Sukses

BTS Wamil, Hybe Akan Fokus pada Debut Grup Pendatang Baru

Apa yang terjadi pada Hybe setelah BTS wamil dan apa rencana BTS hingga 2025?

Liputan6.com, Jakarta- Banyak hal yang terjadi setelah pengumuman BTS akan menjalani wamil atau wajib militer. Dari mulai Hybe yang diprediksi merugi, politisi Korea Selatan yang kebingungan, kolaborasi BTS dengan idolanya, hingga billboard yang mencari "the next BTS". 

Selain itu ARMY juga kerap memprediksi terkait waktu masing-masing anggota akan merilis solo albumnya. Pertama-tama, mari kita lihat klarifikasi Hybe tentang apa yang akan terjadi setelah ditinggalkan BTS.

Dalam sebuah press-call dengan Naver pada Rabu (3/11/2022) Hybe memperkirakan keuntungan mereka di tahun selanjutnya akan lebih buruk daripada tahun ini. Satu hal yang memengaruhi adalah wamilnya BTS. Tetapi, ada aktivitas grup rookie lain yang diharapkan akan membawa perubahan bagi Hybe. 

BTS menyumbang 60-65 persen dari penjualan tahun ini dan artis-artis lainnya menyumbang 35-40 persen,” kata Park Ji-Won, Kepala Eksekutif Hybe, mengutip Naver, Kamis (3/11/2022).

Jin, member tertua BTS diperkirakan akan melaksanakan wajib militer pada akhir 2022 mendatang dan bagian penjualan Hybe jelas akan berkurang. 

Tahun depan, karena pangsa penjualan BTS menurun dan penjualan artis lain meningkat, tekanan margin akan meningkat,” kata Park.

BTS berencana untuk segera merilis album solo mereka masing-masing. Suga, Jimin, V, dan Jungkook akan menyusul J-hope dan Jin tahun depan. Hybe berharap dapat melanjutkan aktivitas BTS secara penuh pada 2025.

Meskipun, jadwal keberangkatan wajib militer anggota lain selain Jin masih belum diputuskan. Mengenai rencana wajib militer Jin sebagai member tertua dan Jungkook sebagai member termuda, CEO Park tidak berkomentar spesifik. 

Kami akan berdiskusi dengan artis dan mengkonfirmasinya segera untuk melanjutkan rencana implementasi,” ujar Park.

Hybe mengungkapkan bahwa pendapatannya yang berbasis konsolidasi untuk kuartal ketiga 2022 ini adalah KRW 44,5 Miliar, meningkat 30,6 persen dari periode yang sama di tahun lalu. Ini adalah yang terbesar dalam sejarah penjualan kuartal ketiga Hybe. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rencana Hybe Saat BTS Wamil

Penjualan album tidak memberikan perbedaan yang signifikan. Tetapi, seiring dengan berjalannya konser, penjualan produk yang berhubungan dengan artis meningkat. 

Dengan dimulainya kembali tur dunia oleh artis-artis besar, penjualan partisipatif langsung meningkat. Tetapi, penjualan partisipatif tidak langsung, seperti game, meningkat lebih jauh,” ujar Chief Financial Officer Hybe, Lee Kyung-Jun.

Di 2023 mendatang, Hybe akan berfokus pada pertumbuhan grup-grup pendatang baru seperti Seventeen, Tomorrow by Together (TXT), dan Enhypen. Ditambah grup-grup rookie seperti Le Sserafim dan New Jeans. CEO Park juga menekankan bahwa penjualan dari artis-artis lain, kecuali BTS, tumbuh rata-rata 200 persen per tahun. 

Newjeans dan Le Sserafim menargetkan pertumbuhan lebih dari 100 persen tahun ini. Artis-artis lainnya juga diharapkan dapat tumbuh lebih tinggi sekitar 30-50 persen,” Park menambahkan. 

Namun, biaya pertunjukan offline, termasuk investasi untuk grup-grup baru, tercermin dalam pendapatan operasional di kuartal ketiga yang turun 8 persen di 2022 ini menjadi KRW 60,6 miliar. 

Jika Anda melihat tingkat laba kotor berdasarkan artis, tidak ada perbedaan besar antara BTS, Seventeen, TXT, dan Enhypen,” kata Park. 

Tahun depan akan berada di bawah tekanan marjin. Tetapi, kita akan lihat laba operasi yang telah kita berikan untuk tahun sebelumnya,” tambahnya. 

3 dari 4 halaman

Perilisan Album Solo Suga, Setelah J-Hope, Jin, dan RM

Setelah J-Hope merilis ‘Jack In The Box’ dan debut langsung di Lollapalooza dengan 105.000 penonton, Jin BTS merilis single ‘The Astronaut’ berkolaborasi dengan Coldplay. 

Serta, kabar dari leader BTS RM yang rencananya akan merilis album pada 25 November mendatang. ARMY memprediksi yang selanjutnya akan mengeluarkan album perdananya adalah Suga. 

Sebagai member tertua kedua di BTS, suga harus menjalani wamil setelah Jin. Lalu, pernyataan dari CEO Park tentang 4 member BTS sisanya akan merilis album mereka di 2023. Serta, adanya pernyataan dari mantan produser BigHit Music yang dihubungi Suga untuk berkolaborasi.

Semuanya kini menjadi jelas, BTS Suga adalah orang keempat yang akan merilis album di 2023 nanti. ADORA, mantan produser in-house Big Hit Music mengungkapkan bahwa ia dihubungi oleh Suga BTS untuk berkolaborasi di album baru Suga. 

ADORA terkenal di kalangan ARMY karena gaya produksinya yang khas di lagu BTS dan vokal surgawi pada lagu-lagu seperti "Epiphany" dan "Seesaw." Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, ADORA menyebutkan, meskipun dia tidak banyak berhubungan dengan semua member BTS. Tetapi, baru-baru ini Suga mengubunginya dan memuji cover lagu "Spring Day" miliknya di Artistock.

Bukan hanya itu, ADORA mengungkapkan bahwa Suga meminta ADORA mengerjakan sesuatu bersamanya. Meskipun ADORA masih belum mengetahui proyek seperti apa itu. 

Saya hanya belum tahu lagu apa itu. Ia menghubungi untuk menanyakan kondisi saya dan memastikan apakah saya bisa melakukannya. Jadi, saya katakan bahwa saya bisa melakukan apa saja,” ungkap ADORA.

Hal ini sontak membuat ARMY heboh dan menunggu-nunggu. ARMY juga berspekulasi bahwa di album solo Suga nanti, akan ada ADORA. Selain itu, dengan adanya pernyataan dari CEO Park, ARMY juga memprediksi bahwa Suga akan mengeluarkan album sesaat setelah RM yang akan mengeluarkan album di akhir November 2022 ini. 

4 dari 4 halaman

Prediksi ARMY

Menanggapi kabar yang beredar seputar rencana perilisan album solo milik Suga, Jimin, Jungkook, dan V, ARMY memprediksi banyak hal.

“Prediksiku, Suga akan merilis album pada Januari atau Februari, disusul Jungkook pada Maret atau April, dan Jimin pada Mei lalu V pada Juni,” kata salah satu ARMY @ot7_purplegirl_ di akun twitternya. ARMY lain juga setuju dengan tweet tersebut.

“Dari BTS Festa Dinner awal 2022  ini, Jungkook akan merilis albumnya setelah Suga. Jika memang semua itu berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap akun @laranuque.

Mereka juga memprediksi bahwa BTS benar-benar akan kembali pada 2025 jika semua rencana berjalan dengan sesuai. 

“Menurutku, jika mereka semua merilis album solonya hingga akhir 2023. Maka, mereka akan kembali berkumpul di pertengahan 2025. Semuanya berjalan sesuai rencana,” ungkap akun @magenta_militia. Hal yang sama juga dipikirkan oleh ARMY yang lain.

“Saya pikir, mereka akan menyelesaikan wajib militernya di awal 2025. Karena, 13 Juni 2023 merupakan hari Jumat. Tidak ada yang kebetulan bagi BTS. semuanya akan direncanakan dengan matang. Mereka memiliki waktu yang banyak untuk bersiap,” tulis akun @snsa92. 

13 Juni merupakan perayaan hari debutnya BTS di industri musik dan setiap tanggal tersebut BTS pasti merayakannya dengan memberikan berbagai kejutan untuk ARMY. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.