Sukses

5 Kampus Terbaik di Dunia Versi QS World University Ranking 2022, Ada Incaran Kamu?

QS World University Ranking telah merilis daftar terbaru universitas terbaik di dunia sepanjang 2022.

Liputan6.com, Jakarta - ‘Kejarlah ilmu walau sampai ke negeri China', pepatah tersebut pasti kerap kali terputar di telinga dan benak kita. Makna dari pepatah tersebut memiliki arti untuk mencari dan menuntut ilmu sejauh apa pun.

Mengapa sampai ke China? Sebab, China merupakan salah satu negara yang memiliki peradaban sangat tinggi, bahkan sebelum ilmu pengetahuan berkembang.

Hampir setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apalagi jika perguruan tinggi yang menjadi impiannya adalah universitas atau institut paling bergengsi di dunia.

QS World University Ranking telah merilis daftar terbaru universitas terbaik di dunia sepanjang 2022, berikut daftarnya:

 

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Nama Massachusetts Institute of Technology (MIT) tidak pernah lepas dari titel kampus paling bergengsi di dunia.

Berlokasi di Massachusetts, Amerika Serikat, MIT memiliki lokasi yang strategis bagi mahasiswa.

Total mahasiswa di MIT sendiri telah menyentuh angka sebanyak 11.035 mahasiswa, sebanyak 61 persen mahasiswa pasca sarjana mendominasi jumlah total mahasiswa di MIT.

Sisanya, 39 persen di antaranya merupakan mahasiswa dari program sarjana (S1).

Sejak tahun 2012 hingga saat ini, MIT tidak pernah beranjak dari posisi pertama dalam kategori universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. University of Cambridge

 

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu kampus paling prestise yang berlokasi di Britania Raya ini

Pada 2022 ini, University of Cambridge berhasil menduduki peringkat kedua dalam kategori universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking.

University of Cambridge sendiri telah menawarkan sebanyak 35 program untuk mahasiswa S1 dan 131 program untuk mahasiswa pasca sarjana.

University of Cambridge ini rata-rata di dominasi oleh mahasiswa yang mengambil program Sarjana (S1) dengan persentase sebesar 63 persen.

Hal ini berbeda dengan jumlah persentase mahasiswa yang mengambil program pasca sarjana sebanyak 37 persen.

Sejauh ini, total mahasiwa yang menempuh pendidikan di universitas nomor dua terbaik dunia ini mencapai sebanyak 20.871 mahasiswa.

3 dari 5 halaman

3. Stanford University

Ketika kita menyebut kata Stanford, apa yang pertama kali muncul dalam benak kita?

'Ya, Maudy Ayunda dan Amerika Serikat!'

Pada 2022 ini, Stanford University berhasil menduduki peringkat ketiga dalam kategori universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking.

Siapa yang memiliki cita-cita untuk menempuh studi sama dengan Maudy Ayunda, bisa banget memilih Stanford University sebagai pilihan terbaik buat kalian.

Sejak 2017 lalu, Stanford University selalu berhasil menduduki peringkat 2 terbaik dunia. Namun sayang, pada 2022 ini, ia harus berganti posisi dengan University of Cambridge.

4 dari 5 halaman

4. University of Oxford

Bukan hanya Stanford University sebagai kampus terbaik di Amerika Serikat, Maudy Ayunda juga identik dengan salah satu kampus terbaik di Britania Raya, yaitu University of Oxford.

Menurut QS World University Ranking pada 2022, University of Oxford berhasil menduduki peringkat 4 dalam urutan universitas terbaik di dunia.

Bagi teman-teman yang memiliki rencana untuk berkuliah di Britania Raya, termasuk salah satunya adalah University of Oxford dengan jalur beasiswa, ada beasiswa bernama Jardine Scholarship yang dibuka setiap pertengahan tahunnya.

5 dari 5 halaman

5. Harvard University

Masih berlokasi di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Harvard University rupanya tidak pernah absen dari jejeran 5 universitas terbaik dunia versi QS World University Ranking.

Harvard University juga termasuk ke dalam jajaran universitas bergengsi sekaligus IVY League bersama dengan Columbia University, University of Pennsylvania, Stanford University, dan masih banyak lagi.

Tokoh publik dari Indonesia yang berhasil masuk menjadi mahasiswa dari universitas prestise ini antara lain Nadiem Anwar Makarim, Mikha Tambayong, Belva Devara, Yenny Wahid, hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.