mereka dan komponen mereka menemukan jalan mereka ke sistem organ lain, idenya adalah bahwa mereka akan menyebabkan peradangan di situs-situs (saraf) tersebut,” tambah Yvonne.

Para ahli mengatakan hal terbaik yang dapat dilakukan orang untuk melindungi gigi, gusi, dan kesehatan mereka secara keseluruhan adalah mulai dengan kebersihan mulut dasar.

"Sikat gigi dua atau tiga kali sehari. Kunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk pembersihan dan pemeriksaan profesional. Mengobati radang gusi dan penyakit periodontal bila diperlukan. Flossing dapat membersihkan area di antara gigi yang memiliki kerentanan lebih tinggi untuk pengumpulan bakteri," tambah Yvonne.

4 dari 4 halaman

Dampak Sosioekonomi

Mengutip CNN, sebuah analisis dari NYU Rory Meyers College of Nursing pada 2021 lalu menemukan bahwa jika ada masalah pada gigi seseorang atau bahkan kehilangan gigi. Hal itu mencerminkan "kerugian sosioekonomi seumur hidup, seperti akses dan kualitas perawatan medis dan gigi yang terbatas, tahun pendidikan yang lebih sedikit, dan gizi yang buruk."

"Pendapatan dan pendidikan sangat terkait dengan kesehatan mulut, bahkan mungkin lebih dari banyak kondisi kronis lainnya, terutama karena kurangnya asuransi gigi bagi banyak orang," kata Bei Wu. Wu merupakan seorang profesor di bidang kesehatan global di NYU Rory Meyers College of Nursing. 

Di Amerika misalnya, Wu mengatakan bahwa kesenjangan kesehatan mulut sangat menonjol. Sistem perawatan kesehatan rumit untuk dinavigasi, dan banyak orang tidak memiliki akses ke perawatan gigi. Mereka diharuskan membayar biaya gigi secara out-of-pocket.

Dia mengatakan bahwa analisis tersebut harus berfungsi sebagai pengingat - baik bagi pemerintah maupun masyarakat awam - tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut yang baik sejak usia dini hingga dewasa.

American Dental Association dan AAP juga mengatakan bahwa perawatan pencegahan dan pemeriksaan gigi secara teratur penting untuk melindungi gigi dari gigi berlubang dan menjaga dari penyakit gusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.