Sukses

6 Manfaat Hobi Membaca Buku, Dapat Meningkatkan Memori hingga Mengurangi Stres

Berikut deretan manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu hobi membaca buku.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu orang yang tidak suka membaca buku, mungkin kamu akan merasa rugi jika mengetahui segudang manfaat membaca buku. 

Kebanyakan orang tidak suka membaca buku, karena belum tahu manfaat dari membaca buku. Ada yang bilang membaca buku membuang-buang waktu, membosankan, hingga ada yang menyebutnya hanya membuang energi dan uang. 

Melansir laman Seekn.org, Senin (31/10/2022), faktanya membaca buku bisa memberikan banyak manfaat. Sebut saja seperti, mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer, yaitu penyakit ganguan fungsi otak yang menyebabkan penderitanya kehilangan memori ingatan dan perilaku. 

Membaca buku juga dapat membantu otak menjadi lebih aktif, dan memberikan otak kamu sejenis latihan yang berbeda dari menonton TV atau mendengarkan radio. 

Selain itu, kegiatan membaca dapat membantu kamu menemukan diri kamu yang baru, memberikan persfektif hidup (sudut pandang atau pandangan hidup) yang berbeda. 

Berikut adalah 6 manfaat membaca buku yang seringkali tidak disadari:

1. Memberikan Persfektif Hidup Baru

Membaca dapat membuat kamu mengeskplorasi atau menemukan hal-hal baru, tata cara baru, pemahaman baru, dan informasi baru.

Dengan demikian, saat kamu membaca, kamu bisa mengetahui hobi kamu, pandangan hidup baru kamu dan tidak menutup kemungkinan, kamu akan mengetahui apa yang menjadi impian atau karier untuk masa depan kamu. 

Membaca dapat membuka pikiran kamu dan membantu kamu menerima perubahan yang terjadi dalam hidup kamu. Kamu juga akan memahami aspek positif kehidupan kamu sehingga kamu bisa memahami dunia lebih baik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjadi Pintar dan Kreatif

2. Membuat Kamu Lebih Pintar

Membaca dapat membuat kamu lebih cepat memahami topik yang sedang dibahas. Salah satu contohnya, saat kamu besok akan bertemu dengan dosen dan membahas suatu topik, dan di malamnya kamu membaca terlebih dahulu topik yang akan dibahas.

Saat dosen sedang menjelaskan, kamu akan lebih memahami topiknya, karena kamu sudah membacanya terlebih dahulu. Kamu akan terkoneksi dengan dosenmu, karena kamu sudah menempatkan pemahaman kamu, tentang topik yang dibahas itu, sama dengan dosen kamu. 

3. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Membaca bisa memicu imajinasimu. Pernahkah kamu membaca dongeng, lalu menggambarkan bagaimana suasan yang digambarkan penulis melalui kata-kata yang tulisnya ? Itu adalah salah satu contoh imajinasi yang terbentuk saat kamu membaca. 

Membaca juga bisa meningkatkan kreativitasmu. Saat menghadapi masalah, kamu bisa mendapatkan ide-ide dari pengalaman kamu membaca, baik disengaja ataupun tidak.

Pembaca yang baik dari usia muda, jika diasah kemampuan menuliskan idenya, memiliki peluang lebih mudah untuk menjadi penulis yang baik. 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Memori

4. Meningkatkan Memori

Pikiran kita adalah hal yang luar biasa. Untuk mengasah pikiran kita, diperlukan hal-hal positif yang membuat otak kita bekerja. Dengan membaca, otak kita akan bekerja, entah untuk menambah informasi dan menambah memori, atau membuat kita mengingat sesuatu yang pernah kita alami. 

Membaca berarti menyinggung sesuatu di otak kita, membaca menghubungkan memori kita dengan apa yang kita lihat saat membaca. 

Jika kamu biasa membaca, kamu bisa lebih peka terhadap hal hal yang sering kamu lihat yaitu, seperti tulisan. Kamu lebih peka dengan tulisan yang salah eja-an, dan memori kamu juga akan meningkat karena kamu terus belajar saat membaca. 

Saat membaca, kamu bisa dengan memudah mengingat sesuatu. Karena, kamu terbiasa dengan kata-kata. Kamu juga bisa merangkum teori atau hal sulit dengan kata-kata sendiri yang lebih kamu pahami. 

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Motivasi Hidup

5. Meningkatkan Motivasi Hidup

Saat kamu membaca tentang kisah hidup seseorang, kamu mungkin akan merasa termotivasi (dorongan dalam diri) untuk mencapai tujuan hidup kamu. Hal lain mungkin terjadi, saat kamu membaca kisah seseorang yang hidupnya lebih buruk dari yang kamu alami. Kamu akan menjadi lebih bersyukur dan memiliki semangat hidup. 

Ketika membaca kisah orang sukses, mungkin kamu diberi beberapa tips untuk menggapai kesuksesan kamu, kamu akan lebih percaya diri, kamu juga kan termotivasi untuk menggapai cita-cita kamu. 

6. Mengurangi Stres

Membaca dapat mengurangi stres yang kamu alami. Kamu mungkin akan terhibur dengan cerita lucu seperti komik dan bacaan yang membuat kamu lebih senang. 

Dengan membaca, pikiran kamu akan terhanyut dalam cerita dan pesan yang disampaikan oleh buku (penulis). Dengan demikian rasa stres kamu akan terdistraksi (terganggu) saat kamu membaca buku. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.