Sukses

Hindari Gunakan Produk Kosmetik Berbahaya, Berikut Cara Mengeceknya!

waspada, saat ini ramai beredar kosmetik ilegal dan palsu yang membahayakan kulit kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia kecantikan saat ini semakin dipengaruhi para beauty vlogger dan influencer di media sosial.

Memilih produk kosmetik yang aman untuk tipe kulitmu memang susah-susah gampang. Pasalnya, saat ini ramai beredar kosmetik ilegal dan palsu yang justru membahayakan kulit kamu.

Banyaknya tutorial menggunakan make up mendorong para wanita ikut mencoba tanpa memilih produk dengan selektif.

Meski begitu, banyaknya produk skin care atau perawatan kulit, belum tentu menjamin keamanannya dari sisi kesehatan ataupun kehalalannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi akurat tentang kosmetik yang akan dibeli. Produk kosmetik apa yang akan kamu beli dan di mana bisa mendapatkannya?

Berbagai informasi ini bisa kamu kumpulkan dari berbagai sumber secara online, sehingga kamu benar-benar memahami secara detail tentang produk kosmetik yang akan dibeli nanti.

Informasi awal seperti ini akan memudahkanmu mencari sekaligus mendapatkan produk kosmetik yang asli di pasaran.

Dilansir Fimela.com berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sebelum membeli produk:

 

1. Cek KLIK

Cara pertama memilih kosmetik yang aman adalah dengan cek KLIK, yaitu Kemasan, Label, Izin edar, dan tanggal Kedaluwarsa.

Pertama-tama, cek kemasan dan label produk kosmetik yang Anda beli. Periksa setiap sisinya apakah terdapat kecacatan pada kemasan. Selanjutnya, temukan Nomor Izin Edar (NIE) pada kemasan produk.

Selain itu, pastikan bahwa nomor izin edar tersebut benar-benar terdaftar pada web resmi BPOM. Artinya, bahan-bahan yang terkandung pun dijamin aman karena sudah diuji terlebih dahulu oleh BPOM.

Jika produk kosmetik yang Anda beli tidak terdaftar, kosmetik tersebut sudah pasti ilegal dan bahan yang digunakan tidak terjamin aman.

Jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsa pada label produk. Kosmetik yang kedaluwarsa dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memeriksa Tanggal Kadaluarsa dan Mengecek Harga

2. Memeriksa Tanggal Kadaluwarsa Produk Kosmetik

Jangan lupakan tanggal kedaluwarsa, karena sangat berbahaya menggunakan produk kosmetik yang sudah kelewat masa aman digunakan. Selalu cek tanggal kedaluwarsa produk yang akan dibeli dan pastikan masih bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Hal ini penting, sebab kosmetik bisa saja habis selama berbulan-bulan atau bahkan satu hingga dua tahun ke depan. Kamu bisa melihat tanggal kedaluwarsa ini pada kemasan produk kosmetik yang akan dibeli.

 

3. Kualitas Lebih Penting daripada Harga

Harga kosmetik sangat beragam, mulai dari yang paling murah hingga yang membuat kantong jebol. Tidak heran terkadang orang melirik produk kosmetik yang sama, tetapi dijual dengan harga yang lebih murah, bahkan terkadang cenderung tidak masuk akal.

Harga kosmetik yang murah memang aman di kantong, tapi belum tentu aman untuk kesehatan. Pasalnya, sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa beberapa produk kosmetik dengan harga murah ternyata palsu dan ilegal. Kalau sudah begitu, tentu kandungannya tidak dapat dipastikan apakah aman atau tidak.

Maka itu, jangan mudah tertipu dengan harga murah dan periksa lagi keaslian produk.

3 dari 4 halaman

Pilih Toko Terpercaya dan Mencoba Tester

4. Memilih Toko yang Tepat dan Terpercaya

Selanjutnya adalah,  pastikan kamu memilih toko yang tepat saat membeli produk kosmetik. Tidak semua toko kosmetik menjual produk asli, bahkan yang berukuran besar sekalipun.

Akan sangat baik jika kamu selalu membeli produk kosmetik langsung di gerai resminya. Namun jika tidak bisa, maka pastikan kamu selalu memilih toko kosmetik yang punya reputasi baik dan sudah bisa dipercaya, di mana mereka hanya menjual produk kosmetik yang asli saja.

 

5. Perhatikan Reaksi Setelah Memakai Kosmetik

Bagi kamu yang sering membeli kosmetik tertentu, tentu sudah andal dalam mencoba tester kosmetik. Caranya, dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna, apakah cocok dengan yang kamu cari atau tidak.

Hal ini bukan sekadar mencocokan produk kosmetik dengan keinginan kamu, melainkan juga memanfaatkannya sebagai salah satu cara memilih produk kosmetik yang aman.

Kosmetik palsu biasanya dapat menimbulkan gejala berupa ruam merah, kulit gatal dan bengkak, hingga sakit kepala, mirip dengan gejala alergi kosmetik. Dampak ini biasanya akan terlihat setelah beberapa kali pemakaian.

4 dari 4 halaman

Cara Membedakan Produk

Berikut ini melansir Antara, cara membedakan produk kosmetik yang asli atau palsu:

1. Segel Hologram

Cara paling mudah mengenalinya adalah dengan segel hologram. Pastikan untuk mengecek adanya segel yang tertempel. Selain untuk memastikan identitas keaslian produk, segel ini juga dapat mengecek bahwa produk tersebut masih baru, belum terbuka.

2. Label dan Barcode BPOM

Selanjutnya kamu dapat melakukan pengeckan pada bagian label informasi manufaktur dan barcode BPOM yang dapat kamu pindai menggunakan ponsel.

3. Kualitas Cetakan Kemasan

Secara tampilan fisik, kualitas cetakan tulisan produk asli biasanya akan lebih tajam. Sedangkan, tulisan pada produk palsu cenderung tidak tajam dan nampak buram. Warna box produk yang asli juga akan berwarna lebih cerah dibandingkan dengan yang palsu.

4. Aroma Produk

Dari segi aroma produk cukup sulit untuk dibedakan. Agar tidak salah, alangkah baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu di internet atau kepada orang yang sudah pernah membeli produk yang kamu ingin beli.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.