Sukses

5 Camilan yang Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Percayakah kamu bahwa ngemil bisa menambah kecantikan wajah dan rambut Anda? Kulit dan rambut yang baik dapat dicapai dengan makan yang benar.

Liputan6.com, Jakarta - Percayakah kamu bahwa ngemil bisa menambah kecantikan wajah dan rambut Anda? Kulit dan rambut yang baik dapat dicapai dengan makan yang benar.

Mengunyah jenis makanan ringan yang tepat tidak hanya dapat menenangkan perasaan lapar di tengah kerja, tetapi juga memberi Anda kulit dan rambut yang bagus. Tidak percaya? Mari kita bahas apa yang dikatakan seorang ahli tentang hal itu.

Melansir dari Health Shots, Rabu (26/10/2022), dr Shruti Marwah, MBBS, MS MCH Plastic Surgery, menyebutkan lima camilan luar biasa yang dapat memberi Anda kulit bercahaya dan rambut yang lebih sehat.

“Setiap orang ingin memiliki kulit bercahaya dan rambut sehat. Di antara banyak cara untuk mencapainya, makan makanan yang tepat adalah yang terbaik. Mengonsumsi makanan yang mengandung semua nutrisi dapat memberi Anda rambut yang lebih berkilau dan kulit yang lebih bersih,” kata dr Marwan.

Nah, diet benar-benar memainkan peran besar dalam membuat kita terlihat terbaik dari dalam dan luar. Semua krim, losion, ramuan, dan DIY menjadi nomor dua. Berikut enam camilan yang membuat kulit dan rambut kamu menjadi lebih bagus dan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kacang-kacangan

Kacang tidak hanya renyah dan mengenyangkan tetapi juga sangat kaya nutrisi. Kacang-kacangan bisa menjadi altenatif camilan sehat namun bisa membantu menjadi sumber biotin untuk tubuh Anda. Kacang-kacangan seperti almond sangat tinggi protein, juga walnut kaya dengan protein, dan magnesium. 

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk kulit dan rambut yang baik. Mengemil kacang dapat memberi kita jumlah nutrisi yang dibutuhkan.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti semangka, mangga, dan jeruk kaya akan vitamin C dan meningkatkan hidrasi kulit. Sementara tren menyarankan Anda untuk mencoba berry eksotis dari negeri yang jauh.

dr Marwah menyarankan bahwa buah-buahan yang bersumber secara lokal dan musiman selalu menjadi yang terbaik. Seperti pepaya tidak hanya segar dan sehat dikonsumsi, namun juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit, antara lain mengurangi kerutan, berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

3 dari 4 halaman

4. Biji-bijian

Di antara banyak cara untuk memulihkan kesehatan kulit dan rambut, memakan biji-bijian yang sehat adalah pilihan terbaik. Biji-bijian seperti biji chia, bunga matahari, labu, dan biji rami kaya akan serat dan antioksidan dan mengandung asam lemak esensial dalam jumlah yang mengesankan.

Bagian terbaik tentang biji-bijian adalah Anda bisa makan segenggam ini saat bepergian untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi.

Kebanyakan biji mengandung protein, zat besi, asam oleat, biotin, kalsium, vitamin A dan E. Mineral dan nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

5. Kecambah

Kecambah seperti kecambah kacang hijau atau toge, kecambah kacang kedelai, dan kecambah alfalfa kaya akan protein, zat besi dan serat.

Kecambah adalah tiket yang dijamin untuk kesehatan kulit dan rambut yang luar biasa. Mereka kaya dengan antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif dan mencegah kerutan dan garis-garis halus.

Kecambah tidak hanya membuat Anda terlihat lebih muda, mereka menghancurkan semua radikal bebas yang membuat rambut Anda rapuh.

4 dari 4 halaman

5. Cokelat hitam

Bergembiralah kalian para wanita pecinta cokelat. Dark Chocolate mengandung senyawa bioaktif yang dapat memberi Anda kulit dan rambut yang baik. Flavonoid yang ada di dalamnya diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Besi, kalsium, dan vitamin A, B1, C, D, dan E adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam cokelat hitam. Segigit cokelat hitam dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Dengan asupan yang tepat dari unsur-unsur nutrisi ini, seseorang dapat terlihat dan merasa muda selama bertahun-tahun. Camilan yang sehat dan menjadi favorit ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan tetapi juga bagi penampilan yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.