Sukses

Sosok 3 Musisi Dunia Idola Member BTS, Kini jadi Rekan Duet

3 penyanyi dunia yang kini berkolaborasi dengan BTS dulu idola mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti memiliki satu sosok yang membuat mereka terkesan, mampu memotivasi, dan tentu saja menginspirasi, BTS salah satunya.

Bangtan Boys saat ini memiliki jutaan penggemar yang tersebar dari seluruh penjuru dunia. Bahkan, sederet artis dunia pun mengidolakan BTS. 

Debut dari sebuah agensi kecil yang tidak terkenal. Mengadakan konser gratis tetapi hanya sedikit yang datang. Hingga tidak ada satupun media yang sempat melirik mereka. 

Namun, siapa sangka, kini semua mata tertuju pada mereka. Setiap lagu yang keluarkan menjadi nominasi di Grammy Awards, bertengger ratusan minggu di Billboard.

Mereka pun mampu melakukan tur konser dunia di stadion-stadion terbesar di dunia, hingga diundang PBB dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, untuk mewakili Komunitas Asia.

Bahkan, Korea Selatan digadang-gadang mendapatkan banyak keuntungan di bidang ekonomi dan pariwisata hanya karena satu boys group. 

Selain karena para penggemarnya, kesuksesan BTS juga berasal dari mimpi-mimpi mereka dan kecintaan mereka terhadap musik. 

Suga, misalnya, yang dalam suatu interview sempat mengungkapkan keinginannya untuk berada di panggung Grammy Awards di awal karier mereka di industri musik. 

Mimpi mereka merupakan salah satu motivasi mereka untuk terus bekerja keras. 

Selain itu, tiap-tiap member BTS juga memiliki idolanya masing-masing yang menginspirasi.

Nampaknya, semboyan ‘My Idols Become My Peers’ cocok untuk mereka. 

Setelah Jin berkolaborasi dengan Coldplay dan Jungkook dengan Charlie Puth, kini gilirang sang leader, RM BTS yang memiliki rencana berkolaborasi dengan Pharrell Williams.

Siapa sangka, baik RM maupun Pharrell Williams ternyata saling mengagumi satu sama lain.

Walau mereka kini bintang dunia, RM dan Pharrell Williams tak malu untuk mengakui bahwa mereka saling mengidolakan hingga mereka bisa berkolaborasi dengan para idolanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jungkook dan Charlie Puth

Jungkook BTS dan penyanyi Amerika Serikat, Charlie Puth, mengejutkan para penggemar ketika mereka mengumumkan bahwa akan berkolaborasi bersama dalam lagu Left And Right. 

Solo kolaborasi pertama Jungkook itu memecahkan rekor dengan bertengger di Billboard Hot100 selama 17 minggu berturut-turut. Sebab, Jungkook merupakan solo idol pertama dan satu-satunya yang mencapai ini. 

Bersamaan dengan munculnya musik video ‘Left And Right’, BigHit music juga merilis behind the scene pembuatan musik video tersebut. 

Jungkook juga bercerita perasaannya ketika dia diminta untuk berkolaborasi dengan Charlie Puth.

"Sebagai penggemar Charlie Puth, saya mendengarkan musiknya dan sering menyanyikannya," ujar Jungkook.

Sepanjang video, sepertinya Jungkook tidak bisa berhenti memuji Charlie Puth. Dia bahkan menggambarkannya sebagai 'jenius' dan mengatakan betapa dirinya terinspirasi oleh penyanyi itu selama bertahun-tahun.

"Ketika saya berkolaborasi dengannya dalam lagu 'Left and Right', saya pikir ini adalah kesempatan baru dan saya memikirkan tentang bagaimana saya harus mengekspresikan warna saya di dalamnya," Jungkook menambahkan.

Jungkook kemudian menceritakan bagaimana kolaborasi itu terjadi, bahkan dengan ketenaran dan bakatnya, dia tidak yakin bahwa  dia orang yang tepat untuk berkolaborasi bersama Charlie. 

"Saat saya dan Charlie berkirim pesan, dia mengatakan bahwa dia sangat menyukai suara saya," kata Jungkook.

3 dari 4 halaman

Seokjin dan Coldplay

Jin merupakan salah satu penggemar Coldplay sejak dia belum menjadi bintang. Dia bahkan terlihat sering memasukkan lagu-lagu Coldplay ke playlist-nya di Spotify.

Ketika BTS dikabarkan berkolaborasi bersama Coldplay, Jin diperbincangkan karena dia merupakan fans yang beruntung.

Bahkan, Chris Martin mengunjungi mereka ke Korea Selatan dan menghadiahkan mereka merchandise dan kancing khusus dari organisasi nirlaba Love Button Global Movement. 

Jin juga ternyata menyimpan fotonya dan Chris Martin di dalam ponselnya. Sama seperti kita menyimpan photocard idola kita. 

Lebih dari itu, Jin beberapa tahun lalu membagikan foto-fotonya bersama Chris martin dan Jin menulis bahwa Chris memberinya gitar.

Jin juga merasa senang dan akan menjadikan gitar tersebut sebagai kenangan berharga baginya. 

Kini, Jin berkesempatan untuk berkolaborasi bersama Coldplay. Bahkan, tampil di konser Coldplay di Argentina. 

Single terbaru Jin ‘The Astronaut’ juga ditulis langsung oleh Jin dan Coldplay dan melakukan debut live performance pertamanya bersama Coldplay di Argentina, Jumat, 28 Oktober 2022. 

Pertunjukan yang juga disiarkan live stream itu hanya berselang beberapa jam setelah The Astronaut dirilis. Konser ini disiarkan langsung di 3.500 bioskop di lebih dari 80 negara.

Sebelum debut lagu istimewa ini, vokalis Coldplay Chris Martin berbagi cerita tentang asal usul single baru tersebut kepada penonton Amerika Selatan yang riuh.

"Sekitar enam bulan lalu, salah satu anggota BTS menelepon saya dan berkata, 'Saya harus meninggalkan band pada bulan Desember selama dua tahun untuk bergabung dengan tentara di Korea, karena itulah aturan di sana,' kata Martin dari belakang pianonya.

"Dan dia berkata, 'Saya butuh lagu yang mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang untuk sementara waktu, dan memberi tahu mereka bahwa saya mencintai mereka'. Jadi saya berkata, 'Oke, kita akan membuat lagu bersama.' Alih-alih mengkhawatirkannya, saya merasa sangat bersemangat tentang hal itu, sangat bersyukur atas hubungan yang kami miliki dengan BTS. Kemudian muncul lagu ini dan saya berkata, 'Ini adalah salah satu lagu terbaik kami, mari kita berikan kepada pria ini (Jin).". jelas Martin saat konser Jumat malam.

4 dari 4 halaman

RM dan Pharrel Williams

Meskipun RM BTS adalah salah satu artis besar di dunia, leader grup ini tidak pernah malu untuk menunjukkan apresiasinya terhadap musisi lain.

Secara khusus, RM tidak pernah menutupi fakta bahwa dia adalah penggemar berat Pharrell Williams selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah live BTS, Jimin sempat mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat RM tampak ‘nervous’ saat berbicara dengan seseorang kecuali saat pertemuan pertamanya dengan Pharrel.

RM lantas menjawab hal itu terjadi karena Pharrell merupakan idolanya. 

Pada 2018 juga di sebuah interview, saat BTS ditanya artis siapakah yang ingin dia ajak berkolaborasi, RM menjawab Pharrell.

Dalam wawancara untuk majalah Rollingstone, RM berbicara tentang pertemuan pertama mereka di Billboard Awards, Pharrell menjelaskan bahwa dia ingat dan bahkan ingin bekerja sama dengan grup ini saat itu.

Hubungan Pharrell dan RM juga sangat baik. RM bahkan menerima beberapa hadiah dari Pharrell seperti diunggah melalui Instagram pribadinya.

RM juga dikabarkan akan berkolaborasi dengan Pharrel di album yang akan dirilis akhir 2022 nanti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.