Sukses

Roti hingga Telur Mentah, Deretan Makanan Ini Berbahaya untuk Kucing

Yuk ketahui deretan makanan yang tidak boleh dikonsumsi kucing berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali kucing mengeong meminta camilan atau makanan yang sedang kita santap. Kucing sering dianggap sebagai anggota keluarga dan karena itu tak sedikit orang yang berbagi segala sesuatu dengan mereka termasuk makanan.

Hal tersebut memang merupakan salah satu cara agar si kucing kesayangan kita semakin dekat. Namun, jangan asal memberi makan pasalnya ada beberapa makanan yang enak dan sehat bagi manusia, tapi tak sehat bagi kucing bahkan dianggap beracun.

Seperti dikutip Daily Paws, Senin (24/10/2022), "Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi oleh makanan yang secara khusus memang diformulasikan untuk mereka," tulis Layanan Nutrisi Klinis Hewan di Universitas Missouri.

Mereka juga memperingatkan bahwa kucing harus dipertimbangkan kebutuhannya secara individual, karena beberapa kucing mungkin mengonsumsi makanan tertentu tanpa masalah, sementara kucing lain mungkin mengonsumsi makanan yang sama dan mengalami muntah, diare, atau tanda-tanda buruk lainnya. Oleh karena itu penting bagi kalian untuk mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari kucing, berikut ulasannya:

1. Adonan Roti yang Mengandung Ragi

Pekerja membuat adonan somun di sebuah toko roti di kota tua Sarajevo, Bosnia and Herzegovina, Kamis (30/4/2020). Roti somun terbuat dari tepung, air hangat, dan garam sebagai penyedap. (ELVIS BARUKCIC/AFP)

Adonan ragi dapat mengembang dan menyebabkan gas menumpuk dalam sistem pencernaan kucing. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan bahkan melilit yang merupakan kondisi yang berpotensi fatal.

Selain itu, ragi menghasilkan alkohol sebagai produk sampingan yang memiliki masalah tersendiri termasuk muntah, diare, kesulitan bernapas, koma, dan kematian. Namun, roti panggang dianggap aman untuk kucing yang sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Cokelat

Cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines (khususnya, theobromine dan kafein) yang beracun bagi hewan peliharaan dan dapat menyebabkan muntah, diare, tremor, kejang, dan kematian.

Kandungan methylxanthines bervariasi di antara berbagai jenis cokelat. Bubuk kakao adalah yang paling berbahaya, sedangkan cokelat putih adalah yang paling sedikit.

3. Kopi

 

Sama seperti cokelat, kopi mengandung kafein methylxanthine dan dengan demikian dapat memiliki efek yang sama seperti cokelat.

3 dari 5 halaman

4. Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali mengandung asam sitrat dan minyak esensial yang dapat menyebabkan masalah pada kucing. Batang, daun, kulit, buah, dan bijinya harus dihindari. Meskipun dalam jumlah kecil kemungkinan hanya akan menyebabkan sakit perut, namun dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare, muntah, dan depresi pada sistem saraf pusat.

5. Air dan Daging Kelapa

<p>Ilustrasi air kelapa. (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)</p>

Santan dan daging kelapa segar dapat menyebabkan masalah pencernaan pada hewan peliharaan, meskipun dalam jumlah kecil tidak akan menyebabkan kerusakan serius. Air kelapa terlalu tinggi kalium sehingga aman untuk hewan peliharaan, meskipun minyak kelapa mungkin bermanfaat untuk beberapa masalah kulit kucing. Namun, hal tersebut perlu dibicarakan dengan dokter hewan Anda sebelum menggunakannya atau memasukkannya ke campuran makanan kucing.

 

4 dari 5 halaman

6. Produk Susu

Memberi makan kucing dengan produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan, karena banyak kucing yang tidak toleran terhadap laktosa dan tidak dapat memproses produk susu (susu, keju, yoghurt) dengan tepat.

Pendekatan yang paling aman adalah dengan menghindarinya, tetapi Anda dapat bertanya kepada dokter hewan apakah ada alternatif bebas laktosa yang dapat diterima kucing.

7. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang dan biji berserat tinggi. (Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash)

Jenis kacang-kacangan termasuk almond dan walnut kaya akan minyak dan lemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan bahkan berpotensi menyebabkan pankreatitis pada kucing.

8. Telur Mentah

<p>Ilustrasi Putih Telur Credit: Liputan6.com</p>

Telur mentah mungkin terkontaminasi bakteri Salmonella. Tanda-tanda infeksi termasuk muntah, diare, dan demam. Telur mentah juga mengandung avidin, enzim yang menghalangi kucing menyerap biotin, vitamin yang penting untuk kesehatan kulit dan bulu.

5 dari 5 halaman

9. Daging Mentah atau Setengah Matang

Mirip dengan telur mentah, daging mentah atau setengah matang dapat terkontaminasi bakteri Salmonella dan E. coli. Layanan Nutrisi Klinis Hewan mengatakan bahwa, mereka sering melihat tanda-tanda gastrointestinal (biasanya diare) pada hewan peliharaan yang mengonsumsi makanan berbahan dasar daging mentah.

10. Garam

Sumber: Freepik

Dalam jumlah besar, garam dan makanan asin dapat menyebabkan muntah, diare, tremor, kejang, dan kematian pada hewan peliharaan.

11. Bawang

<p>Perhatikan, jenis makanan berikut ini bisa memicu bau badan kamu (Credit: Freepik/8photo)</p>

Meskipun kucing dapat memakan beberapa sayuran, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, daun bawang, daun bawang, bawang merah, dan daun bawang sangat berbahaya bagi kucing, menyebabkan masalah pencernaan dan bahkan kerusakan sel darah merah. Makanan yang mengandung sayuran dan rempah-rempah ini, seperti garlic bread, juga harus dihindari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.