Sukses

Waspadai, 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Cepat Tua

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang membuat kita merasa terlihat jauh lebih tua dari usia kita sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang membuat kita merasa terlihat jauh lebih tua dari usia kita sebenarnya, seperti hal yang menyebabkan lebih banyak kerutan, lingkar pinggang yang lebih besar, dan memperburuk kemampuan mental.

Misalnya, tahukah Anda bahwa makanan seperti bagel, pretzel, dan sereal dapat mempercepat penuaan kulit Anda dan menyebabkan jerawat yang menakutkan?  

Meskipun tidak ada air ajaib dari ramuan awet muda yang dapat membalikkan waktu dan tubuh Anda agar lebih muda, Anda dapat membuat beberapa penyesuaian penting pada rutinitas harian Anda yang akan mengembalikan Anda ke jalur yang benar.

Jika Anda tidak ingin orang berpikir bahwa Anda 10 tahun lebih tua dari usia sebenarnya, maka bersiaplah untuk menukar kebiasaan buruk dengan makan sehat, hidrasi, dan olahraga.

Berikut enam kebiasaan sehari-hari yang bikin Anda cepat menua, seperti melansir dari Eat This Not That, Selasa (25/10/2022).

1. Makan terlalu banyak junk food

Makanan yang diproses dan dikemas dengan minyak dan bahan buatan menyebabkan banyak masalah dalam tubuh Anda. Jenis makanan ini dapat mempercepat penuaan sel karena peradangan yang lebih tinggi dan meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan.

Burger keju dan kentang goreng berminyak itu mungkin membuat Anda tergoda. Namun sayangnya, jenis makanan ini dapat membebani sistem pencernaan Anda, mengacaukan bakteri usus Anda, dan meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

Tentu, Anda bisa memanjakan diri sesekali, tetapi nikmati makanan junk food ini secukupnya. Untuk sebagian besar makanan Anda, makanlah makanan sehat, yang akan memberi Anda nutrisi untuk menjaga tubuh Anda tetap muda dan bersemangat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Memakai Pelindung Matahari yang Tepat

Memakai tabir surya adalah salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk tetap terlihat muda dan sehat. Mengapa? Karena menurut laporan dari klinik Cleveland, sinar matahari yang berlebihan menciptakan tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit Anda dan dapat merusak sel-sel kulit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memaparkan diri Anda terlalu banyak mendapatkan sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit.

Jika Anda akan berada di luar ruangan untuk jangka waktu yang panjang, apa pun musimnya, maka gunakanlah tabir surya untuk melembabkan kulit dan melindungi diri Anda dari sinar yang keras.

CDC merekomendasikan untuk mengenakan celana panjang dan kemeja lengan panjang saat menuju ke luar ruangan bila memungkinkan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan payung, mengenakan topi, dan mengenakan kacamata hitam.

3 dari 4 halaman

3. Tidak Minum Cukup Air

Selanjutnya dalam daftar hal-hal yang membuat Anda lebih cepat menua adalah tidak minum cukup air. Melansir dari The National Library of Medicine, meskipun tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air, Anda sebenarnya kehilangan komposisi air seiring bertambahnya usia.

Dehidrasi kronis bahkan walau hanya sedikit dapat membuat Anda merasa kaku, lemah, lesu, dan seolah-olah Anda 10 tahun lebih tua.

Mulailah setiap hari dengan segelas besar air, dan pastikan untuk minum banyak cairan sepanjang hari terutama jika Anda berolahraga, berada di ketinggian, atau di iklim yang lebih panas.

4. Memiliki terlalu banyak tekanan mental

Kita semua mengalami stres sesekali dalam hidup. Namun, melansir Biomedicines, berurusan dengan stres kronis dapat menyebabkan gangguan mental dan penuaan yang dipercepat.

Jika Anda ingin merasakan yang terbaik seiring bertambahnya usia, berusahalah untuk mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan berolahraga, menulis jurnal, meditasi, dan hal lainnya.

Berusahalah untuk menghadapi masalah Anda dan mengadopsi pola pikir positif untuk mengatasi tantangan dalam hidup Anda.

4 dari 4 halaman

5. Kurang Tidur

Faktanya, menurut sebuah penelitian di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Morbidity and Mortality Weekly Report, satu dari tiga orang dewasa tidak mendapatkan cukup tidur nyenyak yang teratur.

Penelitian menunjukkan kurang tidur dikaitkan dengan lebih banyak peradangan, risiko penyakit yang lebih tinggi, dan penuaan biologis yang lebih cepat.

Maka bangunkah kebiasaan tidur yang baik. Menurut American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society, orang dewasa yang berusia 18 hingga 60 tahun harus tidur minimal tujuh jam setiap malam agar tetap sehat.

Tidurlah di ruangan yang gelap, tenang, dan sejuk, dan hindari barang elektronik, kafein, atau alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur. Cobalah rutinitas sebelum tidur yang menenangkan agar tubuh dan pikiran Anda siap untuk beristirahat.

6. Melakukan Terlalu banyak olahraga intens

Olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik, namun mendorongnya secara ekstrim memiliki kelemahan serius. Hindari jenis olahraga hardcore.

Olahraga adalah gaya hidup, bukan medan perang, Anda tidak akan mendapatkan poin bonus untuk menghancurkan tubuh Anda demi mengejar kebugaran.

Alih-alih, seiring bertambahnya usia, beralihlah ke olahraga berdampak rendah seperti berenang, bersepeda, mendayung, yoga, dan lainnya untuk mendapatkan olahraga yang naik tanpa beban pada tubuh Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.