Sukses

Billboard Cari The Next BTS, Memang Ada?

Siapa kira-kira yang cocok menjadi The Next BTS

Liputan6.com, Seoul - Billboard bekerja sama dengan K-Culture Festival mengadakan The-K Billboard Awards 2022 untuk pertama kalinya. Acara tersebut secara resmi diumumkan Billboard pada 24 Oktober lalu. 

Acara penghargaan tersebut adalah rangkaian acara resmi dari K-Culture Festival 2022 dan akan diadakan pada 28 Oktober 2022. K-Culture Festival sendiri merupakan acara yang diprakarsai oleh Kantor Pertukaran Budaya Internasional Korea dan Kementrian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan

Awal Oktober ini, K-Culture Festival 2022 mengakhiri rangkaian sembilan harinya dengan 'The-K Concert' di Seoul Olympic Stadium, dan menampilkan NCT DREAM, WINNER, MONSTA X, IVE, Block B's Zico, STAYC, WJSN, MAX, CRAVITY, MCND, dan BLANK2Y.

The-K Billboard Awards 2022 akan disiarkan langsung melalui saluran YouTube resmi K-Culture Festival. Bekerja sama dengan Billboard Amerika, festival tersebut akan merayakan pencapaian artis K-pop yang telah mencatatkan namanya di Billboard. Para pemenang kemudian akan diumumkan dalam rangkaian acara selama periode festival. 

Bukannya mendapatkan tanggapan yang baik, hadirnya ‘The-K Billboard Awards 2022’ mendapat tanggapan yang negatif dari fandom salah satu boy group dunia BTS. Hal tersebut karena Bik Hwang, direktur eksekutif festival menyebut bahwa The-K Billboard Awards 2022 adalah festival demi mencari BTS berikutnya. 

"Ini adalah bagian dari misi kami untuk menemukan ‘the next BTS’. Kami tidak akan membatasi nominasi hanya untuk peserta festival. Sebaliknya, kami akan secara ketat mematuhi sistem poin Billboard dan menghormati pemenang dengan mengunjungi studio mereka jika perlu," kata Hwang kepada media Korea. 

Hal tersebut sontak menjadi pro-kontra bagi para penggemar BTS, ARMY. 

Sebab, bagi ARMY, hal tersebut menyinggung dan antar-boyband memiliki keunikannya masing-masing. 

BTS adalah grup K-pop yang telah mencapai banyak penghargaan dan prestasi yang sebelumnya tidak pernah dimiliki oleh boyband manapun selain BTS.

BTS juga sering disebut-sebut sebagai salah satu pembuka jalan bagi sepak terjang industri Korea di Global. 

Bangtan Sonyeondan adalah grup yang sukses merevolusi industri dan memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia yang selalu mendukung apapun yang mereka lakukan.

Mereka juga membuat negara asal mereka mendulang berbagai sukses dan menjadi spotlight dunia.

Selain itu, BTS dan ARMY juga sama-sama membawa banyak perubahan dengan berbagai kampanye dan program yang mereka lakukan untuk dunia. 

Akankah benar-benar ada ‘the next BTS?’

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BTS Kedua?

Fenomena Bangtan Boys sangat luar biasa di dunia dan hingga hari ini. Belum ada satupun yang setidaknya dapat menyamai kedudukan mereka di industri musik dunia. 

BTS sendiri juga menyatakan dalam wawancaranya beberapa tahun lalu bahwa tidak ada 'The Next BTS'.

"Saat kami memulai, kami memiliki impian untuk menjadi ‘the next someone’ juga. Akan tetapi kami tidak menjadi ‘the next someone’. Kami menjadi BTS. saya tidak percaya siapapun akan menjadi ‘BTS berikutnya’. Saya percaya bahwa akan ada lebih banyak bintang K-pop yang luar biasa di masa depan," kata Suga BTS dalam salah satu wawancara. 

Selain Suga, leader BTS juga mengatakan yang demikian dalam salah satu acaranya. 

“BTS comes once in a lifetime. Only once!”, kata RM. 

Grup yang beranggotakan tujuh orang itu mendulang banyak sukses dengan menjadi diri mereka sendiri. 

Salah satu hal yang membedakan mereka dengan grup-grup lain adalah pada setiap pembuatan lagu dan album, mereka selalu turut memberikan ide dan berkontribusi di dalamnya.

Maka dari itu, banyak sekali orang yang mendapatkan apa yang mereka sampaikan. 

Anggota BTS, terutama RM, Suga, dan JHope di album-album mereka sejak awal selalu tertulis sebagai penulis untuk hampir semua lagu yang mereka keluarkan.

Walaupun jumlah kontribusi untuk lagu itu relatif, BTS tetap berkontribusi di dalamnya. 

ARMY juga kerap membuat playlist lagu-lagu BTS yang berdampak besar seperti lagu dengan unsur ‘self love’, lagu ‘Socio-Political Commentary’, lagu tentang cinta, hingga lagu yang mereka buat khusus untuk ARMY. 

3 dari 4 halaman

BTS Impact

Boyband dengan segudang prestasi ini memberikan dampak yang cukup besar untuk Korea Selatan khususnya di bidang pariwisata, budaya, dan ekonomi. 

Tak perlu jauh-jauh, konser gratis Yet To Come In Busan kemarin saja membuat warga busan bahkan kewalahan karena banyaknya pelancong yang datang khusus untuk menemui BTS.

Busan disulap menjadi kota bertemakan BTS, tiket pesawat ke busan terjual habis, hingga para driver yang sepi penumpang kembali memiliki penumpang. 

BTS juga menjadi salah satu ambassador bagi Korea Selatan untuk mendapatkan jatah menggelar World Expo 2030 di Busan. 

Mantan Presiden Moon Jae-in bahkan menunjuk mereka sebagai utusan khusus presiden untuk generasi dan budaya masa depan. Moon bahkan membawa BTS bersamanya ke Majelis Umum PBB di New York. 

Berdasarkan angka, Hyundai Research Institute pada 2018 melaporkan bahwa BTS berkontribusi lebih dari 3,6 miliar dollar (Rp56 triliun) untuk ekonomi Korea Selatan setiap tahunnya. Hal tersebut ditaksir setara dengan kontribusi 26 perusahaan menengah Korea. 

Para peneliti Hyundai juga mengatakan boyband ini mendatangkan satu dari setiap 13 wisatawan yang mengunjungi Korea Selatan pada 2017.

BTS juga dilaporkan menghasilkan sekitar 1,1 miliar dollar dari ekspor barang dagangan dan kosmetik dalam satu tahun.

Sejak 2014 dan 2023, para analis memproyeksikan, BTS dapat menyumbang 29,1 triliun dollar untuk ekonomi Korea Selatan. 

Jika memang ada 'the next BTS', mungkin mereka harus menyamai prestasi dan dampak BTS terhadap negaranya.

 

4 dari 4 halaman

BTS ARMY

BTS memiliki banyak penggemar jauh sebelum menjadi band Korea Selatan pertama yang memuncaki Billboard Hot 100 dengan "Dynamite," atau mencetak rekor dunia untuk menarik penonton terbanyak untuk siaran langsung konser selama pandemi. 

Tonggak pencapaian BTS yang naik dari tahun ke tahun tidak lepas dari pengaruh ARMY, penggemar mereka. Dampak ARMY bahkan sangat besar bagi industri musik. Bahkan, leader BTS mengatakan bahwa kesuksesan BTS, setengahnya berasal dari keberadaan ARMY yang selalu mendukung seluruh karya BTS.

Fandom ini menarik perhatian media internasional khususnya saat BTS memenangkan Top Social Artist pilihan penggemar di Billboard Music Awards 2017 dengan suara lebih dari 300 juta. BTS juga berhasil mengalahkan Ariana Grande, Shawn Mendes, dan Selena Gomez untuk itu. 

Hal tersebut menunjukkan seberapa kuat ARMY BTS dan seberapa berpengaruh mereka bagi BTS. 

“Karena ARMY, maka kami ada,” kata Jin BTS. 

Tonggak pencapaian BTS yang naik dari tahun ke tahun tidak lepas dari pengaruh ARMY, penggemar mereka. Dampak ARMY bahkan sangat besar bagi industri musik. Bahkan, leader BTS mengatakan bahwa kesuksesan BTS, setengahnya berasal dari keberadaan ARMY yang selalu mendukung seluruh karya BTS. 

ARMY pun begitu. Kehadiran BTS bagi ARMY merupakan hadiah. Banyak ARMY yang menjadikan BTS sebagai ‘rumah’ dan ‘tempat pulang’. 

Ikatan keduanya sangat erat. Bahkan, BTS selalu menghargai keberadaan ARMY dalam berbagai keputusan mereka yang akan datang. 

Jika Billboard mencari ‘the next BTS’, bisakah mereka menemukan ARMY dan ketujuh anggota BTS lainnya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.