Sukses

Wajib Dicoba, Ini 4 Latihan Plank Terbaik untuk Menghilangkan Lemak di Perut

Berikut ini adalah empat latihan plank terbaik untuk hempaskan semua lemak di perut.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda telah melakukan sit-up tanpa henti dengan harapan dapat melangsingkan pinggang Anda namun tidak melihat hasilnya? Sayangnya, latihan ini bukanlah gerakan terbaik untuk menghilangkan lemak perut.

Sebaliknya, fokus utama Anda haruslah pada latihan stabilitas inti, seperti variasi plank dan bagaimana plank tersebut dilakukan. Plank sendiri sangat efektif dalam membantu membangun inti tubuh Anda, hal tersebut akan meningkatkan kinerja Anda dalam latihan kekuatan lainnya dan memungkinkan Anda untuk membangun otot dan membakar lebih banyak lemak.

Jika dibandingkan dengan lemak di paha atau pinggul, memiliki lemak di bagian tengah tubuh dapat menyebabkan risiko kesehatan yang besar. Menurut Harvard Health Publishing, lokasi adalah segalanya ketika berbicara tentang kelebihan lemak.

Terlalu banyak lemak perut atau dapat disebut juga lemak visceral dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti asma, demensia, penyakit kardiovaskular, kanker kolorektal dan kanker payudara.

Untuk mendapatkan perut Anda kembali ke bentuk semula, ada beberapa saran yang efektif dilakukan. Meskipun plank saja mungkin tidak akan membantu Anda menghilangkan lemak perut, namun jika dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan yang teratur, Anda akan mencapai tujuan penurunan lemak yang diinginkan.

Untuk itu perlu menyeimbangkan antara keduanya. Mengutip dari laman Eat This Not That, Kamis (03/11/2022) berikut lima latihan plank terbaik untuk hempaskan semua lemak dalam perut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gerakan Jangkauan Sentuhan

Latihan pertama untuk menghilangkan lemak perut ini adalah gerakan jangkauan sentuhan. Untuk melakukannya, lakukan pushup klasik dengan kaki Anda diposisikan lebar.

Jangkau salah satu tangan Anda ke jari kaki yang berlawanan. Setelah Anda menyentuh kaki Anda, geser kembali saat Anda meregangkan lengan Anda sepenuhnya. Lakukan 3 hingga 4 set pengulangan pada satu sisi sebelum beralih ke sisi lainnya.

2. Gerakan Gantung

Selanjutnya, saatnya untuk gerakan gantung. Lakukan posisi push up dengan kedua kaki secara bersama-sama. Dengan kedua tangan Anda diletakkan dengan kuat di lantai, angkat kedua kaki Anda ke posisi lebar, lalu bawa kembali ke posisi semula.

Pastikan untuk menjaga bagian tubuh Anda tetap kencang dan punggung Anda lurus selama latihan. Terus bergerak sampai semua gerakan selesai. Lakukan 3 hingga 4 set dengan 15 hingga 20 pengulangan.

3 dari 4 halaman

3. Gerakan Push-up Satu Tangan

Plank push up satu tangan membuat Anda masuk ke posisi push up dengan bahu sejajar dengan pergelangan tangan dan pinggul Anda tinggi. Jaga agar tubuh Anda tetap kencang saat Anda mengambil satu tangan dan meraih bahu yang berlawanan.

Sentuh bahu Anda, lalu kembalikan tangan Anda ke posisi awal dan raih dengan tangan yang lain. Saat Anda melakukan gerakan ini, jaga agar otot pantat Anda tetap kencang dan punggung Anda selurus mungkin. Lakukan 3 hingga 4 set 10 pengulangan untuk setiap lengan.

4. Gerakan Menahan Tubuh

Gerakan menahan tubuh sama dengan plank biasa tetapi siku Anda lebih jauh keluar. Hal ini membuat posisi ini jauh lebih sulit untuk ditahan. Saat melakukan latihan ini, Anda harus benar-benar memastikan otot inti Anda kencang dan otot bokong Anda terjepit. Pertahankan ketegangan di perut Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan usahakan untuk 3 hingga 4 set menahan plank Anda selama 20 hingga 30 detik.

4 dari 4 halaman

8 Mitos Tentang Lemak Perut, Salah Satunya Kacang Bikin Gemuk?

Lemak perut merupakan masalah umum yang sering dialami seseorang. Lemak perut dianggap mengganggu keindahan bentuk tubuh dan perlu dihilangkan. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan segala upaya untuk menghilangkan lemak perut dan mengecilkan perut. Selain itu, menghilangkan lemak perut juga dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Meskipun demikian, masih banyak yang keliru dengan cara yang digunakannya sebab mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Berikut 8 mitos lemak perut beserta faktanya menurut situs  Eat This, Not That!:

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.