Sukses

3 Tips Cepat Turunkan Berat Badan dengan Sehat dan Aman

Berikut deretan tips diet cepat yang agar tetap sehat,

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan berat badan bukanlah jawaban untuk setiap masalah kesehatan, tetapi jika dokter Anda merekomendasikannya, ada tips untuk membantu menurunkan berat badan dengan aman.

Penurunan berat badan yang stabil 1 hingga 2 pon atau sekitar 0,5 kg per minggu direkomendasikan untuk manajemen berat badan jangka panjang yang paling efektif. Meskipun demikian, banyak makanan yang dirancang untuk membantu menurunkan berat badan yang tetap membuat Anda merasa lapar atau tidak puas.

Ini adalah alasan utama mengapa Anda mungkin merasa sulit untuk tetap berpegang pada rencana makan yang lebih sehat. Setiap orang memiliki kebutuhan yang unik dan gaya makan yang berbeda.

Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dengan mengikuti diet rendah karbohidrat atau diet yang berfokus pada makanan utuh, tetapi ada beberapa prinsip umum yang berlaku ketika mencoba menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa tips diet cepat namun masih menyehatkan seperti dikutip Healtline, Selasa (1/11/2022).

1. Kurangi Karbohidrat Olahan

Salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Ini bisa dilakukan dengan makan makanan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian utuh.

Ketika Anda melakukan hal ini, tingkat kelaparan Anda akan turun, dan pada akhirnya makan lebih sedikit kalori. Dengan makan makanan rendah karbohidrat, Anda dapat memanfaatkan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat.

Jika Anda memilih untuk makan karbohidrat yang lebih kompleks seperti biji-bijian utuh bersama dengan defisit kalori, Anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat. Ini membuat mengenyangkan lebih lama.

Sebuah studi tahun 2020 mengonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan yang dapat menyebabkan makan lebih sedikit kalori secara alami tanpa memikirkannya atau merasa lapar. Namun, untuk menentukan cara terbaik bagi Anda untuk menurunkan berat badan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menjaga Asupan Nutrisi

Untuk menyeimbangkan asupan Anda dan membantu Anda menurunkan berat badan makanan harus mencakup, sumber protein, sumber lemak, dan sayuran.

Makan makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang direkomendasikan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot Anda sambil menurunkan berat badan.

Bukti menunjukkan bahwa makan protein yang cukup dapat meningkatkan faktor risiko kardiometabolik, nafsu makan, dan berat badan. Diet dengan protein yang memadai juga dapat membantu Anda mengurangi keinginan mengidam dan mengemil dengan membantu Anda merasa kenyang dan puas.

Jangan lupa untuk mengisi piring Anda dengan sayuran hijau. Mereka mengandung nutrisi, dan Anda dapat makan dalam jumlah yang sangat banyak tanpa meningkatkan kalori dan karbohidrat.

Semua sayuran adalah makanan yang kaya nutrisi dan sehat untuk ditambahkan ke dalam diet, tetapi beberapa sayuran, seperti kentang, ubi jalar, labu musim dingin, dan jagung, lebih tinggi karbohidratnya.

Tubuh tetap membutuhkan lemak sehat, apapun makanan yang Anda pilih. Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam rencana diet Anda.

Kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, dan alpukat juga merupakan tambahan yang lezat dan sehat. Lemak lain seperti mentega dan minyak kelapa harus digunakan hanya dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih tinggi.

 

3 dari 4 halaman

3. Olahraga Kardio

Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar kalori dan membantu mencegah metabolisme Anda melambat yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Cobalah latihan kekuatan tiga hingga empat kali seminggu. Jika Anda baru mengenal angkat beban, seorang pelatih mungkin dapat membantu Anda memulai. 

Latihan ini dikatakan menjadi latihan yang memiliki manfaat lebih dalam menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori lebih banyak dan mempercepat metabolisme tubuh.

Jika mengangkat beban bukan pilihan bagi Anda, melakukan beberapa latihan kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum. Baik kardio maupun angkat beban dapat membantu menurunkan berat badan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

 

 

4 dari 4 halaman

8 Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Kamu yang Sedang Diet

Siapa bilang makan malam tidak dianjurkan untuk orang yang sedang diet? Meski sedang menjalani diet, makan malam tetap harus dilakukan karena penting untuk kesehatan tubuh.

Jika Anda sedang diet, makan malam tetap dianjurkan asalkan dengan menu makanan sehat. Makan malam untuk diet dapat dibuat dengan mudah namun rasanya tetap enak.

Dilansir dari laman Eating Well, Rabu (5/10/2022), saat sedang diet, Anda perlu menghitung berapa banyak kalori yang Anda konsumsi. Namun, hal demikian bukan berarti Anda harus makan salad setiap saat.

Anda tetap bisa diet dengan makan makanan enak yang ramah untuk diet. Berikut ini adalah rekomendasi menu makan malam untuk diet, yang dapat dibuat dengan mudah dan tetap bergizi dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Salad

Salad merupakan makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan bisa ditambahkan protein hewani seperti ayam, salmon, udang, atau telur. Pembuatan salad juga cukup mudah, Anda hanya perlu memotong bahan-bahan seperti selada, bawang bombay, timun, apel, stroberi, tomat, kol ungu, telur rebus, dan ayam panggang. Kemudian bahan tersebut disiram dengan saus khusus untuk salad.

Untuk memberikan tekstur yang renyah, Anda bisa menambahkan dengan biji bunga matahari atau biji labu. Ada berbagai macam pilihan salad yang bisa Anda coba seperti caesar salad, salad buah, green salad, atau greek salad.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.