Sukses

Simak Deretan Fitur Baru Facebook, TikTok, hingga YouTube

Fitur baru beberapa sosial media termasuk Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa sosial media (sosmed) termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya menambah fitur baru pada tahun ini. 

Fitur-fitur pada sosial media yang sebelumnya telah ada seperti Twitter Space, Facebook Stories, dan NFT di dunia Metaverse kini telah diperbaharui dengan tambahan fitur baru pada platform tersebut. Tujuannya untuk mempermudah para pengguna berinteraksi.

Berikut beberapa fitur yang perlu kamu ketahui agar mempermudah kamu dalam berselancar di jejaring maya melansir brandwatch, Selasa (25/10/2022):

 

Facebook 

Cross Posting dari Instagram ke Facebook

Sekarang semua orang dapat melakukan cross-posting reel dari Instagram ke Facebook dengan satu klik tombol. Ini akan membantu brands menarik pengunjung atau konsumen mereka di kedua jejaring sosial.

Sticker dalam Reels

Sekarang kamu dapat menambahkan stiker dan menjelajahi cara baru untuk menginspirasi followers. Stories untuk sementara waktu dan telah menarik perhatian banyak pembuat konten dan pengikut.

Facebook Reels Insight

Reel Insights yang baru dan lebih baik di Facebook dapat membantu brands lebih memahami kinerja konten kamu.

Menjadwalkan Reel di Creator Studio

Kamu dapat merencanakan konten dengan lebih baik sekarang, dengan Reel Creator Studio.

Meta dalam Aplikasi Facebook Gaming

Aplikasi Facebook Gaming ditutup pada 28 Oktober 2022. Aplikasi tidak akan tersedia di Google Play Store atau Apple App Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Instagram

Dual Camera

Instagram sekarang memungkinkan kamu merekam video menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan.

Sebagian besar handphone akan menampilkan foto di kamera belakang, dan konten yang kecil dengan kamera depan ketika mode ini berjalan.

Fitur berbagi NFT

Fitur NFT diperluas ke 100 negara, integrasi NFT Instagram diperluas ke 100 negara di Afrika, Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Amerika.

Mark Zuckeberg mengharapkan lebih banyak negara yang akan ditambahkan ke fitur ini.

"Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa kami meluncurkan koleksi digital ke 100 negara lainnya. Sekarang, lebih banyak orang, pembuat konten, dan bisnis dapat memamerkan #NFT mereka di @instagram. Kami juga meluncurkan integrasi dengan @CoinbaseWallet @hellodapper dan dukungan untuk @flow_blockchain." Ditulis akun @metanewsroom di laman Twitter.

Fitur New Exploration

Pengguna sekarang dapat menyembunyikan beberapa posting yang disarankan sekaligus dan menyesuaikan konten yang mereka temukan di tab Jelajahi sesuai dengan kata-kata, tagar, dan emoji tertentu.

Kode QR

Instagram memperkenalkan kode QR sebagai cara untuk membagikan kiriman, postingan, dan reels

3 dari 4 halaman

Twitter dan TikTok

Twitter

Twitter Circle

Fitur ini memungkinkan kamu berkomunikasi dengan grup pilihan hingga 150 pengikut.

Peningkatan langganan Twitter Blue

Twitter Blue dinaikkan dari $2,99 menjadi $4,99 per bulan.

 

TikTok

Platform SoundOn baru untuk artis

TikTok meluncurkan platform baru bagi pembuat konten untuk mengunggah musik mereka dan memonetisasi lagu mereka di video TikTok.

“Artis dan pencipta musik baru adalah komunitas yang dinamis di dalam TikTok dan SoundOn dirancang untuk mendukung mereka saat mereka mengambil langkah pertama dalam karir mereka. Tim SoundOn kami akan memandu pembuat konten dalam perjalanan mereka ke panggung besar dan menghidupkan keahlian dan kekuatan TikTok untuk artis.” Kata Ole Obermann selaku Kepala Musik Global di TikTok dikutip brandwatch.

Generator AI Teks-ke-gambar

TikTok meluncurkan generator AI dalam aplikasi baru yang mengubah teks menjadi gambar.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan teks dan gambar yang diinginkan akan muncul, dapat digunakan sebagai latar belakang di video kamu. Efek ini biasa disebut AI greenscreen.

4 dari 4 halaman

YouTube

Halaman baru Podcast

belakangan ini YouTube merupakan salah satu platform podcast terbesar di dunia. YouTube meluncurkan beranda podcast khusus untuk pengguna AS - YouTube.com/podcasts.

"Halaman tujuan podcast di YouTube membantu pengguna menjelajahi episode, acara, dan pembuat podcast baru dan populer, serta merekomendasikan konten podcast," kata juru bicara YouTube, Paul Pennigton.

 

Watermarks di Shorts 

YouTube mencoba mendorong pengguna untuk membuat konten asli dengan menambahkan watermark pada klip pendek.

"Jika Anda seorang kreator yang mendownload Shorts Anda dari YouTube Studio untuk dibagikan di platform lain, Anda sekarang akan menemukan watermark yang ditambahkan ke konten yang Anda download. Kami telah menambahkan tanda air ke Shorts yang Anda unduh sehingga pemirsa Anda dapat melihat bahwa konten yang Anda bagikan di seluruh platform dapat ditemukan di YouTube Shorts," kata Paul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.