Sukses

Taylor Swift Jadi Artis Pertama yang Kuasai Top 10 Billboard Hot 100

Dilansir Billboard, Taylor Swift memenuhi seluruh top 10 dari chart Billboard Hot 100.

Liputan6.com, Jakarta - Kali ini Taylor Swift berhasil membuat rekor yang sangat luar biasa. Dilansir dari Billboard, Selasa (1/11/2022), Taylor Swift memenuhi seluruh top 10 dari tangga lagu Billboard Hot 100. 

Taylor Swift berhasil mencetak rekor tersebut setelah merilis album terbarunya berjudul Midnights. Dari awal album ini memang mendapatkan perhatian besar dari para pecinta musik dunia.

Perlu diketahui bahwa Billboard Hot 100 merupakan tangga lagu di Amerika Serikat khusus lagu, yang diterbitkan mingguan oleh majalah Billboard. Tangga lagu ini didasarkan pada penjualan (fisik dan digital), pemutaran radio, dan streaming online di Amerika Serikat.

Pencapaian Taylor Swift ini merupakan pertama kalinya seorang musisi berhasil melakukan hal semacam itu di keseluruhan 64 tahun sejarah Billboard. Sebelumnya, hanya Drake yang hampir pernah melakukan ini.

Drake melalui album studio keenamnya, Certified Lover Boy, pada September 2021 berhasil menaruh 9 lagunya di top 10 tangga lagu Billboard Hot 100. Jadi, Drake hanya kekurangan satu lagu saja dibanding Taylor Swift.

Untuk rekor Taylor Swift ini, Anti-Hero memimpin di posisi pertama, yang kemudian diikuti oleh Lavender Haze, Maroon, Snow on the Beach (featuring Lana del Rey), Midnight Rain, Bejeweled, Question...?, You're On Your Own, Kid, Karma, dan Vigilante Shit.

Pencapaian ini semakin hebat bila diperhatikan secara baik-baik. Dari kesepuluh lagu itu, hanya ada satu lagu Taylor Swift yang bekerjasama dengan penyanyi lain, yakni Snow on the Beach bersama Lana del Rey. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senang

Melihat pencapaian itu, Taylor Swift merasa sangat senang bukan kepayang. Hal ini dia sampaikan melalui akun Twitter-nya @taylorswift13. 

Para Swiftie juga merasa sangat senang tentunya dengan pencapaian luar biasa Taylor Swift ini.

"KAMI MENCINTAIMU TAYLOR!!" tulis salah satu Swiftie.

"ITU (rekor) BENAR-BENAR PENINGGALAN YANG NYATA!!!" tulis Swiftie lainnya merasa sangat senang.

Ada juga yang mengingat quotes Taylor Swift dalam film dokumentarnya berjudul Miss Americana (2019). Quotes itu menggambarkan bagaimana perasaanya terhadap kesuksesannya saat ini.

"Ini mungkin salah satu kesempatan terakhir saya sebagai seniman untuk meraih kesuksesan semacam itu. Jadi, saya tidak tahu, ketika saya mencapai tiga puluh, saya seperti, saya ingin bekerja sangat keras sementara masyarakat masih menoleransi saya untuk sukses," ucap Taylor Swift.

 

3 dari 4 halaman

Rekor Lain

Selain rekor tersebut, berikut beberapa rekor baru Taylor Swift lainnya. Taylor Swift menjadi musisi di urutan kedua dengan penjualan album terbesar di minggu debut. Artis yang berada di posisi pertama adalah Adele, dengan albumnya yang bertajuk 25 pada 2015 lalu.

Taylor Swift menambah 10 lagu baru ke dalam datar lagu-lagunya yang berhasil masuk top 10 tangga lagu Billiboard Hot 100. Dengan itu, Taylor Swift telah memiliki 40 lagu yang berhasil masuk top 10 tangga lagu Billiboard Hot 100, melewati The Beatles (34 lagu), Madonna (38 lagu), dan hanya berada di belakang Drake (59 lagu).

Taylor Swift memiliki 11 album yang berhasil menguasai Billboard 200, sama seperti Barbra Streisand, Drake, dan Bruce Springsteen. Di atasnya hanya ada Jay-Z dengan 14 album dan The Beatles dengan 19 album.

4 dari 4 halaman

Spotify

Sebelumnya, di Spotify Taylor Swift juga telah mencetak beberapa rekor.

Album Midnights menjadi album paling di-streaming dalam satu hari. Bahkan Midnights sudah mencapai 1 miliar streams, dan menjadi album tercepat yang menyentuh angka itu.

Selain itu, Taylor Swift juga menjadi artis paling di-streaming dalam satu hari, mengalahkan Bad Bunny. Taylor mendapatkan rekor tersebut setelah menyentuh angka streaming 228.1 juta, mengalahkan Bad Bunny yang sebelumnya memegang rekor tersebut dengan angka streaming 182.3 juta pendengar.

Dengan pencapaian ini, Taylor Swift juga menjadi satu-satunya artis yang menyentuh angka streaming 200 juta pendengar dalam satu hari di Spotify.

Lalu, rekor lain dikonfirmasi oleh Amazon Music. Amazon Music mengumumkan bahwa Midnights milik Taylor Swift telah memecahkan rekor debut album terbesar secara global di platform tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.