Sukses

Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Setiap Individu mendambakan kulit sehat, namun permasalahan kulit tak bisa dihindari. Salah satunya adalah kulit kusam.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit sehat dan cerah pasti selalu didambakan oleh setiap individu. Namun, semua itu tak mungkin berjalan mulus. Kamu mungkin akan menemukan permasalahan kulit, seperti kulit kusam.

Manusia memiliki berbagai macam tone kulit, mulai dari gelap hingga terang. Kusam bukan berarti gelap, seseorang yang memiliki kulit terang bisa saja mengalami masalah kulit kusam.

Permasalahan kulit wajah, bisa dirasakan oleh perempuan maupun laki-laki. Pola hidup seseorang dapat mempengaruhi kondisi kulitnya.

Jika kamu terbiasa dengan pola hidup yang tak sehat, jangan heran kalau kamu sering kali mengalami permasalahan kulit.

Sebaliknya, jika kamu memiliki pola hidup sehat, akan berdampak pada kondisi kulit yang sehat dan ideal pula.

Pernahkah kamu mengalami kondisi kulit kusam? Kulit kusam menjadi salah satu permasalah kulit yang kerap kali mengganggu penampilan. Bagaimana tidak, tampilan wajah sangat berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang.

Permasalahan kulit satu ini dapat menghambat seseorang untuk melakukan aktivitas. Apalagi, jika aktivitas tersebut mengharuskan mereka bertemu dengan banyak orang.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan kulit wajah agar tidak kusam. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang diolah menjadi jus.

Rekomendasi jus yang mampu mencerahkan kulit wajah, di antaranya tomat, wortel, bayam, apel dan delima.

Mungkin menjadi sebuah pertanyaan, apa penyebab kulit kusam dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kulit Kusam

Tubuh kita dilapisi oleh kulit yang menjadi organ terbesar, tak heran jika kulit sering kali mengalami beberapa masalah. Salah satunya adalah kulit kusam yang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Dilansir Healthline, Rabu (26/10/2022), penyebab kulit kusam yang paling umum terjadi karena dehidrasi, kurang lembab, penumpukan sel kulit mati, terlalu kering, dan penuaan.

1. Dehidrasi

Kondisi ini dapat terjadi karena seseorang kekurangan air sehingga mempengaruhi penampilan kulit. Mengkonsumsi banyak air dapat membantu untuk meningkatkan hidrasi di bagian permukaan kulit.

Cara lain untuk menghidrasi kulit dapat dilakukan dengan cara mengaplikasikan serum wajah yang mampu mengikat kelembapan lapisan kulit teratas.

2. Kurang Lembab

Kulit membutuhkan kelembapan, apalagi bagi kalian yang memiliki kulit cenderung kering. Jangan sampai kalian melewatkan pengaplikasian pelembab.

Gunakanlah pelembab dua kali sehari mampu membantu untuk menghidrasi kulit dan melindungi lapisan teratas.

3 dari 4 halaman

Penyebab Lain Kulit Kusam

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit akan mengalami pelepasan sel-sel kulit mati secara alami untuk memberi ruang sel-sel baru. Namun, melalui proses ini terkadang sel kulit mati tidak terlepas dengan sempurna.

Hal ini yang menyebabkan adanya penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, kamu perlu rajin melakukan eksfoliasi.

4. Terlalu Kering

Keadaan kulit yang terlalu kering dapat membuat kalian terlihat kusam. Biasanya, kulit akan terasa kering saat musim dingin dan kering.

5. Penuaan

Penuaan tak dapat dihindari dari kehidupan seseorang, hal ini berlaku juga dengan penuaan kulit. Meskipun dirimu tak bisa menghindari penuaan, kamu bisa mengontrolnya dengan menggunakan skincare. Penggunaan skincare dapat memberikan nutrisi dan menghidrasi kulit wajah.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kusam

1. Hindari Penggunaan Air Panas

Hindarilah mencuci muka dengan menggunakan air panas saat kamu sedang mengalami kulit kusam. Hal ini dikarenakan, air panas dapat menghilangkan minyak alami di wajah yang menimbulkan kekeringan dan iritasi.

2. Lakukan Eksfoliasi

Ketika sel-sel kulit mati menumpuk pada lapisan kulit terluar, hal ini dapat menyebabkan kekusaman. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin.

3. Gunakan Serum Tambahan

Serum wajah mengandung bahan-bahan aktif dapat membantu untuk mencerahkan, menghidrasi dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Serum yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam, diantaranya vitamin c dan niacinamide.

4. Pakai Pelembab Wajah

Pelembab dapat memperbaiki dan melindungi kulit wajah, bahan yang dapat digunakan salah satunya ceramide.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.