Sukses

Kapan Waktu Terbaik Mengganti Handuk? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Berikut tips merawat, mencuci, dan kapan kita harus mengganti handuk.

Liputan6.com, Jakarta Handuk yang biasanya bukan hal prioritas dalam kebutuhan mandi seringkali diabaikan. Tidak seperti odol, sikat gigi, sabun dan sebagainya yang tentu langsung diganti ketika habis. 

Kerap kali handuk seperti kebutuhan sekunder yang jarang diperhatikan. Tapi, apakah Anda tahu handuk mempunyai perawatannya sendiri?  Jika Anda telah memiliki handuk Anda selama beberapa tahun, handuk tersebut harus diganti.

Ketika handuk terlalu usang, maka fungsinya tidak lagi efektif. Handuk tidak mengeringkan tubuh Anda secara menyeluruh dan kemungkinan besar merupakan rumah bagi kuman dan bakteri yang tidak terlihat. 

Nah, hal tersebut harus diperhatikan, agar kulit dan tubuh Anda tidak terkena bakteri ataupun virus yang dapat menginfeksi tubuh kalian. Lantas bagaimana cara Anda mengetahui kapan harus mengganti handuk?

Berikut tips seberapa kali Anda harus mengganti handuk, dilansir modernbathroom, Senin(31/10/2022). Menurut Janet Wischnia, selaku pendiri American Blossom Linens di Thomaston, Georgia, secara umum membeli handuk yang baru disarankan dua tahun sekali. Namun, frekuensi dalam mengganti handuk sangat tergantung pada apa yang Anda gunakan.

"Hal yang baik untuk diingat adalah mengganti handuk kamar mandi setiap dua hingga lima tahun dan handuk dapur serta waslap setiap tahun atau setiap dua tahun, tergantung pada kualitasnya," jelas Wischnia. Menurut Wischinia, kebersihan handuk harus selalu dipastikan terjaga.

"Anda harus selalu memastikan untuk membersihkan handuk Anda karena handuk cenderung menyerap banyak kotoran dan minyak dari tubuh dan dapat menyimpan banyak kuman," katanya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya untuk Membersihkan Handuk Secara Berkala

Handuk menyimpan banyak kuman dan bakteri, bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi ruam pada kulit, jerawat, sampai penyakit berbahaya yang lainnya. 

Satu-satunya cara untuk mencegah hal ini adalah dengan mengikuti perawatan handuk yang tepat. Salah satunya mencuci handuk secara berkala. Handuk harus sering dicuci sehingga Anda dapat meminimalkan pertumbuhan bakteri dan menjaga diri Anda tetap sehat. Inilah yang perlu diketahui tentang cara membersihkan handuk secara efektif:

1. Cucilah handuk mandi Anda setiap tiga atau empat kali pemakaian.

"Untuk handuk kamar mandi, mereka harus dicuci setiap 3-4 hari sekali, sedangkan handuk dapur membutuhkan pembersihan yang jauh lebih sering," jelas Wischnia.

"Hal yang baik untuk diperhatikan adalah, apabila basah, pastikan untuk menggantungnya hingga kering alih-alih membiarkannya menggunung, karena bisa menjadi apek," tambahnya. Sangat berbahaya jika handuk basah dan tak kering sepenuhnya kering karena bakteri akan mulai berkembang biak lebih cepat.

2. Saat mencuci handuk, gunakan air panas dan jalankan melalui dua siklus

Cucilah handuk dua kali bilas. Satu hanya dengan cuka dan air dan satu lagi dengan deterjen standar.

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda Sudah Saatnya Mengganti Handuk Baru

1. Handuk terasa gatal dan kasar

Kurangnya kelembutan adalah indikator yang jelas bahwa mereka sudah terlalu lama untuk digunakan. "Hal ini kadang bisa terjadi apabila dicuci dengan terlalu banyak deterjen," jelas Wischnia.

2. Handuk tidak menyerap air secara maksimal, mungkin itu waktunya harus diganti.

"Jika handuk Anda sering meneteskan air basah dan tidak lagi menyerap sebanyak yang mereka lakukan pada awalnya, handuk tersebut tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan sudah waktunya untuk handuk baru," kata Wischnia.

3. Mulai berbau hanya setelah satu atau dua kali pemakaian setelah dicuci.

Ini adalah tanda ada bakteri di dalam serat yang tidak dibersihkan dengan benar.

4. Ada lubang, sobekan, atau ujung-ujung yang kusut pada handuk.

Jika Anda memiliki handuk yang cukup lama hingga menunjukkan tanda-tanda ini, maka tidak diragukan lagi sudah waktunya untuk menggantinya.

"Ini adalah tanda yang lebih jelas, tetapi segala jenis kerusakan pada bahan berarti handuk perlu diganti. Hal ini dapat menyebabkan handuk tidak lagi menyerap," terang Wischnia.

4 dari 4 halaman

Tips Membeli Handuk Baru

Dikutip dari southearnliving, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membeli handuk. Handuk yang lembut dan berat merupakan salah satunya. Namun, dalam pemilihan handuk yang paling bagus dilihat dari gram per meter persegi (GSM).

Menurut Wischnia, handuk dengan 300-400 GSM biasanya merupakan handuk ringan yang cepat kering. Handuk dengan 400-600 GSM ideal untuk piknik atau pantai dan handuk dengan 600-900 GSM memiliki kesan mewah, padat, lebih menyerap, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering. Menurutnya handuk ultra penyerap terbaik berasal dari 100 persen katun organik dan memiliki lilitan benang yang padat dan halus.

"Kapas organik secara alami kuat dan lembut," katanya. 

Serat adalah aspek penting lainnya ketika memikirkan tentang daya tahan dan daya serap handuk. Selain itu, penting untuk memastikan ujungnya merupakan anyaman selvages atau keliman yang membuat handuk semakin kuat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.