Sukses

7 Dessert Mengguggah Selera dari Berbagai Penjuru Dunia

Dessert atau makanan penutup paling enak dari mancanegara ini sudah tersohor kenikmatannya hingga ke penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia ini penuh dengan makanan penutup dan kue yang lezat. Sederet daftar makanan penutup terbaik di dunia ini akan menunjukkan kepada kamu kue yang mungkin kamu temui saat bepergian.

Dessert paling enak dari mancanegara ini sudah tersohor kenikmatannya hingga ke penjuru dunia. Setiap negara, tentunya mempunyai makanan atau cemilan yang khas dari masing-masing tempatnya.

Dessert merupakan cemilan penutup mulut yang disajikan apabila sudah melakukan makan berat. Desert ini beragam ada yang memiliki rasa manis, gurih, asin, dan lain-lain.

Dilansir gotravelly.com berikut ini desert atau makanan penutup terbaik dari beberapa negara:

 

1. Pavlova (Australia dan Selandia Baru)

Kue pavlova ini merupakan desert yang bisa kamu jumpai di Australia dan Selandia Baru. Negara Inggris pun mengenal kue jenis ini, akan tetapi mereka jarang mengkonsumsinya.

Kue ini sering digunakan sebagai makanan pencuci mulut di daerah Australia dan Selandia Baru. Kue ini terbuat dari campuran putih telur, gula yang kental, cuka, tepung, dan vanila.

Kombinasi dari bahan-bahan tersebut akan memberikan tekstur kue yang rapuh dan juga lembut seperti marshmallow. Pada bagian topping, biasanya pavlova disajikan dengan buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti berbagai jenis berry, mangga, jeruk, dan lain-lain.

Banyak orang yang menyukai pavlova, tak heran banyak orang yang menggemari makanan yang satu ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turki dan Portugal

2. Baklava (Turki)

Kue phyllo renyah yang dilapisi dengan kacang berbumbu dan disiram sirup gula dan madu, baklava mungkin adalah manisan paling memanjakan yang kita tahu.

Di Turki, kamu akan menemukan varietas berbeda yang diresapi dengan jeruk, mawar atau perasa lainnya memberi kamu alasan sempurna untuk memiliki lebih dari satu potong. 

Beruntung bagi penggemar Baklava itu mudah ditemukan di banyak tujuan lain juga, termasuk Yunani.

 

3. Pasteis de Nata (Portugal)

Sementara masakan Portugis mungkin tidak setenar negara lain, pastel de nata ada di sana sebagai salah satu makanan penutup terbaik di dunia.

Pertama kali dibuat oleh para biarawan Katolik di biara-biara di Lisbon pada abad ke-17, kamu hanya perlu mencoba suguhan yang luar biasa ini saat berada di Portugal.

Pasteis de nata pada dasarnya adalah kue tart telur. Para biarawan di Lisbon menggunakan putih telur untuk mengkanji pakaian mereka dan hal ini berarti mereka memiliki banyak sisa kuning telur.

Bereksperimen mengarah pada penciptaan makanan penutup yang menyenangkan ini, dan pada tahun 1820-an, biara-biara menjual makanan manis ini untuk membantu mengumpulkan uang.

Keindahan pastéis de nata terletak pada teksturnya. Perpaduan dasar yang renyah dengan isian egg-tart, dilapisi kayu manis, sangat sederhana, namun sangat lezat.

Pasteis de Belém adalah tempat terkenal di Lisbon untuk membeli nata. Tapi, ada begitu banyak toko roti dan toko yang menjualnya, kamu tidak akan pernah terlalu jauh dari pastéis de nata di Portugal.

3 dari 4 halaman

Italia dan Prancis

4. Tiramisu (Italia)

Selain terkenal dengan nama Tiramisu, dessert lezat khas dari Italia ini juga terkenal dengan nama Siena. Kue ini tergolong unik karena tidak melalui proses pemanggangan.

Sehingga, pada proses pembuatannya biskuit yang merupakan bahan dasar dari Tiramisu ini direndam dalam larutan kopi dan juga keju mascarpone.

Biskuit-biskuit tersebut kemudian disajikan dengan cara disusun dengan menggunakan krim dan didinginkan pada lemari es agar tidak mudah hancur ketika disantap.

Pada resep aslinya, tiramisu tidak dicampurkan dengan alkohol, namun seiring dengan berkembangnya zaman penganan ini dicampurkan dengan tambahan rum ataupun anggur.

 

5. Almond Croissant (Prancis)

Croissant aux Amandes, sebagaimana mereka menyebutnya di Prancis, adalah salah satu makanan penutup terbaik di dunia menurut kami.

Meskipun croissant berasal dari Austria abad ke-13, sebenarnya toko roti di Paris berabad-abad kemudian yang menyoroti makanan penutup yang sekarang terkenal di dunia ini.

Dan sementara lapisan mentega dan tekstur serpihan dari croissant tradisional luar biasa, kreativitas orang Prancis membawa tekstur dan rasa ke tingkat yang sama sekali baru.

4 dari 4 halaman

Jepang

6. Creme Brulee (Prancis)

Creme brulee merupakan dessert atau penganan pencuci mulut khas dari negara Perancis yang biasa dikenal dengan istilah krim panggang.

Creme brulee merupakan puding susu tebal yang pada bagian atasnya dibakar dengan menggunakan obor karamel.

Sebenarnya, untuk membuat desert ini cukuplah mudah karena hanya membutuhkan bahan-bahan seperti susu krim, gula pasir dan merah, kuning telur, dan ekstrak vanili.

Kemudian, semua bahan tersebut dimasak diatas api sedang yang kemudian diberi gula merah di atasnya dan dipanggang dengan menggunakan obor karamel.

 

7. Mochi Ice Cream (Jepang)

Jepang memang sudah terkenal dengan berbagai macam teknologi dan produk yang canggih tanpa terkecuali pada bidang kulinernya.

Mochi ice cream merupakan dessert paling enak khas Jepang yang merupakan adonan dari tepung beras ketan yang kemudian diberi isian es krim berbagai macam rasa.

Kue mochi ini dibuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga padat yang kemudian dibentuk bulat. Umumnya, mochi memiliki isian kacang tanah, pasta kacang merah, coklat, dan lain-lain.

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, varian isi dari mochi ini juga semakin bervariasi dengan ditambahkannya es krim yang membuat mochi tersebut menjadi manis, legit, lembut, dan menyegarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.